Slam Indonesia Februari 2009 is All About Garuda (Flexi) Bandung

slam-feb-09

Sampul depan boleh Allen Iverson, tapi isi di dalam adalah All about Garuda (Flexi) Bandung! Well, setidaknya ada sekitar 19 halaman yang memuat tulisan dan gambar tim maupun pemain Garuda (Flexi) Bandung. Tunggu, kenapa kata “Flexi” diberi tanda kurung sama gw? Karena di Slam edisi Februari ini masih tertulis Garuda Bandung, sedangkan kita tahu sendiri bahwa tim kesayangan warga Kota Kembang ini baru saja mendapat tambahan nama (menghela nafas..) “Flexi” beberapa hari lalu.

Yang paling menarik adalah tampilnya dua profil pemain Garuda Flexi Bandung yaitu Mario Wuysang dan Lolik. Sedangkan artikel selanjutnya berisi tentang keyakinan mengapa “Garuda Bakal Terbang Lebih Tinggi” di tahun 2009 ini! (Gw sih yakin banget..hahahaaa).

Dan jangan lupa, update seputar NBA ada semuanya.

Rp.30.000,- mahal? Ah relatif, pikir-pikir deh.. Rajin membaca pangkal jago main basket! (menurut gw doang)
—-

Ps: Pernah gw berpikir, kenapa gw harus membaca cerita dan berita seputar NBA di Amrik sana sedangkan gw hidup di Indonesia? “Karena yang lu ambil ilmunya buat lu pakai di Indonesia (dasar bego!).” Kata dalam kurung hanya perkiraan gw, karena dari tampang dan cara teman gw menjelaskan seolah dia berkata itu. :)

Main Basket Dalam Perangko Ada Main Basket

philippines_stamp_1934

Anak-anak sekarang masih ada yang tahu perangko nggak ya. Hahaa, ya pasti lah. Walaupun surat-menyurat menggunakan kertas atau kartu pos sudah mulai sekarat “dibunuh” bersama oleh e-mail, telepon, dan sms, namun harus diakui perangko masih hidup! (baca: sekarat).

Indonesia belum pernah mengeluarkan perangko bertema main basket. Sejarah mencatat bahwa perangko bertema main basket pertama kali dikeluarkan oleh Filipina yang saat itu masih dikuasai oleh Amerika Serikat. Perangko itu bertahun 1934.

latvia_stamp_93

Tahun 1993, Latvia mengeluarkan perangko edisi streetball. Wow! Di manakah Latvia? Selamat membuka atlas guys, jangan malas ya!

389 Tahun yang Lalu..

Ini adalah sebuah poster karya Jess Bachman. Ketika Obama terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke 44 pada tanggal 4 November 2008 lalu, ia terpikir untuk membuat sebuah “sejarah pencapaian” kulit hitam di Amerika dalam sebuah poster. Jadi jika kita sering (selalu) melihat pemain basket berkulit hitam di NBA, kita mengerti bahwa mereka (nenek moyang mereka) melewati perjuangan panjang untuk sampai di sini. Sebuah pelajaran!

389yearsbb

Mumpung IBL Lagi Rehat, Lihat Karya Pablo Picasso Yuk!

guernica

Karya di atas adalah lukisan karya seniman kubisme paling populer dalam sejarah seni rupa moderen, Pablo Picasso. Judul lukisan itu adalah “Guernica”. Perhatikan sejenak karya itu. Perhatikan dan nikmati saja,

… …

… …

Lukisan itu bercerita tentang pemboman kota Guernica di provinsi Biscay, Spanyol pada tahun 1937. Pemboman yang dilakukan oleh 28 orang-orang Jerman tersebut menewaskan 250 orang dan melukai sekitar 1.600 warga. Lukisan ini menggambarkan tragedi dan penderitaan yang diakibatkan oleh perang, terutama yang terjadi pada masyarakat sipil yang tidak mengerti apa-apa. Dalam perkembangannya, karya ini menjadi sebuah karya abadi yang memosisikan diri sebagai simbol anti perang dan kampanye dukungan atas perdamaian.

