Mengapa Lolik, Febri, dan Pringgo yang Tercoret dari Timnas (Perspektif Fan NBL)

Ketika NBA Indonesia Development Camp 2011 dilaksanakan di STC Senayan, peserta Pelatnas masih berjumlah 18 pemain. Artinya masih ada tiga orang lagi yang akan meninggalkan Pelatnas sebelum tim inti berjumlah 15 pemain benar-benar terbentuk.

Dalam salah satu pertemuan evaluasi di sela-sela latihan, Head Coach Rastafari menjawab pertanyaan dari Jama (koordinator camp) mengenai lima orang pemain yang berada dalam daftar “5 terbawah”-nya. Mereka adalah “si A, B, C, D, dan E.” (maaf yaa.. Coach Rastafari mengatakan saat itu bahwa ini rahasia :D). Sependapat dengan Coach Rastafari, lima nama tersebut memang terlihat kurang “klik” selama NBA IDC 2011.

Sesuai dengan agenda Pelatnas, pada awal Juni ini (hari ini), tim kepelatihan akhirnya mengumumkan 15 pemain inti Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2011 nanti. Artinya, tiga pemain harus meninggalkan Pelatnas :( Mereka adalah Pringgo Regowo (Aspac), I Made Sudiadnyana (Garuda), dan Febri Utomo (CLS Knights).

Performa Pringgo, Lolik, dan Febri di NBA IDC 2011

Selama NBA IDC 2011, ada seorang teman yang juga ikut menyaksikan semua kegiatan tersebut dari awal hingga akhir, Roland Andreyanto alias kak @McRoland.

Setelah mengetahui tiga nama yang akhirnya harus meninggalkan Pelatnas, gw langsung bertanya kepada Roland tentang tiga pemain tersebut. “Apa pendapat lu tentang tiga pemain yang dicoret itu Land?”

Berikut jawaban Roland:

“Ok,ini menurut sudut pandang saya ya..

Lolik

Sangat terlihat kalau Lolik sebenarnya sudah gak terlalu niat untuk masuk tim. Dari latihan drill-drill saja dia jarang ikut dan baris di belakang terus, dan defense juga kurang bagus. Dia juga termasuk yang paling lambat di tim (disamping Yandi) he cant keep up with the young guys.

Febri

On offense,no one can stay in front of Febri. He’s unstoppable. He’s a scoring point guard. Tapi kalau sudah main 5 on 5, dia terlihat kurang nyambung sama teman-teman setimnya. Akibatnya jadi sering bikin turn over. Buat team work menurut saya dia kurang bagus. Dia kurang bisa memanfaatkan kelebihannya buat kepentingan tim. Jadi hal ini yang bikin dia kalah bersaing sama Wuysang, Faisal, Xaverius, Dimas.

Pringgo

Menurut saya pringgo termasuk salah satu pemain muda ygan cukup menjanjikan. Postur bagus, tembakan and speed juga ada. Tapi, mungkin dari segi pengalaman masih sangat minim dibanding saingannya. Dan kadang masih suka terburu-buru dalam mengeksekusi.”

Tim kepelatihan nasional tentu punya alasan sendiri. Dan pasti untuk kebaikan Tim Nasional Indonesia. Setuju nggak setuju, lempar uneg-uneg di kolom komentar saja laah.. :D *Let’s go Indonesia!

55 pemikiran pada “Mengapa Lolik, Febri, dan Pringgo yang Tercoret dari Timnas (Perspektif Fan NBL)

  1. untuk om Lolik sama Pringgo gw bisa terima alasannya. tapi untuk Febri, sulit untuk diterima kenapa dia sampai harus di coret! gw bukan fans berat SM, CLS, PJE, Aspac dan tim NBL lainnya (berharap kota Jambi menyiapkan wakilnya di NBL :) ), dan pemain favorit gw Ali Budimansyah dan Andrie Ekayana. jadi gw mencoba objektif untuk menilai kualitas pemain timnas kita!

