5 Alasan Mengapa Faisal (Satria Muda) Butuh Garasi Baru

Tadinya gw pikir hawa-hawa penobatan pemain terbaik NBL Indonesia musim 2010-2011 baru akan ditiupkan di akhir Seri Jakarta, tetapi ternyata NBL Indonesia sudah menghembuskannya lebih dini. Lebih menghebohkannya lagi, NBL bahkan mengeluarkan 10 kandidat yang kemungkinan besar meraih penghargaan tersebut.

Dari empat seri sebelumnya, NBL mengompilasi statistik semua pemain lalu mengambil yang terbaik. Pemain-pemain dengan statistik terbaik ini kemudian mendapat penilaian penampilan dari pelatih lawan mereka ketika bertanding. Akumulasi dua nilai ini menjadi patokan sementara 10 pemain yang layak memperebutkan gelar pemain paling bernilai di musim reguler NBL 2010-2011 ini.

Ini 10 pemain yang menjadi nominasi peraih pemain paling berharga tersebut: Faisal Julius Achmad (Satria Muda Jakarta), Dian Heryadi (Muba Hangtuah IM Sumatera Selatan), I Made Sudiadnyana (Garuda Bandung), Agustinus Indrajaya (CLS Knights Surabaya), Rony Gunawan (Satria Muda Jakarta), Amin Prihantono (Satria Muda Jakarta), Robert Santo Yunarto (Muba Hangtuah IM Sumatera Selatan), Bima Rizky Ardiansyah (Bimasakti Malang), Merio Ferdiansyah (Stadium Jakarta), Dimaz Muharri (CLS Knights Surabaya).

Ok, cukup berbasa-basi. NBL memberi 10 nominasi, gw ikutan mencalonkan satu kandidat kuat :D Point guard Satria Muda, Faisal J. Achmad! Berikut alasannya, mengapa Faisal butuh tambahan garasi:

1. Kontribusi statistik

Faisal ada di posisi kedua dalam meraih angka bagi Satria Muda dengan total 227. Hanya kalah 26 angka dari Amin Prihantono yang mengemas 253 poin. Tetapi dari segi assist, Faisal menang jauh atas Amin. Amin hanya mencetak 32 assist sementara Faisal 85. Faisal bahkan menjadi pengumpul rata-rata assist terbanyak di liga dengan 4,05 assist per-game. Bukan tidak mungkin, Amin berhasil menyarangkan lebih banyak bola berkat assist dari Faisal.

2. Belum tergantikan

Meskipun memiliki ketajamannya masing-masing, baik Amin maupun Rony Gunawan memiliki substitusi yang kurang lebih berkemampuan setimpal. Namun untuk posisi point guard, hengkangnya Wendha Wijaya ke Garuda, tidak maksimalnya penampilan Agung Sunarko akibat cidera, serta sangat belum matangnya Firdaus membuat Faisal tidak memiliki pengganti yang sepadan.

3. Inti Satria Muda

Tanpa meremehkan pemain-pemain lain, ketidakhadiran Faisal pada laga Satria Muda akan sangat-sangat berpengaruh pada performa tim. Cabut Amin, cabut Rony, atau Dodo Sitepu atau Welly Situmorang, gak akan membuat tim ini berkurang kesangarannya. Demikian pula ketika Youbel Sondakh sempat tidak bermain, gak banyak berpengaruh. Tetapi jika Faisal tidak bermain, Satria Muda seperti bukan Satria Muda.

4. Penyemangat handal bermental keras

Tanyakan para pecinta Garuda Bandung, siapa pemain yang paling mereka benci. Jawabannya pasti Faisal. Faisal adalah satu-satunya pemain yang pernah merasakan cemooh dari ribuan pendukung Garuda di Bandung. Faisal bahkan dikatai “#****g!” Hebatnya, Faisal justru mampu mengkonversi hinaan tersebut seolah menjadi dukungan bagi dirinya. Faisal berulang kali balik membuktikan bahwa ia tak pernah terpengaruh. Tengil dan menyebalkan bagi tim dan pendukung lawan, namun super berharga bagi Satria Muda. Mampukah pemain Satria Muda lainnya melakukan hal yang sama? Gak yakin.

5. 143,3 x 63 x 59 inci

Adalah dimensi mobil yang menjadi hadiah bagi peraih gelar MVP NBL Indonesia 2010-2011. Jika Faisal meraihnya, semoga gak diparkir di pinggir jalan di luar rumah :)

Masih ada satu seri lagi tersisa. Di Jakarta nanti, akan terlihat apakah Faisal memang butuh garasi baru atau malah pemain lain yang akan mendapatkan kunci mobil kecil imut itu. Gw percaya performa Faisal akan stabil jika tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalaupun menurun, gak akan menurun jauh. Tetapi jika performa Faisal meningkat, sedikiiit saja, adalah ancaman besar bagi tim lainnya.

5 pemikiran pada “5 Alasan Mengapa Faisal (Satria Muda) Butuh Garasi Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s