NBA Indonesia Development Camp 2011 Mulai Berdampak Manis :D

Kemarin, para pelatih dari NBA; Eric Hughes, Jama, dan Ron Harper mengeluhkan permainan peserta Pelatnas basket Indonesia yang ketika melakukan scrimmage game di akhir sesi, melupakan hampir semua yang dilatih melalui drill-drill sebelumnya. Saat itu (kemarin, 10 Mei 2011) drill-drill offense dan defense terasa sia-sia belaka. Tak terpakai dalam laga.

Hari ini, jauh lebih memuaskan. Sesi pagi tak diisi latihan. Hanya bermain-main dan bercanda riang bersama adik-adik panti asuhan dalam program NBA Cares. Latihan sesungguhnya baru dimulai pada sesi siang dimulai pada pukul 13:00. Latihan hari tadi kembali menitikberatkan pada upaya defense yang lebih solid dengan drill-drill trap, mematikan pick and roll, dan pola “diamond” full court press.

Repetisi atau pengulangan yang disertai koreksi dan evaluasi di sela-sela drill tampaknya membuat drill-drill defense berjalan dengan baik. Hal itu cukup memuaskan. Namun yang jauh lebih memuaskan adalah ketika drill-drill tersebut akhirnya teraplikasikan pada saat scrimmage game :D

Dalam scrimmage game, tim merah melawan tim putih berlangsung super ketat! Karena fokus utamanya adalah mengenai defense, maka gw selalu menyemangati kedua tim yang sedang melakukan defense. Kepuasan terjadi kala tim defense berhasil mematahkan serangan tim offense dalam bentuk penguasaan bola defensive rebound karena tembakan gagal atau membuat tim offense melakukan turn over. Kedua tim bermain ngotot. Hingga sisa 12 detik di kuarter terakhir (bermain 3 kuarter), skor masih imbang 37 sama. Ketajaman serangan tim merah di 10 detik akhir berhasil menambah dan menutup laga dengan skor 39-37.

Jika, tim nasional konsisten dengan menerapkan fundamental-fundamental basket yang selalu diingatkan selama NBA IDC dan juga memraktekan setiap drill dengan koordinasi antar pemain yang baik dan kompak. InsyaAllah emas SEA Games di tangan. Amiin :D

*NBA Indonesia Development Camp 2011 diadakan dari tanggal 9 hingga 12 Mei 2011 di STC Senayan dari jam 10:00 hingga jam 16:00. Sekali lagi, gratis :)

3 pemikiran pada “NBA Indonesia Development Camp 2011 Mulai Berdampak Manis :D

  1. Trims banyak atas laporannya. Ini mudah2 an tim nasional indonesia bisa membawa kebanggan tersendiri di di Sea Games tahun ini di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s