10 Pertanyaan Untuk Raja Blok NBL Indonesia 2010-2011, Ngurah Teguh (Citra Satria)

Ngurah siapa? Barangkali, barangkali gak banyak yang mengetahui siapa itu I Gusti Ngurah Teguh Putra Negara. Ia jelas kalah populer dari Denny Sumargo atau I Made Sudiadnyana, atau nama-nama yang berseliweran di klub-klub dengan pemain populer lainnya. Namun jika berbicara penampilan di lapangan, pemain bernomor punggung 16 di Citra Satria ini jelas tidak kalah. Raihannya di atas rata-rata!

Gw sendiri pertama kali mengetahui nama Ngurah Teguh pada bulan September 2008. Kala itu, Satria Muda Jakarta mengambil pemain baru dari Citra Satria Pontianak, Chrismast Bonanza Siregar dengan menukarkan salah seorang pemainnya, Ngurah Teguh untuk diberikan kepada Citra Satria. Tentu saja pemain yang menjadi sorotan adalah Bonanza Siregar karena kesannya saat itu bahwa setiap pemain yang direkrut Satria Muda adalah pemain hebat.

Selanjutnya, gw gak ingat seberapa sering Bonanza bermain di Satria Muda selama IBL musim terakhir. Pun gw gak mendengar lagi nama Ngurah Teguh.

Melewati NBL Indonesia musim perdana (2010-2011), nama Ngurah Teguh mulai nempel di kepala gw seiring dengan penampilannya yang kerap dahsyat bersama Citra Satria. Walau tidak berbanding lurus dengan prestasi Citra Satria selama musim reguler, Ngurah Teguh meraih prestasi individu yang signifikan. Dari tampil sebanyak 25 kali, Ngurah Teguh mencetak total 216 poin (8,64 poin per gim), 22 assist, 25 steal, dan 58 blok (2,32 blok per gim) -raihan terbaik di NBL 2010-2011! Pencapaian Ngurah Teguh lebih baik daripada Bonanza yang bermain sebanyak 27 kali, dengan total 121 poin, 16 assist, 17 steal, dan 1 blok.

Berikut 10 pertanyaan kepada Ngurah Teguh yang dijawab dengan semangat, sesemangat dia waktu ngblok lawan :D

Apa yang kamu pikirkan waktu ditukar oleh Satria Muda ke Citra Satria dengan Bonanza Siregar di tahun 2008?

Kecewa tentunya. Ngerasa tidak dihargai karena belum terlalu diberi kesempatan untuk memberikan yang lebih bagi tim. Tetapi setelah saya pindah ke Citra Satria (CS), dengan banyaknya minute play yang diberikan oleh coach dan kepercayaan, saya bisa menunjukkan bahwa saya bisa memberikan kontribusi bagi tim yang saya bela. Dari minute play yang diberikan tersebut, saya belajar banyak yang akhirnya dapat memberikan saya pengalaman bermain. Sampai sekarang pun saya masih belajar, entah dari teammates, instruksi pelatih atau dari lawan main.

Citra Satria bermain bagus di Preseason lalu, tiba-tiba Fadlan Minallah pindah ke Garuda (yang artinya Citra Satria kehilangan big man), apa yang kamu bayangkan saat itu?

Akan menjadi musim yang berat. Pastinya gak bisa bohong Fadlan sangat memberikan kontribusi. Dengan adanya Fadlan saja, CS itu sebenarnya masih kekurangan big man, apalagi sekarang udah gak ada? Tetapi, basket kan olahraga tim, jadi kehilangan satu pemain akan terasa timpang, tapi itu akan bisa tertutupi dengan team work yang solid.

Selain kurangnya big man, apa yang harus lebih ditingkatkan lagi oleh Citra Satria?

Strategi oleh pelatih. Bisa diliat sendiri lah. Materi kami tidak kalah bagus dengan tim papan tengah lainnya. Hanya saja “mesin” yang mengendalikan terkadang “macet”. (Perlu) Menambah pemain yang berpengalaman untuk mengimbangi pemain muda yang ada di CS, karena CS isinya kebanyakan pemain muda, jadi perlu panutan untuk para pemain mudanya.

Apa kiat-kiat melakukan blok yang bersih tanpa melakukan foul?

Feeling dalam membaca gerakan lawan, tepat waktu membaca gerakan lawan.

Siapa pemain NBL Indonesia yang paling sulit dijaga dan kenapa?

Dimas (Pelita Jaya), Iyus (Aspac) dan Youbel (Satria Muda). Tipikal main Dimas dan Iyus suka lari-lari dan eksplosif, menyulitkan saya karena butuh tenaga ekstra untuk menjaga pemain “tidak bisa diam” seperti mereka. Kalau Youbel, skill-nya luar biasa dan dia tenang dan tidak panikan dalam menghadapi segala situasi game. Salah satu panutan saya di lapangan, di Satria Muda ketika itu, selain Agung Sunarko.

Siapa pemain NBL Indonesia yang paling ingin sering kamu blok, dan kenapa dia?

Denny Sumargo. Karena saya melihat dia sangat bagus di dalam skill offense, saya jadi penasaran ingin”memberhentikan” dia di dalam mencetak angka bagi timnya.

Adakah latihan khusus agar jago nge-blok? Kalau ada, latihannya bagaimana?

Atur timing. Jangan nafsu, jangan terlalu dipikirin. Latihan skipping diperbanyak lagi, untuk ngelatih lompatan dan quickness-nya.

Apa saja target yang ingin diraih selama bermain basket profesional (NBL)?

Target saya sebenarnya ingin menembus skuad Timnas.

Cita-cita setelah gak bermain basket lagi?

Kerja kantoran sesuai dengan latar belakang pendidikan sarjana yang saya ambil, yaitu Hubungan Internasional. Mungkin saya bisa bekerja di PBB atau menjadi PNS. (Amiin :D)

Apa target yang ingin dicapai bersama Citra Satria di musim depan?

Memperbaiki peringkat.

5 pemikiran pada “10 Pertanyaan Untuk Raja Blok NBL Indonesia 2010-2011, Ngurah Teguh (Citra Satria)

Tinggalkan Balasan