    seperti yang Roland katakan, “He’s unstoppable”! agresifitas dan mental yang luar biasa! “On offense, no one can stay in front of Febri”! tidak ada satupun pemain lainnya di timnas yang secepat dia! jadi, apa masih perlu alasan untuk mencoret pemain tersebut?! ada potensi luar biasa yang dimiliki dia yang tidak dimiliki pemain timnas lainnya. dan kalau berbicara soal teamwork, gw nonton scrimmage game terakhir, dan Febri bermain team work lebih baik dibandingkan Dimas, apalagi untuk urusan defense. dia tidak bermain hanya sebagai pion-pion yang bermain dan bergerak sesuai keinginan pelatih sepenuhnya sehingga dikatakan bermain team work dengan baik seperti beberapa pemain lainnya. dan kita perlu pemain seperti itu untuk memecah kebuntuan dalam suatu permainan. Febri punya kemampuan “visi/pandangan” yang baik keseluruh lapangan, sama seperti Mario dan Faisal, bedanya Febri bergerak lebih aktif, yg bertujuan untuk menciptakan peluang bagi pemain lainnya.
    intinya adalah, lepas dari semua kemampuan, dia memiliki potensi yang tidak dimiliki pemainnya lainnya, dan kalaupun dia ada kekurangan apalagi kalau berbicara soal team work, itu adalah bagiannya pelatih, apakah pelatih salah dalam menempatkan posisi pemain tersebut ataupun pelatih tidak sanggup mengkontrol pemain yang memilik potensi tersebut!

    sangat prihatinan sampai harus kehilangan Febri setelah Youbel. menurut gw sebagai seorang pelatih akan sangat disayangkan kalau sampai harus kehilangan pemain yang “unstoppable”!
    siapa yang seharusnya dicoret?? udalah, uda gak penting lagi, yang penting sekarang adalah support untuk mereka yang terpilih mewakili kita, Indonesia!

    ini semua hanya sedikit ungkapan kekecewaan, tapi gw tetap harus yakin dan optimis dengan timnas basket kita! tim pelatih tahu lebih baik apa yang harus dilakukan. Lets go Indonesia!!

  2. Dukungan saya 1000 % atas keputusan tim kepelatihan dan managemen timnas cuma saya kurang sreg sama sudut pandang roland soal Lolik “Sangat terlihat kalau Lolik sebenarnya sudah gak terlalu niat untuk masuk tim” kok saya ngeliatnya beda ya hehehe

    Sekali lagi All the best for Indonesia basketball teams #goforgold

  3. wah ngaco nih. gmn klo bikin pembahasan baru “kenapa Lolik, Febri, dan Pringgo harus dipertahankan”, pst banyak yang setuju dan gak banyak yang protes. sebgus apa sih pemain2 “sponsor” sampe harus dipertahankan semua?! klo SM okelah, pemain2ny ud pny pengalaman internasional! lah PJ?! gue hafal smw pemain2 yg terpilih kecuali si Fidyandini! siapa tuh org?! postur, muka sm cara maennya aj gak teriang sm skali di pikiran gue! beda 180 derajat sm Febri, setuju sma komenny si 78! Archa okelah 3points ny, tapi secara mental dan defense msh kalah sm Pringgo! liat aj tiap prtndng PJ melawan tim besar sekelas SM, Aspac, CLS, gak bisa ap2. di IDC kemren perkembanganny oke, pemain2 yg dijaga dia dgn gampang lewat bgtu saja! krna dia target man aj makanya bisa way open trs dan bs byk poinny. om Lolik?! masih lebih baik Lolik daripada Gepeng! sisanya seperti Dimas & Indrawan sih pantes, peran mereka cukup baik dan stabil, apalgi Batam! ngaco nih mentang2 sponsor, manager, head coach dari 1 group, pemain2 juga diambil dri group mereka smw! ganti aj jadi pelatbakriebasket, jgn pelatnasbasket lagi! ckckckck

  4. Luar biasa.

    Dari 7 pemain Pelita tidak ada satupun yang dicoret, padahal ada 3 orang yang jelas2 under qualified. !!!!!!!!!

    hidup Indo-bakrie basketball !

