Video Ini Seharga 100 Camp Basket (Kobe Signature Moves)!

Tonton dengan seksama, lalu praktekan!

3 pemikiran pada “Video Ini Seharga 100 Camp Basket (Kobe Signature Moves)!

  1. Sedikit menanggapi video diatas…
    Kobe memang superstar dan jaminan mutu, namun teknik bermain basketnya (yang dia peragakan dalam video tersebut) sangat tidak cocok untuk diterapkan kepada anak didik dalam latihan basket sehari2.

    Saya jadi teringat kata-kata mantan pelatih nasional yang sekarang megang salah satu tim NBL kita saat menatar pelatih2 daerah di Bandung, dia bilang “coach, hati2 loh, jangan racuni anak didik kita dengan gaya bermain pemain2 NBA, jadikan para pemain NBA tersebut sebagai motifator saja”, saya pun teringat dengan tulisan mainbasket ketika berbicara dengan salah seorang filipino saat ramai-ramainya tulisan tentang pembantaian timnas kita oleh Smart Gilas beberapa saat yang lalu, kalo gak salah dia bilang “coba cari pelatih nasional dari eropa jgn dari Amrik, mengingat style bermain amrik sangat berbeda dengan basket umumnya (FIBA)”

    Kembali ke Video diatas, coba rekan-rekan lihat cara kobe melakukan Triple Threat Position, apakah menurut rekan-rekan gerakan Triple Threat kobe benar2 mengancam defender?

    Untuk para coach, video diatas menarik untuk kita bahas sebagai bahan pengajaran untuk anak didik kita. Semoga bermanfaat.

    Thanks Kang Idan buat videonya.

    1. Komentar pertama dan langsung bermutu. Senang :D Sebenarnya malu juga ingin ikut mengomentari teknik bermain basket yang benar karena gw bukan pemain bukan pula lagi pelatih basket :P

      Selain video Kobe ini, gw juga nonton yang edisi Signature Moves-nya LeBron James. Di sana LeBron memberi pembuka dengan kurang lebih mengatakan “saya menyaksikan banyak sekali gerakan-gerakan pemain handal, saya tiru, lalu menerapkan yang terbaik untuk saya.”

      Mengenai posisi triple threat Kobe di atas, memang tidak ideal. Karena seharusnya bola berada di muka bukan di belakang (gw belajar ini dari beberapa kali ikut basketball camp..hehee). Tetapi juga, Kobe melakukan itu karena dua alasan menurut gw. Pertama, karena ada pemain yang menjaganya, sehingga ia harus menjauhkan bola dari jangkauan penjaga. Karena jika ia melakukan posisi triple threat yang biasa/normal, bola akan mudah sekali dicuri. Kedua, yang melakukan ini adalah Kobe, yang gerakannya sangat cepat! Kobe sendiri yang bilang di video ini, “I see what’s going on behind him. Most of the time, I don’t concern of myself about this guy, because I know I can beat this guy,” Kobe sudah memikirkan langkah selanjutnya. Pertimbangan gerakan Kobe selanjutnya lebih kepada apa yang terjadi di belakang pemain yang menjaganya; apakah akan kosong, help defense, atau penuh.

      Video ini menurut gw adalah gerakan/jurus fundamental lanjutan yang bagus. Namun untuk menguasainya dibutuhkan latihan berulang-ulang dan intensif. Mulai dari latihan sendiri tanpa lawan, lalu menggunakan lawan dengan bermain santai, lalu latihan dengan lawan tetapi dengan kecepatan layaknya sebuah pertandingan, serta menggunakan jurus tersebut pada laga yang benar dengan intensitas ketegangan yang tinggi.

      Bagi gw, gaya permainan NBA dan Eropa dan lain-lain punya keunggulan sendiri-sendiri. Pelajari semuanya lebih baik. Pelajari NBA juga okey. Bukankah mereka juara dunia dan olimpiade? :D

  2. Video yang bagus. Memang kalo dilihat kalo bukan Kobe yang meragakan rasanya sulit buat dicontoh. Saya sudah pernah lihat beberapa video signature moves. Yang paling aku suka ada siganture move dari deron williams ato euro stepnya manu ginobili. Mungkin Mas Idan boleh coba lihat vidoe itu dan aku rasa video deron williams dan manu ginobili lebih bisa dipraktekkan

    itu pendapatku sih he he he.

Tinggalkan Balasan

