Bagaimana Kalau Bentuk Lain Half-time Show?

oleh: Arry Widyosasono

Siapapun yang membaca tulisan ini, menurut gw bisa dipastikan adalah penggemar basket yang pasti pernah nonton event basket lokal atau turnamen Internasional yang diadakan di Indonesia. Entah itu NBL Indonesia, Libama, SEABA, pertandingan persahabatan seperti NBL vs USA Legends yang beberapa waktu lalu diadakan di Jakarta dan Surabaya, atau streetball event (kalau yang ini jujur gw gak tahu soalnya gw belum pernah nonton event streetball secara langsung).

Satu hal yang menarik perhatian gw dari setiap event basket, yaitu halftime show! Ya, apa siy halftime show yang biasanya ada di event basket kita? Hampir pasti modern dance! Pertama kali gw nonton basket di tahun 2000 sampai terakhir gw nonton beberapa bulan lalu, pertunjukannya masih sama. Dari 15 menit jeda waktu istirahat, hampir seluruhnya diisi dengan acara dance.

Jujur saja, gw sudah sangat amat bosan dengan halftime show kaya gini, pasti kalau gak halftime show dengan modern dance ya games berhadiah. Kalau games siy gw gak pernah bosan (secara gw sering ikutan dan dapat hadiah :p).

Gw siy berharap ke depannya ada bentuk lain dari halftime show yang bisa lebih menarik, semisal salah satunya dengan melibatkan pemain. Misalnya man to man dengan pemain (atau bisa juga 3 on 1, 3 penonton vs 1 pemain biar lebih seru), adu free throw/three point sama pemain, atau adu lay up with style pemain vs penonton (gak perlu maksain slam dunk antara pemain vs penonton). Jadi penonton bisa ngerasain langsung skill pemain profesional. Gak cuma nonton. Sehingga hubungan yang terbentuk antara pemain dan penonton bakal lebih erat, kalau sudah lebih erat, otomatis penonton bakal lebih cinta sama pemain profesional idolanya, kalau sudah cinta, maka bakal berusaha untuk nonton terus secara langsung (analogi iseng gw :p). Gw jg ngerti siy pas halftime kan pemain pada istirahat, tapi biasanya kan 5 menit terakhir dari halftime udah pada shoot-shootan lagi tuh, nah mungkin ada 1 atau 2 pemain yang berbaik hati mau adu skill sama fans tersayangnya? Hehehe.. Biasanya games cm antara penonton vs penonton. Kurang seru menurut gw. Hehehe.

Gw sempet senang pas lihat games halftime show waktu ada 3 orang penonton adu free throw dengan Okiwira sm 1 org pemain USA legends (gw lupa namanya). Nah mungkin games-games seperti itu bisa lebih dibanyakin, dance boleh lahh, tapi dikurangin kali ya. Gw ngerti siy memang seperti gak afdol kalau game basket ga ada dance nya. Di NBA juga dance pasti selalu ada.

Gw harap penyelenggara lebih kreatif sedikit bikin halftime show, ya contohnya dengan yang tadi sudah gw sebutkan (gw cuma bisa sebutin sedikit, gw pun gak terlalu kreatif :p).
Hidup basket Indonesia!

10 pemikiran pada “Bagaimana Kalau Bentuk Lain Half-time Show?

  1. Kalo di seri NBL kan sudah ada permainan yang melibatkan penonton itu seperti yang ditulis. Tapi kalau untuk modern dance menurut saya harus tetap ada karena itu juga salah satu metode ‘jualan’. Yang saya bingung cheerleaders yang pake pom-pom malah udah jarang. Padahal dulu kaitannya erat antara event olahraga dengan cheerleader. Mudah-mudahan bermanfaat

  2. Hahahaaa.. setuju Ry.. Pikiran yang kreatif. Kenapa selalu modern dance yaa? Pertanyaannya lagi, apakah penonton menikmati suguhan tersebut?

    Gw mau bagi cerita sedikit tentang pengalaman tadi malam di LA Streetball tentang modern dance ini.

    Selama LA Streetball di Bandung, gw gak melewatkan satu hari pun! Hehee.. secara hanya dua hari juga sih :) Terkait dengan modern dance ini, di akhir laga, setelah malam hari, LA Streetball menyuguhkan modern dance yang terdiri dari empat orang cewek yang menari-nari di bawah alunan musik masa kini yang diputar oleh seorang DJ.