  5. berarti sekarang tersisa 12 orang tto??

    center:
    toib
    ronny gunawan
    yandi

    forward:
    dodo
    romy chandra
    andy batam
    dwi haryoko

    guard:
    amin
    wuysang
    ari chandra
    faisal
    xaverius

    moga dpt hasil terbaik aja deh, walaupun uji coba kalah terus… #goldforreal

  6. setuju dengan yang dikatakan mas bakrie, banyak pemain yang masih di bawah kualitas 3 pemain yang di coret ini.
    terutama Febri, dia adalah pemain yang sangat luar biasa, seperti yang dikatakan ronald, dia benar-benar tidak bisa dihentikan.
    Pringgo juga tidak kalah dengan pemain-pemain pelatnas yang lain, apalagi kalau dibandingkan dengan beberapa pemain PJ yang sebenarnya tidak layak di timnas.

    gimana om pelatih? masa sesubjektif itu?

    tapi, saya tetap mendukung apapun keputusannya. yang penting lakukan yang terbaik buat Indonesia! ingat, bukan main untuk nama di punggung tapi buat nama yang ada di dada kita!

    Salam,
    Michael Jordan

  7. menurut gw : om pelatih pasti kemaren abis muter-muter terus langsung disuruh pilih 3 pemain yang bakal dicoret. Eh, salah coret malah yang dicoret nama mereka ber-3. Setelah kak Densu dan Dimaz ga masuk, rada males nonton sebenernya. Tapi pas nonton NBL liat om lolik sama febri skillnya oke punya. Dan sekarang om lolik dicoret namanya, febri juga, jadi rada males deh nanti nonton Sea Games, mending nonton yang sepakbola aja pemainnya lebih oke :p

  8. duh,komentarnya kok jd gini :nohope:
    daku liatnya sih krn pelatih kepalanya rastafari dibantu ito.dia tentu lbh kenal pemain PJ n SM drpd klub lain.pemain2 tsb jg lbh familiar dgn skema yg diinginkan pelatih.
    Mgkn kalo pelatihnya amran plus ahang,komposisinya ga gini :)
    terakhir,daku berharap timnas bs dpt emas!!

    1. Hahaa.. Gw pun sempat berpikir hal yg sama. Kita hargai saja keputusan head coach. Semoga hasilnya memuaskan alias emas :D

  9. Mengapa Lolik, Febri, dan Pringgo yang Tercoret dari Timnas? jawabannya: karena mereka bukan pemain PJE. mereka menolak kontrak yang ditawarkan oleh PJ sehingga tim kepelatihan dan manajer terpaksa mencoret mereka karena adanya tekanan dari sponsor. sekian…
    *gosip

  10. Ikut sumbang pendapat saya rasa lolik sh pantas dicoret emang skill individu oke tp scra tim krg terbukti tim yg dibela lolik sngt jarang juara walaupun die mvp klo pringgo n febri saya krg setuju pringgo pemain bagus n stok small forward cm batam aj klo febri pemain yg bisa jg pemecah kebuntuan.klo menurut sy yandi lbh layak dicoret n satu lg siapa y bingung.tp y setelah di timbang2 gepeng aj lah

  11. Lebih enak kalo membahas pencoretan Lolik, Febri, Pringgo perbandingannya dengan pemain diposisi mereka masing2. Sangat tidak adil kalo membandingkan Fidyandini dengan posisi bukan center. Dan kita semua tau kalo Defense jauh diutamakan dr Offense. Khusus utk Gepeng menurut gue dia main sangat efektif, dan defensenya OK bgt. Sumpah dehh kaget bgt liat dia main di NBL kemarin… (bener ngga kang Idan?). Good luck utk timnas Basket INA. *masihsedihnggaadapemaingarudaditimnas.

  12. saya kira kita udah berbicara timnas, ada baiknya kita gak mendukung pemain tertentu, ataupun pemain dari klub tertentu. lebih baik, kita membandingkan statistik(klo memungkinkan), atau penilaian selama melihat pelatnas.. Semangat!

