“Kemungkinan Next Season Saya Tidak Akan di Garuda Bandung,” Agustinus ‘Aguy’ Sigar

It is that moment again :(

Perasaan dalam momen ini kembali berulang. Beberapa tahun yang lalu -sudah gak peduli juga tahun berapa- ketika TvOne sedang menyiarkan final Indonesian Basketball League (IBL) antara Aspac melawan Satria Muda, komentator yang tampil adalah Andy Batam yang sudah hijrah ke Pelita Jaya. Dalam salah satu komentarnya, Andy Batam mengatakan, “ya, kembalinya si anak hilang.” Kalimat tersebut merujuk kepada point guard Garuda kala itu, Kelly Purwanto yang dirumorkan akan hengkang dari Garuda Bandung. Kata-kata Andy Batam seolah sebuah penegasan bahwa Kelly memang akan kembali dan akhirnya ke Pelita Jaya.

Lalu, di tengah turnamen preseason 2010-2011, Denny Sumargo yang tidak tampil selama preseason di Malang (Juli 2010) menelepon gw untuk memberi kabar bahwa ia masih akan bermain untuk Garuda. “Tetapi..” lanjut Denny saat itu “sepertinya akan ada pemain lain yang keluar bro..” Gw sudah langsung bisa menebak dan tebekan gw benar. Sebelum seri pertama musim 2010-2011 dimulai, Garuda memastikan bahwa mereka menukar Mario Wuysang dengan Wendha Wijaya. Gw bahagia dengan bergabungnya Wendha, namun sekaligus sedih dengan cabutnya Mario Wuysang.

Rasa sedih ketika seorang pemain idola akan meninggalkan tim favorit Garuda Bandung hari ini kembali terjadi. Melalui akun twitternya, Agustinus Dapas Sigar atau yang akrab dipanggil Aguy menulis “Kemungkina besar nex season saya tidak akan bermain di garuda bandung lagi thaks for all your suport,gbu all.” Twit ini kemudian diulang oleh twitter resmi Garuda Bandung. Seolah menguatkan bahwa Aguy memang akan keluar dari Garuda. Sedih? Pasti.

Aguy adalah salah satu pemain kunci di Garuda. Selama musim perdana NBL Indonesia, Aguy mencetak 147 poin dari 25 kali tampil. Tidak terlalu banyak memang. Tidak lebih dari enam poin dari satu laga. Tetapi hal tersebut bisa dipahami mengingat selama musim perdana NBL Indonesia Aguy sepertinya sedikit sekali mendapatkan waktu bermain. Melihat ketajaman shootingnya, cukup mengherankan memang mengapa Aguy kerap hanya dimainkan sebentar saja. Padahal, setiap kali Aguy masuk sebagai pemain pengganti, penonton dan fans Garuda kerap bersorak riuh yang selalu dibalas Aguy dengan raihan poin-poin penting.

“Kenapa Aguy jarang dimainin yaa bang?” banyak yang bertanya demikian kepada gw. Tentu saja gw gak tahu jawabannya. Karena menurut gw dan banyak fans Garuda, Aguy adalah pemain hebat, hanya saja jarang dimainkan. Alasannya? Entahlah. Apakah gw setuju jika Aguy meninggalkan Garuda? Sebagai fan biasa, jelas gw gak setuju. Karena gw percaya ia hebat jika diberi kepercayaan lebih banyak. Tetapi tentu saja gw pun gak bisa banyak komentar karena Garuda lebih mengetahui mana yang terbaik untuk tim. Jika ditanya lagi, gw akan tetap menjawab gw gak setuju. Dua tahun terakhir gw merasa Aguy disia-siakan, jarang dimainkan mengingat potensinya yang ciamik. Jelas itu subyektifitas gw.

Momen tak terlupakan Aguy bersama Garuda

Aguy sering menjadi penyelamat Garuda. Penyelamatan Aguy yang terindah adalah ketika perebutan juara ketiga di Turnamen IBL 2009. Saat itu Garuda melawan Aspac. Jarang dimainkan selama babak penyisihan, Aguy mendapat kepercayaan dari coach Ebos di kuarter ketiga untuk bermain. Saat itu, Garuda tertinggal cukup jauh, belasan poin. Aguy menjawab kepercayaan tersebut dengan gemilang! Melalui beberapa tembakan tiga angka, Aguy mencetak 23 (atau 21 poin yaa?) dan membawa Garuda berbalik unggul dan akhirnya menang atas Aspac. Setelah unggul, Aguy ditarik lagi ke bench dan tidak dimainkan lagi. Ketika Garuda akhirnya berbalik unggul atas Aspac, Aguy tak mampu menekan kekesalannya karena jarang dimainkan. Ia membuka jerseynya dan meletakkannya di depan coach Ebos. Seusai laga tersebut gw memberi selamat dan sedikit berbincang-bincang dengan Aguy. It was a great victory even for a third place.

Jika Aguy benar-benar meninggalkan Garuda dan tak lagi membela tim ini di musim 2011-2012, tak ada kata-kata yang patut diucapkan oleh semua fans Garuda Bandung selain “terima kasih Aguy.”

16 pemikiran pada ““Kemungkinan Next Season Saya Tidak Akan di Garuda Bandung,” Agustinus ‘Aguy’ Sigar

  1. bang aguy….. keren saat membela garuda, kerap membuat kejutan saat dikeluarkan…. mungkin gua bukan anak bandung tapi….. nama agustinus dapas sigar menjadi salah satu idola yang sangat gua kagumi…. next, maybe better…. good luck bang aguy!