Silahkan lihat lagi. Lukisan yang sangat menggugah. Ok sekarang main basket lagi guys!

Ada Ide?

donda-sepi

Ok jangan lihat aksi Donda yang sedang lay-up. Coba perhatikan bangku-bangku penonton yang kosong. Kita harus bantu IBL terutama basket Indonesia agar jadi lebih ramai. Ada ide?

(photo’s taken from Ino Alfiar‘s)

Jadwal Pertandingan Indonesian Basketball (IBL) 2009 Putaran I Seri 2 Malang

6 – 10 Februari 2009, GOR Bima Sakti Malang

Jum’at, 6 Februari
17.00 Garuda Bandung vs Bima Sakti Malang
19.00 Stadium Bhinneka Solo vs Pelita Jaya Jakarta

Sabtu, 7 Februari
15.00 Bima Sakti Malang vs Nuvo CLS Knight Surabaya
17.00 Muba Hangtuah IM Sumsel vs SM Britama Jakarta
19.00 Pelita Jaya Jakarta vs Garuda Bandung

Minggu, 8 Februari
15.00 SM Britama Jakarta vs XL Aspac Jakarta
17.00 Nuvo CLS Knight Surabaya vs Stadium Bhinneka Solo

Senin, 9 Februari
17.00 Bima Sakti Malang vs Pelita Jaya Jakarta
19.00 XL Aspac Jakarta vs Muba Hangtuah IM Sumsel

Selasa, 10 Februari
17.00 Pelita Jaya Jakarta vs Nuvo CLS Knight Surabaya
19.00 Stadium Bhinneka Solo vs Bima Sakti Malang

Garuda Flexi Bandung Tutup Seri 1 Dengan Membekuk Angsapura Evalube Medan

n574388214_1284528_7434

Yak, selamat tinggal Putaran I Seri 1 Jakarta dan kita segera bergerak ke Seri 2 di Malang. Pada pertandingan terakhri di seri 1, Garuda Flexi Bandung menekuk Angsapura Evalube Medan dengan malas-malasan 62-41. Sementara itu XL Aspac Jakarta yang sempat terkejut dengan permainan anak-anak Malang mengalahkan Citra Satria Jakarta 74-45.

Putaran I Seri 2 akan diselenggarakan di Malang 6 – 10 Februari di GOR Bima Sakti Malang. Ayo Bima Sakti, tunjukkan lagi ke tim-tim lain bahwa kalian kuat!

(Photo by Ino Alfiar)

Kalian Bisa Jauuuhhhhh Lebih Berpikir Daripada Mereka

2701miras

Gw gak merasa pintar. Namun gw tak pernah menyangsikan bahwa untuk menjadi pintar dan berguna dalam kehidupan ini seseorang harus tetap belajar. Bahkan ketika cita-citanya dirasa sudah tercapai. Kebiasaan buruk orang kita yang harus mulai kalian hilangkan adalah punya cita-cita yang sangat pendek. “Cita-cita gw, ingin dapat kerja dan hidup enak.” “Cita-cita gw ingin jadi dokter.” “Gw ingin jadi artis.” “Gw ingin jadi polisi.” What the hell hack?! Buat gw, itu semua adalah cita-cita yang sangat pendek. Kenapa? Nanti (mungkin) kalian akan menemukan jawabannya sendiri.

Entah ada hubungannya dengan judul di atas atau tidak, gw selalu membenci berita-berita seputar pemusnahan minuman keras yang dilakukan kepolisian dengan tradisi seremonial berupa penghancuran botol-botol minuman keras menggunakan mobil pengaspal jalan. Sekadar tahu, gw tidak minum minuman yang mengandung alkohol. Setiap kali melihat polisi tengah bangga menghancurkan botol-botol minuman keras dengan stoom, muncul berbagai pertanyaan di benak gw;

“Tidak bisakah botol-botol itu diselamatkan dan dipakai untuk hal lain yang lebih berguna daripada dihancurkan?”
“Bukankah kegiatan ini hanya membuat tempat itu menjadi kotor? Limbah alkohol meracuni tanah? Beling-beling itu berbahaya melukai kaki?”
“Jika polisi niat memberantas minuman keras ilegal, tidakkah mereka tahu sumber besarnya? Pabriknya? Polisi punya intel kan?”
“Bukankah itu mobil pengaspal jalan? Atau mobil penghancur botol?”
“Apa sih sebenarnya yang diinginkan polisi dengan memanggil wartawan meliput kegiatan yang sepertinya menghabiskan uang juga ini? Agar kita tidak minum minuman beralkohol? Agar tidak jualan ilegal?”
“Pak polisi bangga melakukan itu?”