  13. @triastOdhie: Betul, setuju harusnya begitu. Tapi kelihatannya yg milih pemain timnas kurang sependapat sama anda #flaming :D

  14. Gue gak comment soal pencoretan Lolik dan Pringgo, hanya Febri yang gue sesalkan dicoret dan aneh dengan dipertahankannya Yandi. Gue coiba liat dari sisi kontirbusi masing-masing pemain terhadap tim dan tidak membandingkan mereka dari sisi posisi bermain karena jelas bebrbeda posisinya. Kalau melihat komposisi pemain yang tersisa, gw jadi bertanya seberapa banyak sih minute yang bisa didapatkan Yandi kalau harus bersaing dengan Rogun dan Thoyib? dan seberapa banyak minute yang bisa didapat oleh Febri apabila ia terus dipertahankan?
    In my opinion, Febri yang bisa bermain di lebih dari 1 posisi akan lebih mungkin mendapatkan minute play yang lebih banyak dan berkontribusi lebih banyak terhadap tim jika dibandingkan dengan Yandi. Apalagi dengan tidak adanya Youbel dan Kelly.
    Apa tim pelatih (atau sponsor?) bermaksud memberikan jam terbang internasional lebih banyak kepada Yandi (dan pemain PJ lainnya? hehehe…) agar lebih mantap di NBL mendatang?
    Tapi mudah-mudahan dicoretnya Febri bukan karena tidak adanya CLS sebagai bagian dari tim manajemen Pelatnas (apalagi ikut jadi sponsor kayak PJ), hehehehehe…..

    1. Komentarnya keren kak.. Tentang pointguard, ada seorang pemain yg tampaknya dapat peran baru untuk ini. Selama NBA IDC 2011 di STC lalu, di setiap scrimmage game ia kerap banyak bawa bola dan ngatur serangan. Kayaknya ia PG baru kita, Dimas Aryo :)

  15. Saya sudah suka basket Indonesia semenjak SMA-kobatama,baru skrg ada fans yg menyambungkan politik dan basket.kalo mau bawa2 politik,menurut saya jadi kader partai atau pengurus PSSI aja…”Keep Indonesian basketball out of politic”

      1. liked or not, itu yang selama ini selalu terjadi (sejak dulu)dan terjadi si cabang olahraga lain juga. Liat aja pembentukan Tim PON deh gak usah jauh-jauh..hal semacam ini masih aja terjadi. Tapi saya juga pembenci politik yang digabungkan dengan olahraga dan berharap hal ini gak terjadi di pembentukan Timnas sekarang…

  16. Gue yakin yang comment kritis ini fans fans surabaya cls, dari dulu selalu emosional sama pelita jaya dan satria muda. gue tekenin baru ada dua juara di NBL. juara pre season dan championship “SATRIA MUDA BRITAMA” dan Juara seri reguler “PELITA JAYA ESIA”

    dari jaman IBL sampai sekarang SM masih mendominasi, PJ sudah mendapatkan juara di beberapa turnamen

    Gue mau tanya, CLS udah punya piala apa yach? merasa jago sekali?

    1. maaf kalau yang dimaksud sama comment kritis itu comment-nya saya, saya adalah fans berat Garuda Bandung dan pengagum Satria Muda Jakarta…

  17. SM 6 PJ 6? namanya bukan timnas ini satria pelita tim. Mario udah lemes, tua pula masih dimainin kenapa nggak Dimas muhari sama febri lebih jelas? Welly sama Yandhi mending juga indrajaya sama vinton ini namanya nepotisme tim ibukota

    1. Bagaimanapun yg tau perkembangan dan memantau itu pelatih2 hebat dan mereka tau apa yg kira2 dpt dimainkan di timnas.Semua terbaik..lalu dipilih sangat terbaik dr yg terbaik.Itu bkn pilihan yg mudah. Pasti byk dilema yg d rasakan saat seleksi.Doakan saja

