Indonesia 71, Singapura 60, SEABA Championship 2011

Sempat unggul dua angka di penghujung kuarter pertama, tim nasional Indonesia mendapat perlawanan keras di dua kuarter selanjutnya dan selalu tertinggal. Koordinasi yang lebih baik di menit-menit terakhir kuarter keempat berhasil membawa Mario Wuysang dan kawan-kawan menang 71-60 atas Singapura.

Pertahanan rapi namun kurang rapat

Pelajaran berarti dari Singapura adalah para pemain nasional harus lebih rapat lagi dalam menjaga pemain lawan. Meskipun dijaga cukup ketat, beberapa pemain Singapura berhasil melepaskan tembakan dan menghasilkan angka. Para pemain kita kerap kali terlambat menempel center Singapura, Pathman Matialakan, sehingga pemain ini berhasil beberapa kali menembak dan menghasilkan 11 angka bagi Singapura.

Meskipun kurang rapat, secara keseluruhan pertahanan tim nasional sudah baik. Menjelang usainya pertandingan, full court press tim nasional berhasil beberapa kali membuat Singapura melakukan turn over yang dikonversi dengan baik menjadi poin. Satu-satunya pekerjaan rumah yang harus dibenahi dalam pertahanan adalah kecenderungan melakukan foul. Tim nasional melakukan 25 kali foul. Dodo Sitepu, Komink, dan Amin bahkan melakukan masing-masing empat kali foul. Beruntung, pada kuarter terakhir, akurasi tembakan bebas Singapura menurun. Padahal hingga akhir kuarter ketiga, akurasi free throw Singapura mencapai 70 persen.

Masih belum bermain lepas..

Setidaknya ada empat kali easy lay-up gagal menghasilkan angka. Free throw tim nasional pun hanya 53 persen. Komink dan Rogun menjadi pemain yang mengumpulkan angka terbanyak walau tak cukup banyak. Komink hanya 12 poin sementara Rogun 10 poin. Meskipun persentase field goals tim nasional hanya 37 persen, pola serangan sudah berjalan rapi.

Sukses selalu tim nasional Indonesia! Semangat!!

*Besok dan selanjutnya gak bisa nonton. Dukung dari jauh dengan doa untuk Indonesia :D

Iklan

2 pemikiran pada “Indonesia 71, Singapura 60, SEABA Championship 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s