    Jika tulisan ini berbicara tentang kejenuhan terhadap modern dance, bayangin bila modern dance yang ditampilkan sangat jelek! Dan itulah yang terjadi tadi malam dan malam sebelumnya di LA Streetball Bandung. Empat orang cewek yang menari-nari liar sendiri dengan sedikiiit sekali gerakan sinkron/bersama. Kalaupun ada gerakan yang sinkron, terlihat gak sinkron sama sekali. Amburadul! Penonton di belakang gw sampai teriak “woi stop woiii! Gue mau nonton basket!!!”

    Gw jadi mikir, tontonan tambahan seperti ini seharusnya juga ikut memikirkan kualitas penonton. Kita tahu bahwa penonton basket adalah orang-orang dengan selera tinggi. Tontonan modern dance dengan kualitas rendah dan merendahkan diri penarinya sendiri seperti malam itu seolah pula merendahkan penonton. Seolah-olah penonton memang suka modern dance norak begituan.. -__-* Malam itu, gw dan beberapa teman menyayangkan sebuah event basket seru dengan laga-laga streetball seru jadi memble gara-gara modern dance-nya yang jelek.

    Untungnya, ada pengisi atau hiburan lain yang menurut gw keren dan seru persis seperti harapan Arry di atas yang gw rasa perlu ditambah lagi porsinya: rap battle, break dance battle, dan rim shaker. Yang itu sangat-sangat luar biasa dan menghibur :D *NBL Indonesia boleh meniru nih..

  3. kloo menurut gue sih halftime show mending diisi ama musik” geto….
    semisal, pas jeda 15 menit itu ada band yang terkenal nyanyi di tengah lapangan… nah itu pan bisa bikin pemain relax dan penonton juga terhibur :D bener gak gan??

  4. Variasi emang perlu, setuju banget, tapi kalo emang modern dancenya bagus saya juga tetap bisa menikmati.
    Pengalaman kita kebalik mas Idan, waktu kalo ga salah 2 taun lalu saya nonton LA Streetball di Surabaya, grup HipHop Dancenya buagus buanget!! Skillnya udah kayak dancer yg di film Step Up!! Jadi biarpun penonton datang untuk nonton basket, begitu dancenya selesai, pada standing ovation saking kerennya, saya sampai merinding ngeliat mereka waktu itu.

    In conclusion menurut saya, variasi dan kualitas hiburan yg bagus adalah kunci halftime show yg bisa menaikkan atmosfer pertandingan.

  5. @Sesa : iya emang di NBL pun sering ada games, tp antara penonton vs penonton, gw siy pengen bgt liat yang penonton vs pemain. hehehe

    @Mainbasket: klo ditanya menikmati atau ga, yah klo bagus siy otomatis menikmati. tp bosen jg lama-lama dance terus kan.. hehehe..

    @Wisnujelegh: ide lo juga bagus bro! semoga di denger sama penyelenggara event basket ya!

  6. game nya dibanyakin aja, pernah sekali ikutan game dan menang…
    selanjutnya gak pernah karena sering keduluan yang ada didepan..

    yang pasti event kaya gini di half time harus tambah porsi untuk berinteraksi dengan penontonnya biar lebih seruu

  7. setuju, kenapa juga ga dance lokal? tentu yg bisa dinikmati pecinta basket, dgn berbagai pertimbangan. ga melulu dunk harus dance dgn budaya impor dr luar? :D.
    dance lokalnya misalnya gini, semacam jogjahiphop foundation dikombinasikan tarian lokal yg cukup nge-beat. ato Kojek nyanyiin lagu lo kate jakarta diiringin/dikombinasikan dance lokal :D, maap klo agak maksa xixixi.

  8. kalau menurut saya lebih baik ada game dari maskot tim-tim peserta NBL..Kayak Grizz dari Memphis yang pernah nongol di NBA Madness..Pasti penonton bakal tertarik dengan atraksi dunk keren atau style maskot tim yang lucu dan menghibur..Efeknya bisa juga menarik penonton yang masih anak-anak..Sayang tim NBL nggak ada yang punya maskot tim..-_________-

Tinggalkan Balasan