  18. gue rasa temen2 yang komen disini kudunya udah gausah ngomen soal tim asal pemain timnas. mgkin emang ada faktor X yg mempengaruhi keputusan head coach, tapi gue percaya sama coach fari sama coach Ito. dua2nya pelatih terbaik indonesia yg pastinya tau kualitas pemain2 Indonesia.

    pemain timnas bukan cuman pemain yg udah sering lo denger namanya. bukan pemain yg lebih terkenal dr yg lain. kudu dipilih yg emang maennya bagus, individu maupun tim.

    sekarang saatnya ngebentuk timnas yg solid dan bener2 punya niat jadi juara. :)

  19. @ SM PJE fans says >> come on man baru tau basket indo berapa tahun sih anda. mari kapan kapan saya antar anda ke ruang koleksi piala CLS ya.

    @ daniarti >> My starting line up (Wyusang=Dimas=Batam=Wellyanson=Rogun) :P

    I’m fans of CLS, a big fan, so pasti saya sedih kalau Febri(one of my fav player). but kita semua harus mengerti kalau akhirnya pelatih pasti akan ada subyektifitas dalam pemilihan akhir. (nonsen lah kalau bilang tidak-you will chose player you know well).

    bukan karena cls saya kaget dengan pencoretan febri, coba lihat posisi SF(yg natural pos Febri) yand hanya ada 1 orang (batam), dan pagi ini coach fari bilang ferbi nangung kita sudah banyak pemain dengan pos 1 dan pos 2(pg dan sg) come coach.

    let make our head cold, everything has a reason (and head coach has their own reason, lets just see. cos we just a fan, not the coach) tapi protes boleh kan

  20. NBL pusatnya bukan di jakarta tapi tanya kenapa timnas isinya orang orang jakarta semua, DBL-NBL yang buat maju basket kita waktu giliran pembentukan timnas jadinya satria pelita centris alias jakarta

    1. tdk smua isinya orang2 jakarta smua di 12 besar timnas.Mereka byk pendatang dr jawa dan skitarnya tp bermain di klub jkarta.Cthnya saja Dimas Aryo asal malang.

  21. ya betul sudah confirm ini fans fans CLS KNIGHTS melawan Indonesia, LETS GO SATRIA MUDA BRITAMA dan PELITA JAYA ESIA for ABL

  22. Maaf, sebenernya ini kan forum terbuka, jadi semua orang pantas untuk mengutarakan pendapat. Kenapa mas sm and pje fans jd gak seneng ati ya? Mas, ini timnas bukan tim sm dan pje. Jd anda yg memang bukan murni pencinta basket indonesia. Anda aneh mas.
    Saya big fan of garuda. MVP NBL Indonesia dicoret, faktor usia? Mas, kalo adu ama gepeng or yandri ya mana bisa menang sih mereka? Denny sumargo ama dimaz aryo? Please, kalian jg tau sapa yg layak. Pringgo secara statistik tlg aja diliat bagus mana ama yandri. Ary chandra ama okiwira, postur and speed menang oki kemana2. Mas, kalo memang pje and sm mau main di abl saja, silahkan, liga nbl jg tetep bs berjalan tanpa 2 tim tersebut. Saya tidak membela fans cls, cmn anda yg memang memulai omongan yg gak masuk akal ini. Thx. Maju terus basket indonesia.

  23. @SM PJE fans : anda kayaknya kurang pintar membaca komentar temen2 lainnya. Ini masalah basket idonesia mas dan bukan cls, sm or pje. Anda memulai sesuatu percakapan yg saya rasa memprovokasi. Gak ada yang salah dengan komentar2 diatas. Siapapun itu. Mereka hanya mengemukakan pendapat. Tolong mas, kalo anda memang pencinta basket indonesia, jangan suka memprovokasi. Biarkan fans2 basket di indonesia mengeluarkan pendapat dan komentarnya untuk kemajuan indonesia. Saya sendiri kecewa dengan tidak ada nya pemain garuda di timnas. Saya merasa ada kejanggalan. Apa dengan begitu saya musuh dari sm dan pje dan cls? Come on, ini sudah jaman demokrasi. Jadi belajarlah menerima kritik dan komentar orang lain. Peace

  24. Daripada kita debat .. tanpa ada hasilnya …

    Yoook …Sekarang kita liat buktinya aja dulu, tgl 23-26 nanti di SEABA. Kalo juara, kita tepuk tangan, berarti pemilihan pemain sudah benar.

