C-Tra Arena Basketball School (CABS) Bandung

Mari berkenalan dengan C-Tra Arena Basketball School (CABS). CABS adalah salah satu sekolah basket yang sedang tumbuh di Bandung. Pertumbuhannya cukup pesat. Selain menjadi tempat berlatih teknik basket mendasar yang sangat penting, CABS juga mengajarkan banyak hal yang barangkali belum dilakukan oleh sekolah-sekolah atau kelompok pembinaan basket lainnya. Beberapa siswa CABS bahkan telah mulai dilirik oleh tim-tim profesional IBL.

Berikut wawancara gw dengan Dicky Arianto, administrator CABS:

Kapan CABS lahir?

1 Maret 2009

Apa sih visi dari CABS?

Didorong oleh rasa tanggung jawab dan juga keprihatinan terhadap kondisi pembinaan bola basket saat ini, di mana pemain bola basket tingkat daerah maupun nasional jarang memiliki sistem pengkaderan yang baik. Kita lihat saja di kompetisi IBL sebagian besar pemain-pemainnya lama, persediaan pemain hanya itu-itu saja, dan hanya sekadar berpindah-pindah klub, itu salah satu yang membuat minat penggemar bola basket mulai menurun. Kegiatan pengkaderan di olahraga bola basket gak mungkin mencapai hasil dalam waktu singkat, oleh karena itu CABS mempunyai tujuan jangka panjang, minimal sepuluh tahun ke depan akan dapat terbentuk atlet-atlet yang handal baik dari segi mental, moral maupun keterampilan menguasai teknik-teknik bola basket serta mampu bekerjasama dalam bermain di lapangan.

Siapa saja yang boleh ikut CABS?

Siapa saja boleh, dari usia mulai 7 tahun. Justru dari umur yang muda akan lebih mudah membentuk pemain basket yang handal.

Kenapa namanya “school” bukan “team” atau “kursus” atau “pelatihan”?

Di kasih nama scholl karena di sini kita memang berbeda dengan tim-tim atau klub-klub yang ada. Di sini siswa tidak hanya dituntut hanya bisa main basket tapi juga harus mengerti apa itu main basket. Ada kurikulumnya yang harus ditempuh, dan kita juga punya ruang kelas untuk teori.

Siapa saja pelatih atau guru-guru di CABS?

Pelatih-pelatih dikoordinasi oleh Pak Srigijanto, biasa dipanggil Pak Sri. Beliau pernah membawa tim putra bola basket Jawa Barat meraih mendali emas pada PON tahun 1996. Dan ini adalah yang pertama dalam sejarah bola basket Jawa Barat. Beliau koordinator para pelatih muda yang kesemuanya adalah sarjana pendidikan olahraga UPI:
Yusuf S.pd, Dedi S.pd, Arie S.pd, Imam S.pd (pelatih fisik), dan juga oleh pak Anhar Iskandar (beliau salah satu sesepuh bola basket Jawa Barat).

*Pak Sri dan Pak Anhar pada akhir tahun 90-an adalah pelatih kepala tim Siliwangi di ajang Kobatama (sebelum menjadi IBL)

Sejauh ini, adakah siswa CABS yang mulai dilirik tim-tim profesional (IBL)?

Ada beberapa senior CABS yang mulai dilirk oleh beberapa tim IBL. Mudah-mudahan pada kompetisi tahun ini sudah mulai bisa berkiprah.

Ada kelas putri?

Meskipun peminat basket putri tidak sebanyak putra, tetapi di CABS, siswa putri lumayan banyak.

Sejauh ini jumlah siswa CABS berapa banyak?

Jumlah siswa sekitar 80-an. Terbagi menjadi tiga kelas. Ada elementary (pemula), intermediate (menengah), dan advance (lanjutan). Dari tiap kelas terbagi lagi sesuai tingkat kemampuan siswa.

Latihannya setiap hari apa?

Latihan setiap hari minggu (jam 8-10 pagi), selasa dan kamis (jam 4-6 sore).

Apa saja program-program atau kurikulum yang paling ditekankan di CABS?

Materi permainan bola basket secara teori dan praktek, materi peraturan permainan bola basket, materi pendukung disiplin ilmu lainnya seperti fisiologi, anatomi, biomekanika, ilmu gizi, psikologi, pedagogi, dan metodologi kepelatihan. CABS juga sudah menerbitkan buku tentang teknik-teknik dasar bermain bola basket. Buku ini bukan hanya diperuntukkan bagi siswa CABS tapi juga untuk umum.

Informasi dan pendaftaran CABS ada di sini (fanpage/facebook CABS).

34 pemikiran pada “C-Tra Arena Basketball School (CABS) Bandung

  1. wah… gak nyangka yah.. di bandung ada sekolah basket keren (liat dari foto2nya :).. )benar2 pengkaderan neh.. mudah2an bola basket semakin maju ke depannya, dan semakin banyak orang yg peduli akan pembinaan pemain sejak usia dini.

  2. dah banyak kok sekolah-sekolah basket,saya sendiri melatih anak-anak usia 7-12 tahun di TBBP (Tunas Basket Ball Program) tempat di GOR TUNAS jln Nyi Empok Cibadak Bandung jadwal kita hari Sabtu mulai jam 12-18 sore n Minggu jam 14,hehehe sekalian promosi kegiatan positif untuk anak-anak daripada nonton sinetron ga mutu di rumah

  3. buat yg mau tau lebih banyak tentang CABS serta informasi pendaftaran bisa datang langsung ke Gor C-tra Arena setiap hari atau telp ke 022-7206525.

  4. @johan, sekolah atlet Ragunan bukannya sekolah formal yaa? Ada kurikulum wajib sesuai Depdiknas dan masuk setiap hari kecuali libur dengan waktu yg sama seperti sekolah pada umumnya.

    CABS ini sekolah informal. Belajar hanya 2 jam sebanyak 3 kali seminggu.

  5. saya nak kelas 3 SMP dah lulus sey!
    bakat saya dah ada di basket sejak umur 10 tahun n saya dah jadi siswa yang berbakat d sekolah saya dan sya niat mw nerusin bakat saya di sini..
    biaya nya rapa y?

    1. CABS dperuntukkan utk usia 7 sd 19 tahun, bertempat di GOR C-tra Arena jalan Cikutra no 278 Bandung, untuk informasi pendaftaran bisa langsung datang ke sekretariat kami (alamat di atas). atau ke telp ke 022-7206525.

  6. Ikuti dan saksikan pertandingan basket 3on3 dan modern dance “SUMMER SLAM 2011″ di gor trinitas. tanggal 7-10 april..

    perfomance: DENNY SUMARGO, Peaz Makerz (free styler basketball), live music DJ, and many more..

    info, pendaftaran, dan pemesanan tiket dapat hubungi Agung: 085755519380
    terimakasiii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s