  2. iya ya, secara sudut pandang fans subyektif pasti gak rela pemain favoritnya pindah, tapi kalo mikir dari segi si pemainnya, dgn kemampuan yg dia punya, bener sia-sia kalo terlalu lama duduk di bench terus-terusan. bakat dan potensi yg dia punya jadi seolah2 ‘mati’ dan gak berkembang. mending pindah ke tim yg (katakanlah, misalnya) gak sebesar garuda tapi porsi main tinggi atau bahkan jadi starting 5. akan lebih baik seperti itu..

    well, terima kasih aguy.. my fave 6th man.. :)
    semoga ke depannya bisa lebih berkembang dan sukses dgn tim barunya nanti..
    good luck! :)

  3. I’m no fan of Garuda but a fan of his game.. Aguy is the kind of player who’s never afraid to take big, clutch shots ! His drive to the rim is lethal and he has exceptional passing and dribbling skill.. But most importantly Aguy plays w/ his heart.
    Garuda ‘ll surely miss him. So which team is gonna be the lucky team to get Aguy??? :)

  4. agustinus dapas sigar #23. he’s my hero. tentunya buat Garuda ya. sayang banget kalo emang bang aguy beneran pindah. tapi sayang juga kalo dia jarang dapet kesempatan main kyk season ini, dia keren banget, tembakan”nya MEMATIKAN. mungkin gak kalo gak usah pindah tapi pola main Garuda diperbaiki?
    yah, tapi apapun keputusannya semoga menjadi yg terbaik. we love u aguy :)

  5. setuju sama kak wiwaha, gw jg bukan fans garuda tp gw kagum banget sama mainnya aguy.
    gak jarang gw deg-degan kalo aguy dimainin pas lawan tim favorit gw.
    Contoh waktu championship series CLSK v Garuda, gw takut bgt waktu aguy dimainin. yg ada dipikiran gw ‘brapa poin sih yg gak bisa dikejar aguy?’ jg waktu itu sandy tak sepanas yg diharepin. dan kagetnya aguy cuma dimainin bentar bgt. waktu itu gw sih cuma bisa ngmg ‘syukurlah’ :P
    mungkin rasanya sama kaya kehilangan pelatih yg berjasa bgt :D

  6. kak Aguy pahlawan Garuda!!!..

    kl kak aguy pindah pasti sedih bangetlah sebagai fans cmn bisa doakan yg terbaik..

    tapi, masih berharap itu kemungkinan kecil..
    dan kak Aguy tetap di GARUDA!.
    :)

  7. tadi siang waktu tau kabar/rumor tentang kepindahan aguy, jujur aku merasa sedih. meskipun dapat dibilang baru sebagai pengemar garuda sejak IBL, tapi selama itu pula hingga ajang NBL kmren, memang kesempatan bermain aguy kalah dibanding temen2nya. seingatku di ajang ibl sewaktu Garuda tembus final, yang kemudian lawan SM, itu semua tidak lepas dari peran aguy yang mencetak 3 angka berturut-turut sehingga membalikan keadaan di quarter 3 dan 4.

    namun pada akhirnya jika, kepindahan telah menjadi keputusan aguy, mari kita hargai. kemungkinan sebenranya dia juga tidak ingin pergi. namun jika ia terus tidak diberi kesemptan, ia mungkin tidak berkembang lebih baik.,
    terakhir aku berharap semoga di tim barunya nanti,kak aguy bisa lebih baik memaksimalkan kemampuan yang dimilki. :D

  8. Uda ada info Aguy mau pindah kemana ?

    Kalo mau juara, ya bisa ke SM.
    Tapi kalo mau minutes play yang banyak, ya ke team papan tengah aja kayak Stadium, Bima Sakti, dll

  9. Aguy jarang main karena sudah lewat masanya. Daya ledaknya sudah kurang, coba lihat Andy Batam atau Antonius Joko atau bahkan lolik, Mereka masih punya daya ledak yang besar. coba bahas deh veteran-veteran yang masih pny semangat juang tinggi, gw rasa Aguy udah gak masuk kategori itu. :)

  10. Maas.. Aeli gw sedih bgt baca berita ini .. *telatye* . Gw kenal Aguy secara pribadi 7tahun Yang lalu.. Ga gt dkt2 amat , tp secara personal gw tau dia orang yg baik… Dan di lapangan ? Ga ada sdikit pun keragu2an kalo dia emang pemain hebat, malah kadang tanpa sadar hati gw ciut kalo pas Garuda vs CLS dan liat Aguy nembak.. Huaaa … Tutup muka langsung deeeh..takut masuk hehehehehe .. Cuman emang selama dia di GFB kok ya jarang dmainin… Buat gw pribadi sbg Teman . Aguy emg lebih baik pindah kalo dia mau tetep tampil maksimal di NBL 2011-2012, mungkin dengan team yg ga penuh superstar sprti skg :) yg pasti gw kalo jd Coach GFB juga puyeng mo masang pemain yg mana soalnya star smua hahahahahaha .. Sakses trus ya Guy… BFK

  11. Hampir 3 tahun mendampingi cls knights di bench,selalu teringat akan aguy…tidak bisa dipungkiri kalau dia yg sering bikin cls kalah saat melawan garuda pada zaman IBL dulu.. Sempet leading..tiba2 aguy masuk dan garuda dapet momentum dgn 3 point dari aguy. Good luck bro

Tinggalkan Balasan