    Kalo kalah .. berarti memang harus ada pemilihan ulang pemain.

    Cukup fair ?

  25. pemain ‘pesanan’ secara headcoach., manager tim., dan sponsor utama pelatnas kali semua berasal dari keluarga besar “tukang roti”. sorry to say this tapi ini fakta., jangan sampe keberhasilan timnas basket nantinya diklaim keberhasilan “tukang roti” dan “beringin” clan., sapa tau bisa dapat emas pertama kalinya truss diajak kerumah “tukang roti” (seperti nasib christian gonzales dkk)

    dari awal saya kecewa knp indrajaya dan dimas muharri tidak diberi kesempatan seleksi., klo pemain SM emang udah capable dN berpengalaman., klo PJ??? masih perlu dipertanyakan.

  26. Filipina a.k.a Smart gilas sangatlah kuat.. Tim indonesia yg pernah menjajalnya adalah satria muda yg waktu itu kalah lewat OT 107-112
    tp ane yakin kita bisa mengimbangi mereka.. Meskipun mereka sekarang bertambah kuat dgn tambahan 4 pemain naturalisasi. !
    #goldourgoal

    1. Hohoho… Smart Gilas ??… Mrk tidak akan turun kedalam Asean Games!!.. Proyeksi mereka adalah olimpiade!
      Di Seagames, pilipina akan menurunkan tim baru yang di huni oleh mayoritas pemain muda, serta beberapa pemain jebolan PBA (termasuk beberapa pemain Smart Gilas sprt Chris tiu, Barroca, Japeth, dll).. tim itu sudah di lauching, head Coachnya : Norman Black..
      Ngak perlu silau dengan nama besar pilipina… Sebelum bertanding, belum ada yang menang atau kalah!.. Semua masih 50:50..

      Go Indonesia for GOLD

  27. gak nyangka kalo mas febri yang bakal dicoret… padahal butuh lho seorang pemain kayak dia.. yang pada saat tim sedang down.. dia masuk ke lapangan buat angkat moral tim lagi… liat aja pas NBL kemaren..

  28. Ini bukan masalah pelita jaya or bakrie. Selama ini, di indonesia akan selalu seperti ini. Selama management timnas dipegang oleh 1 tim, maka akan terjadi hal seperti ini. 2003, sea games di vietman, timnas putra terdiri dari 10 pemain aspac plus lolik dan rony gunawan. Karena juara ibl pada waktu itu aspac dan management semua aspac. 2007, 8 pemain SM dan 4 dari tim lain, karena management dari SM yang pada saat itu juara IBL. Saya fans dari CLS Knights. Saat ini saya bukan membahas masalah febri or siapapun itu. Yang harus kita pikirkan ke depannya, alangkah baiknya untuk timnas, tidak dipegang oleh managemen salah satu tim. Bahkan pelatih, seharusnya memakai pelatih asing. Jadi semuanya akan lebih enak. Go Indonesia.

  29. Teman teman alangkah baiknya apabila kita meninggalkan kepentingan klub tertentu. SMB PJE GFB CLS dan lain lain. Mereka semua yang di timnas sedang berjuang untuk mengharumkan nama bangsa kita sendiri. Tolong jangan membandingkan satu pemain dengan pemain lain dan juga tolong jangan personal vendetta terhadap golongan tertentu dibawa ke basket. Mereka butuh support dari kita untuk menang. Semua pemain di pelatnas hebat, hanya saja mungkin kebutuhan pemain di posisi tertentu dari pelatih tidak bisa menyenangkan semua pihak.