Peace ah pak polisi, main basket yuk!

(fotonya nyuri dari Pikiran Rakyat, ampuunnn pak Polisi!)

Kenalkan, Saya Nathaniel Cornelius Robinson, Tinggi Saya Sama Seperti Kamu

ept_sports_nba_experts-456256404-1233051652

“Saya terdaftar di NBA dengan tinggi 175 cm. Nggak beda jauh sama anak-anak SMA di Indonesia, bahkan kalian mungkin lebih tinggi. Oh, kalian barangkali belum begitu kenal akrab dengan saya. Saya lebih populer dengan nama Nate Robinson, bermain untuk New York Knicks dengan nomor punggung 4. Saya bisa nge-dunk dan bahkan pernah juara slam dunk contest,”

“Silahkan cek statistik saya di nba.com biar tahu betapa kalian juga bisa seperti saya..heheee.”

Nate Robinson in my imagination

nater

Ini Dia Si Kuda Hitam, Nuvo CLS Knights Surabaya!

n62165715394_2488385_1026

Mereka punya salah seorang pemain yang gerakan dan kemampuannya paling komplit di liga IBL, Andrie Ekayana. Pelatih kepalanya, Geraldo Villalon Ramos, terlihat sangat berwibawa ketika di lapangan. Beberapa pemain yang lain juga mengejutkan. Sebut saja Acong yang tembakan tiga angkanya maut! Nuvo CLS Knights Surabaya sudah lama malang melintang di IBL dan Kobatama. 2001 Peringkat Ketiga Kobatama, 2003 Final Four IBL, 2004 Final Four IBL, 2008: Playoff IBL, 2008: final four Turnamen IBL.

Kalau lihat prestasi di Putaran Awal IBL di Jakarta, sangat mungkin Nuvo CLS Knights Surabaya akan semakin ngebut di sisa pertandingan-pertandingan selanjutnya. Hati-hati untuk tim yang lain!

Oxford Learner’s Pocket Dictionary, Buku Wajib Punya!

41gwjdpsx6l_ss500_

Nggak perlu sedih hanya karena kalian belum punya Blackberry atau iPhone atau Macbook. Tapi yang satu ini, kalian sungguh sangat wajib punya. Sebuah buku saku kecil yang berjudul Oxford Learner’s Pocket Dictionary. Artinya, kamus! Teman saya dulu bilang, “Kalau lu mau jago bahasa Inggris, lu harus selalu bawa kamus Ingris-Inggris di dalam tas lu. Setiap ada kata baru, lu tinggal buka. Biasakan pakai yang Inggris-Inggris agar lu terlatih dan selalu dekat dengan English.” Murah teman-teman, nggak lebih dari 25 ribu seinget gw.

Jadi ngerti semua istilah basket yang (hampir semuanya) menggunakan bahasa Inggris! Isn’t it good?!

Kemarin Ada Gerhana Matahari Cincin

untitled-1

Amin, Kelly, Faisal, dan Wendha, kalian tahu nggak kalau kemarin sore terjadi gerhana matahari cincin yang bisa kita saksikan dari Indonesia? Kalian masih ingat nggak apa yang menyebabkan terjadinya gerhana matahari?
“Bulan berada di antara bumi dan matahari.”
“Bayangan bulan yang terkena cahaya matahari menimpa bumi.”
“Karena ini terjadi di siang hari.”
“Sinar matahari tidak penuh sampai ke bumi karena terhalang oleh bulan.”

Ok kalian semua benar. Thanks.