Keep It Up! Hari Terakhir NBA Indonesia Development Camp 2011

Setelah NBA Indonesia Development Camp 2011 selesai, yang memang dirancang untuk keperluan tim nasional di SEA Games 2011, beberapa orang teman menanyakan sebuah pertanyaan yang sama ke gw, “ngaruh gak sih ke pemain dan tim?”

Melalui kaca mata penonton yang menyaksikan basket dengan semangat senang-senang seperti gw, jelas nampak bahwa performa timnas meningkat. Kekompakan tim semakin solid. Sore tadi, ketika diadakan scrimmage game terakhir antara tim merah melawan putih, kedua tim bermain ngotot dan keras namun tetap rapih dalam pola-pola yang terlatih di drill-drill selama camp. Dan yang sangat-sangat menyenangkan adalah berkurangnya ketergesa-gesaan! Febri, Dimas, atau Faisal, dan Mario bermain cepat dan kencang ketika pertahanan lawan benar-benar terlihat mudah diterobos. Ketika pertahanan lawan merapat dan ketat, tim nasional bermain lebih tenang. Banyak strategi offense berjalan rapih dan sukses menghasilkan angka.

Peningkatan para pemain secara individual

Ponsianus Koming Indrawan sangat layak mendapat anugerah sebagai Most Improved Player. Selain bekerja keras saat menyerang dan disiplin ketika bertahan, Koming juga memberi andil besar dalam membuka ruang dan melakukan screen-screen yang efektif dalam membuka jalan rekannya atau sekadar menjalankan pola pick and roll yang mantap.

Christiano Ronaldo Sitepu yang meraih penghargaan sebagai Most Valuable Player pun layak menerimanya. Dodo bermain total baik dalam offense maupun defense, meskipun pada scrimmage game terakhir Dodo banyak melakukan foul. Tetapi secara keseluruhan, penampilan Dodo konsisten dan meningkat!

Selain Koming dan Dodo, ada tiga pemain yang menurut gw berpenampilan sangat-sangat hebat selama NBA IDC; Ary Chandra, Dimas Aryo, dan Febri Utomo.

Gw menyaksikan semua laga Ary Chandra selama NBL musim lalu. Ary Chandra di NBA IDC adalah Ary Chandra yang berbeda dengan yang di NBL musim lalu. Kemampuan penetrasi dan keberanian Ary Chandra meningkat tajam. Demikian juga dengan Dimas Aryo dan Febri. Dua pemain ini sangat-sangat eksplosif selama empat hari NBA IDC. Hanya saja pada scrimmage game terakhir sore tadi, Dimas dan Febri harus meningkatkan lagi persentase field goals mereka.

Semoga kualitas tim basket nasional Indonesia tak lagi menurun dari titik ini. Tren performanya meningkat (meskipun gw hanya melihat dari hari pertama NBA IDC hingga hari terakhir yaa..). Amiin :D

7 pemikiran pada “Keep It Up! Hari Terakhir NBA Indonesia Development Camp 2011

  1. semoga SEMANGATnya tetap kayak gini dan memang benar2 semangat yg timbul dr hati.. bukan karena ada faktor2 lain yg mempengaruhinya, agar bs menghasilkan yg sebaik-baiknya yg mereka miliki. Tjiayooo TIMNAS!!

  2. defensenya mantap!! shell nya cakep! dari switching defense, sliding defense, help and recovery defense sampe trapping defense semuanya jalan! keren euy… tapi dari segi offense tim merah masih kurang, beberapa kali draw and kick ny kebaca (mungkin karna defense yg ngotot dari tim putih), masih keliatan terburu buru. pick and roll nya gak maksimal, center nya kurang sigap (setau gw ada 3 variasi pick and roll: pick and pop, early release, stretch the trap. dan Ronny Gunawan paling smart klo ngelakuin pick and roll). tim putih lebih baik dari segi offense, terutama pas Q2, flash backdoor sama assist nya gokil, fast breaknya juga cepat dan tepat! seruuuuu!
    didukung agenda pelatnas yang tersusun dengan baik dan disiplin timnas, gw yakin dengan sangat, basket Indonesia pasti dapet emas!!!
    KEEP IT UP…….

    *tapi si Xaverius kok gak ada ya?? dan mungkin cuma prasaan gw, tapi rasanya aneh gak ada Youbel, kyk ada yg kurang, beda pas nonton di hall A.

    1. Dua hari terakhir, Xaverius sakit. Youbel memang gak bisa dipaksakan karena memang kondisinya gak memungkinkan.

      Selain Ronny, Komink juga yahuuddd kalau nge-screen.. Beberapa pemain memang kadang suka lupa untuk nge-roll habis nge-pick padahal seringkali terbuka dan leluasa. Sebaliknya, playmaker juga kerap lupa passing bola ke pemain yang nge-roll. Pergerakan pemain dengan selalu melakukan switch di posisi weak side juga keren! Opsi ketika offense menjadi lebih variatif.

      Jika, gaya permainannya minimal dipertahankan, optimisme semakin besar :D

  3. Apakah αϑα dvd ƴǥ memfilmkan aktivitas latian idc kemarin??? Αto αϑα ƴǥ mgefilekan??? Kan lumayan buat kita2 ϑi daerah bisa belajar teknik2 offense n defense dari nba…. Bayar jg gpp……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s