Alasan Mengapa Enam Pemain Itu Harus Meninggalkan Pelatnas Basket SEA Games 2011

Pada saat pertama kali dipanggil, terdapat 24 nama pemain basket Indonesia yang dipilih untuk mengikuti seleksi pemain nasional untuk SEA Games 2011 nanti. Dari 24 nama tersebut, telah dikabarkan dari awal bahwa yang akan masuk rooster pemain SEA Games hanya 15 saja.

Kemarin, tim seleksi Pelatnas sudah menyebutkan enam nama yang harus meninggalkan Pelatnas. Cukup mengejutkan karena jelas keenamnya adalah memang para pemain handal yang diidolakan fansnya masing-masing. Timbul tanya, mengapa mereka?

Melalui situs resmi NBL Indonesia dan lewat koran Kompas gw mendapat jawabannya. Berikut nama enam pemain yang harus meninggalkan Pelatnas beserta alasannya;

Youbel Sondakh: Cidera lutut. Youbel memang belum pulih benar sejak musim lalu. Pada saat pemusatan latihan di Batujajar beberapa waktu lalu, kondisi Youbel pun tidak fit benar. Untuk menghindari keadaan yang lebih buruk, maka Youbel dicoret.

Kelly Purwanto: Cidera tendon achilles. Kabarnya, untuk berjalan dan berdiripun cukup sakit. Butuh pemulihan satu hingga dua bulan.

Ruslan: Cidera pergelangan kaki.

Mario Gerungan: Menurut Andiko Purnomo (asisten manajer Tim Nasional), Mario Gerungan sebenarnya tidak kalah dengan Mario Wuysang dan Faisal, namun untuk di timnas, pengalaman lebih dipentingkan.

Sandy Febiyansyakh dan Okiwira: Kalah bersaing dengan shooting guard lain seperti Amin Prihantono dan Ary Chandra

18 pemain yang masih tersisa akan mengikuti program lanjutan seperti Indonesia Development Camp bersama NBA pada tanggal 9-12 Mei dilanjutkan dengan latih tanding ke Australia.

8 pemikiran pada “Alasan Mengapa Enam Pemain Itu Harus Meninggalkan Pelatnas Basket SEA Games 2011

    1. Barangkali Mario butuh menimba pengalaman dalam laga-laga regional internasional dalam skala tekanan yang gak begitu tinggi. SEA Games ini kayaknya tekanan untuk meraih emasnya cukup kencang. Mario butuh pengalaman internasional melalui laga-laga persahabatan terlebih dulu sepertinya.

      Buat gw, Mario Gerungan memang gak kalah dengan yang lain dan layak dapat tempat di tim nasional. Namun bagaimanapun tim seleksi tentu lebih tahu dan behak menentukan. Mario Gerungan dan Okiwira bakal panas edaannn di NBL musim 2011-2012! :D

      1. “Barangkali Mario butuh menimba pengalaman dalam laga-laga regional internasional dalam skala tekanan yang gak begitu tinggi.”
        dari quote diatas mungkin aspac perlu mengikuti ABL musim depan, untuk menambahkan pengalaman internasional pemain mudanya. ataupun aspac tidak bisa membagi tim antara NBL & ABL, mungkin mereka bisa bisa menitipkan beberapa pemain potensialnya di SM-ABL dengan opsi2 kontrak.. :P hehehehe
        dengan tujuan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas suatu pemain (muda) dlm sebuah liga, ‘Rival bisa menjadi Rekan’.
        sekedar saran :)

      2. mungkin ajang L.A. Lights World Challenge bisa jd ajang pembuktian diri Mario Gerungan, krn dia akan bermain melawan tim dari dalam & luar negeri.

    2. iya, pengalaman kan gak harus dari timnas, di event lain walaupun skalanya gak sebesar ini juga bisa nambah jam terbang pemain :)
      Go Indonesian Basketball!

  1. “Untuk menghindari keadaan yang lebih buruk , maka Youbel dicoret.”?!?!?! serem amat itu kalimat, seolah-olah akan terjadi hal yang menakutkan kalau Youbel masih di timnas! mana mana kalau menghindari keadaan yang lebih buruk ya di terapi, atau di operasi, ditreatment deh pokoknya. ini kok malah dicoret?! sorry, gw terlalu oon untuk mengerti maksud kalimat tersebut.
    *masih gak terima Youbel dicoret, kalaupun gk inti, dy bisa jadi 6th man terbaik (kayak Lamar Odom).

    1. Mungkin maksudnya adalah, daripada latihan di timnas, mending dia pemulihan/treatment/istirahat selama libur NBL ini…

      Cedera lutut itu serius lo..

      Sebagai fans dia, lo ga mau kan dia ikut timnas, tapi terus harus istirahat lebih panjang lagi pas NBL taun depan?? :))

  2. Kalau ujung2nya yang diliat pengalaman,buat apa diadain seleksi. Kan udah pada ketauan juga siapa aja yg berpengalamn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s