    Mereka butuh bantuan moral kita bukan untuk dibanding bandingkan satu sama lain pelatih Rastafari Fictor Roring dan Winar lebih tahu kebutuhan tim daripada kita

    Kang Idan kalau boleh kami kasih input, mohon segelintiran orang yang memprovokasi kalau boleh di filter komen komen mereka demi tim nasional kita

    Terima kasih

  30. lebih baik hentikan semua perdebatan yg ada krn skrng timnas lebih butuh dukungan dari fans utk datang langsung ke arena saat tanding di SEABA & SEA Games :)

  31. Klo gw mah siapapun pemainnya percaya aja ma pilihan pelatih ,, yakin dan percaya pemain dan pelatih jauh lebih menginginkan emas dri kita !!

    Tugas kita mah dukung 100 % timnas.to get gold apapun yang terjadi !!

    Ngutip iklan dikit
    “Siapapun pemainnya INDONESIA juaranya ”
    GO TIMNAS !!

    Regards

  32. Kalau pada banyak tau ttg sepak bola, pelatih timnas Spanyol dulu, Luis Aragones, dihujat karena tdk memasukkan Raul Gonzales. Tp Spanyol kemudian juara Piala Eropa 2008. Fans Spanyol akhirnya bungkam dan sedih Aragones pergi.
    Saya cuma menegaskan pendapat2 di atas yg bilang pemilihan pemain adalah tugas pelatih. Bayangkan betapa berat tugas mereka memilih pemain dan bekerja memenuhi target yg dibebankan. Kalau gagal dihujat. Berhasil yg dipuji pemain. Mungkin ini yg harus diingat.
    Td ada yang ngomongin Dimaz Muharri. Saya juga penggemar dia. Tapi saya cukup fair untuk bilang Dimaz nggak punya tembakan sebaik Mario Wuysang ataupun keberanian meladeni permainan keras cenderung kasar dr pemain2 Filipina misalnya seperti yang dimiliki Faisal.
    Saya mengikuti Febri dr 2003. Saya mengikuti pemain2 CLS yang skrg sejak bermain di Mikroskill. Dan saya juga terus berkomunikasi dgn pelatih mereka mulai coach Eddy, Coach Simon, sampai kemarin coach Amran. Jadi saya cukup mengerti keputusan kak Fari.
    Bagi teman2 yang kecewa pemain CLS tercoret, mungkin boleh saya bocorkan sedikit percakapan dgn kak Amran dulu ketika NBL baru mulai bergulir. Dia bilang gini,”Saya bekerja berdasarkan pemain yang ada. Kalau boleh memilih pastinya saya mau ada Faisal, Mario, Rony Gunawan di tim saya. Tapi kan tidak bisa. Saya harus memaksimalkan pemain yang ada sekarang. Mereka potensial tapi masih muda dan minim pengalaman serta belum banyak teruji menghadapi tekanan di saat2 penting. Tapi mereka punya kecepatan. Itulah nanti yang akan saya gunakan. Kalau mereka nggak mau lari, tidur aja udah.”
    Jadi kalau boleh saya menghimbau,percayakan saja kepada pelatih, dukung pemain, dan saksikan mereka langsung saat berlaga di SEA Games nanti. Kalau memang gagal barulah boleh mengkritik pelatih.
    Btw, sebenarnya fans CLS pantas berbangga. Timnas punya Rony Gunawan yang dipoles jadi pemain hebat oleh CLS.
    Jadi lupakan fantisme klub. Mari dukung Merah Putih. Salam.

  33. pertama2 ini INDONESIA rekan2… bukan SM, PJE, GFB, Aspac, CLS atau team lainnya…

    camkan dulu bahwa ini INDONESIA!!!!!!

    dan pelatih yang ada sekarang adalah yang terbaik (walaupun menurut gua coach amran akan lebih bagus daripada coach ahang) jadi hargailah keputusan mereka….

    mengenai lolik gua setuju banget ama komentarnya coach fari tentang sistem “…selama ini bukan lolik yang bermain dengan sistem tetapi sistem lah yang yang mengikuti cara main dia…” SETUJU BANGET!!! coba gua ajukan pertanyaan simple, kapankah om lolik pernah juara?? gua bukan benci ama dia dan juga bukan fans dia tapi bisakah pertanyaan gua ini ada yang jawabannya dia pernah juara???

