DBL 2010 Bersiap Kirim Tim All-Star ke Amerika

Liga basket pelajar terbesar di Indonesia , Development Basketball League (DBL), berencana mengirimkan tim All-Star-nya untuk belajar dan bertanding di Amerika Serikat, di penghujung 2010 nanti. Rencana itu disampaikan saat pembukaan Honda DBL 2010 seri Sumatera Utara, di GOR Angsapura Medan, Kamis hari ini (14/1).

Sejak 2008, DBL telah memilih pemain dan pelatih SMA terbaik –putra maupun putri untuk bergabung dalam tim DBL Indonesia All-Star. Pada 2008 dan 2009, tim tersebut belajar dan bertanding di Perth, Australia Barat. Sebagai kelanjutan program internasional itu, pada 2010 tim pilihan itu disiapkan untuk menimba ilmu dan pengalaman di AS.

Para pemain dan pelatih tersebut akan dipilih dari seluruh rangkaian Honda DBL 2010, yang diselenggarakan di 21 kota, di 18 provinsi di Indonesia. Lebih dari 1.000 tim dan 25 ribu partisipan diperkirakan tampil di ajang tersebut tahun ini.

“Kami sedang berupaya keras bersama Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya dan Kementrian Luar Negeri Amerika Serikat. Kami berniat mengirim tim DBL All-Star ke AS untuk bertanding melawan tim muda di sana,” kata Azrul Ananda, commissioner DBL, liga basket yang berpusat di Surabaya.

Azrul menjelaskan, pihaknya juga sudah menjalin komunikasi intensif dengan sejumlah pihak di AS. “Ada sejumlah organisasi yang sudah menyatakan keinginan untuk bekerja sama dengan DBL di Indonesia,” lanjutnya.

Sama seperti program sebelumnya di Australia, Azrul tidak ingin para pemain dan pelatih DBL Indonesia All-Star ke AS hanya untuk jalan-jalan. “Program ini punya misi lebih besar. Ada unsur pertukaran pengalaman dan kebudayaannya. Kami ingin mereka benar-benar belajar dan bertanding melawan anak-anak muda di Amerika,” tandas Azrul, yang ketika SMA pada 1993-1994 pernah menjalani program pertukaran pelajar di negara bagian Kansas.

Pihak Konsulat Jenderal AS di Surabaya menyampaikan rasa bangga bisa bekerja bersama DBL. “Kami ingin mendukung upaya mereka untuk mengembangkan konsep student athlete. Para peserta DBL tidak hanya belajar tentang disiplin dan kerja sama tim, karena di dalamnya terdapat pula unsur pendidikan, yang merupakan prioritas utama dari Kedutaan Besar AS di Indonesia,” papar Andrea DeArment, Public Affairs Officer Konsulat Jenderal AS di Surabaya .

DeArment menambahkan, olahraga dapat mempersatukan banyak orang dan “pertandingan” menjadi unsur perekat. “Dan ide untuk membawa tim tersebut ke Amerika akan menjadi kesempatan yang baik untuk pertukaran ide dan kebudayaan antara Amerika dan Indonesia ,” ujarnya.

Saat ini, susunan program dan jadwal sedang disiapkan oleh berbagai pihak yang terkait. “Kami akan mengumumkan detailnya dalam waktu dekat ini,” kata Azrul Ananda. (*)

2 pemikiran pada “DBL 2010 Bersiap Kirim Tim All-Star ke Amerika

  1. kapan nich DBL datang k kerinci jambi,,,,,,
    gw udh lama nunggu nich,,,,,,
    walaupun tinggi gw cuma 160cm tpi gw udh msuk tim inti di SMAN 1 SUNGAI PENUH sejak kelas 1 SMA loch,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s