Apakah Olah Raga Kedua Terpopuler di Filipina? (Kobe Manila Tour, 1/4)

Mulai hari ini, gw akan bercerita tentang pengalaman gw berkunjung ke Manila untuk menyaksikan Kobe Bryant sang “Venomenon”. Sebuah pengalaman yang gw rasa sangat-sangat tak terbayarkan oleh apapun. Seperti gw bilang sebelumnya, bukan hanya karena Kobe Bryant-nya, tetapi juga karena kegilaan rakyat Filipina terhadap bola basket!

Sejujurnya, gw sudah gak bisa lagi merangkaikan cerita tentang kunjungan Kobe ke Manila ini dalam satuan cerita dalam runut waktu berurut. Gw bercerita berdasarkan pengalaman-pengalaman unik yang gw alami saja yak!

Filipina yang gila basket

Jika, jika Filipina adalah salah satu provinsi di Indonesia di mana setiap provinsi memiliki baju adat daerahnya masing-masing, maka jenis baju adat Filipina adalah jersey basket. Atau setidaknya memiliki asesoris yang berbau basket; entah sepatu basket, celana pendek basket, atau sekadar head band basket penyeka keringat kepala.

Demikian pula sepanjang waktu perjalanan gw mengelilingi Manila, setiap kali melihat orang-orang yang kebetulan berada di tepi jalan, gw bisa menemukan sebagian besar mengenakan salah satu pernak-pernik basket. Jika gw melihat seseorang mengenakan celana pendek, celana pendeknya hampir pasti adalah celana pendek basket. Di mal, ketika gw berhadapan dengan seorang Satpam, ia mengenakan sepatu basket. Dan dalam teriknya matahari Manila, baju kutang adalah pilihan terbaik untuk dikenakan. dan kutang terbaik adalah jersey basket! Orang-orang Manila terlihat mengenakan berbagai macam jersey basket. Mulai dari NBA, PBA, tim universitas, sekolah, hingga jersey-jersey mirip NBA tetapi dengan nama-nama asing (mungkin) berbahasa Tagalog. Gw berasumsi, ini pasti jersey tim-tim lokal wilayah entah profesional atau pun tidak.

Basket adalah olah raga utama di Filipina. Gw tahu itu, dan mereka bangga akan hal tersebut. Gw penasaran, lalu apakah olah raga terpopuler kedua di Filipina? Gw menanyakan pertanyaan tersebut ke beberapa orang di Manila, dan jawaban terbanyak adalah, “tidak tahu!”

Salah seorang yang gw tanya mencoba berpikir sejenak, lalu dengan serius mengatakan, “golf!” Gw tertawa terbahak-bahak. Saking serius dan melekatnya basket di Filipina, orang-orangnya sampai gak peduli dengan olah raga lain! Gw jadi teringat ajang piala sepak bola AFF beberapa waktu lalu, ketika Filipina bertemu Indonesia di semi final. Filipina dinyatakan tak layak menjadi tuan rumah salah satu laga semi final karena tidak memiliki lapangan sepak bola yang layak untuk laga standar internasional.

Sebaliknya, memasuki Araneta Coliseum, arena basket terbesar di Filipina, seorang teman yang beberapa kali menyaksikan laga NBA mengatakan “meskipun sudah agak tua, Araneta Coliseum mirip arena-arena di NBA!” (lihat foto di atas, sesaat sebelum Kobe Bryant muncul di tengah lapangan)

*besok insyaAllah gw akan cerita rangkaian kegiatan Kobe Bryant di Manila :D

11 pemikiran pada “Apakah Olah Raga Kedua Terpopuler di Filipina? (Kobe Manila Tour, 1/4)

      1. LOL, ID Cardnya ditunjukkin dong Mas :)
        Kok bisa ya segila itu dengan basket? Tapi kenapa juga ya di sini segila itu dengan sepakbola?

      1. Got this from way back. You guys have nice jerseys!

        [IMG]http://img510.imageshack.us/img510/517/47713633tk6.jpg[/IMG]
        By [URL=http://profile.imageshack.us/user/j_diddy]j_diddy[/URL] at 2007-05-27

        By j_diddy at 2007-05-27

  1. @black, are you coming to see the Smart Gilas vs Kobe, Chris Paul, Tyreke Evans, James Harden, DeAndre Jordan, Derrick Williams and friends next week?

    If you don’t mind, I’ll be very thankful if you could share some story about it on my blog :D

  2. i’d love to dude but I have golf next week! lol

    seriously though, I was trying to get the tickets yesterday but they’re all sold out. Shame really as we’re gonna have Derrick Fisher and Derrick Rose(he finally said yes) play with Kobe too.

  3. The exhibition game between the NBA All-Star team Kobe Bryant will be leading against the PBA All-Stars is played on the same day with the first of the two leg second round World Cup qualifying match between the Philippines (aka. Azkals) versus Kuwait (in Kuwait).

    1. Yes it’s the Samahang Basketball ng Pilipinas (SBP), the national federation, along with Smart-Gilas are the ones responsible. I would guess that the those are the only dates these NBA superstars can be made available and given that they’re busy doing promotional tours for their sponsor (Kobe with Nike, Derrick Rose with Addidas, etc.).

Tinggalkan Balasan