    mengenai febri, surely timnas kehilangan all around player, posisi berapa dia bisa? 1,2,3? even post up offense nya juga jago lho tapi pasti para coach punya pandangan lain dan juga ini adalah masukan dari coach NBA dan WBA jadi masa mereka harus disangsikan lagi??

    pringgo labil dan miskin pengalaman? setuju kalau dibanding yang lain tapi kalo di bagus gua setuju juga tapi memang kalah bersaing dibandingkan shooter2 handal timnas, mau main posisi 4? ada welly ama gepeng yang pengalamannya pasti lebih banyak.

    jadi, kontoversial atau tidak, suka atau tidak, fans siapapun itu mari kita dukung timnas indonesia. target mereka ga main2 lho, EMAS!!!!

    sampai ketemu di Britama Arena 23-26 juni ya….
    INDONESIA JAWARA DUNIA!!!!!! (pinjem ya bro Idan)

  34. wah gw baru baca nih, pendapat gw sih sebenernya ga begitu setuju sama pelatih.
    gw sempet nonton lansung waktu timnas main di perth lawan lakeside lighthing. emg kliatan klo timnas belom punya starting 5, semua pemain di rolling.

    gw kaget kenapa malah justru om lolik sm febri yang di coret. buat pringgo sebenernya gw ga setuju juga klo dia di coret. dia masih muda mungkin untuk posisinya dia, pringgo lah yang paling muda dan bisa jadi aset timnas. tapi mungkin emang target kita buat dapet emas bikin pemain muda jadi kurang dapet jam terbang.

    buat lolik, harus diakui memang bener klo om lolik terlihat udah kemakan usia dan ga bisa masuk ke system team. dia keteteran pas defense ngadepin anak team lakeside lighting yang lincah2, di offense juga ky org bingung. tapi dia malah jadi senjata andelan timnas waktu kita di full court trap sama tim lawan. di saat yang lain mentok cuma om lolik sendiri yang bisa ngedobrak dari ujung ke ujung. sama percis kaya cerita ditulisan ini.

    buat febri, gw kaget dia di coret. dr pertandingan yang gw tonton dia termasuk salah satu pemain yang bersinar bareng sama andy batam, sitepu, fidyan dini dan amin. mungkin klo gw coach nya gw lebih pilih febri drpd dimas, walapun posisi aslinya ferbi forward di taro jadi guard pun dia masih bisa masuk, speed sama gerakan tanpa bola nya bener2 jadi ancaman waktu dia masuk. klo ada yang bilang di jelek di defense gw rasa hari itu semua bener2 jelek pas ngedefense. cuma sitepu dan dwi yang bener garang pas defense. ga heran ga ada strategy defense yang efektif hari itu. di zone defense kita abis di tembakin 3 angka pas kita bikin man to man medium range kita yang empuk banget buat nembak, tim lawan cuma modal pick and roll sm shooting. mereka ga berani masuk kebawah ngadepin toyib,sitepu,rony, fidyan atau gepeng yang kadang di plot di bawah

    sangat di sayangkan klo om lolik sm febri yang di coret. mereka memang ga begitu bagus saat permainan set play. tapi klo kita udah buntu gw rasa cuma mereka berdua yang bisa ngasih jawaban dan memecah kebuntuan timnas. apa lagi buat posisi forward cuma mereka berdua yang bisa di bilang pemain “point dan foul”. gepeng sm batam lebih milih nembak daripada masuk. sisanya ga begitu punya peran saat offense..

    well tapi gw tetep optimis sama timnas…mereka bakal kesini lagi bulan oktober katanya nanti gw update lagi klo gw nonton….hehehehe

  35. udah saatnya Om Lolik jadi pelatih. bukan karena skil dan pengalaman. tp lbh kepada bagaiaman atlet dan olahraga melakukan regenrasi…CMIIW

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s