See The Big Picture, Let’s Make Friends (oleh Denny Sumargo)

Tulisan ini ditulis oleh Denny Sumargo menanggapi tulisan dari Richard Insane di posting sebelumnya. Silahkan menilai sendiri dengan obyektif yaa. Dialog untuk kemajuan basket nasional itu penting soalnya, demi kemajuan sama-sama.

———-

See The Big Picture, Don’t See The Small Picture, Let’s Make Friends

Salam dari saya pebasket yang bukan siapa-siapa. Saya datang dengan kerendahan hati saya, bukan untuk merasa diri saya lebih baik daripada orang lain, atau mencari pembenaran, saya hanya mencari pertemanan dalam hidup saya.

Membaca blog yang dimuat di blog Mainbasket, mengenai saya, “Kamu adalah apa yang kamu tweet (di basket)
Saya langsung menelepon Richard Insane dan Mainbasket dengan kerendahan hati yang saya punya, saya bertanya, apa kalian berpikir saya seperti itu? My friend, Richard Insane menjawab “maaf bro, gua hanya care sama lu, makanya gua rasa lu nggak pantas tweet seperti itu?” Saya menjawab “makasih bro, saya juga sayang sama lu, tapi sudahkan kamu bertanya kepada saya maksudnya apa, sebelum kamu me-Retweet atau mem-publish-nya?”

Tweet yang bahkan bukan sebuat retweet itu saya tujukkan kepada Rony dalam sebuah candaan, yang hanya berupa reply, yang dibalas Rony juga dalam bentuk candaan. Itu salah? Yes, kata-katanya salah. Pertama, karena bro Insane me-RT-nya dan secara tidak langsung mengiyakan statemen itu dan diposkan di blog Mainbasket dengan tanpa bertanya pada saya kebenarannya.

Saya mengiyakan kata-kata saya salah, dengan besar hati tolong jangan berpikir bahwa itu benar, tapi saya jadi berpikir, mama saya tidak pernah mengajarkan saya untuk hidup hanya dengan uang. Uang buat saya penting tapi kecintaan saya akan sesuatu di atas segalanya. Pernah ada yang bertanya kepada saya “Den, kenapa lu suka pindah dari satu klub ke klub lain? Padahal kalau dipikir secara penghasilan gua rasa lu bisa mendapat itu lebih baik di satu klub.” Saya menjawab “It’s all not because of the money.”

Tujuan hidup saya bukan itu, saya mencari tantangan, saya hidup hanya sekali, dan saya tidak ingin dikenang seperti keinginan orang lain, saya ingin dikenang seperti bagaimana saya ingin Tuhan menjadikan saya, saya tidak mencari pembenaran di dunia ini saya mencari pertemanan.

Cedera di tubuh saya sudah sangat banyak. Pernahkah saya complain dengan semua itu? Pernahkah saya tidak total dalam setiap misi saya di basket untuk klub saya? Pernakah saya tidak memberikan semua yang ada pada diri saya untuk klub saya? Pikiran, semangat, bahkan semua cedera saya untuk bertarung habis-habisan untuk klub yang saya bela. Saya hidup seperti itu karena saya adalah petarung sejati yang tidak mau complain dengan keadaan. Saya tidak ingin menganggu dan mengomentari hidup orang, karena saya tidak sempurna. Saya berbuat salah, saya hanya manusia yang harus berbakti, saya berfokus hanya pada misi saya, saya harus menginspirasi orang-orang yang mengenal saya dari jalur yang positif, saya sedang dalam perlombaan menjadi yang terpositif dalam jalan saya.

Saya juga punya hati, saya juga punya kesedihan, saya juga percaya kalian semua memiliki itu, hidup saya bukan hanya sebuah omongan, hidup saya adalah sebuah tindakan, pantaskah menghakimi orang lain hanya karena sebuah tweet candaan yang bahkan kamu sendiri tidak mengerti artinya! Sudahkah kamu bertanya sebagai teman?

Pikiran kecil saya yang jahat berkata mungkin saya bisa membalasmu, tapi hati saya berkata, buat apa? Bukan itu tujuan hidupmu, setiap manusia punya kelebihan dan pasti punya kekurangan, kamu mencari pertemanan bukan pembenaran. Sekarang saya sadar kenapa saya suka menertawakan hidup saya karena saya merasa hidup itu harus dilihat dari sisi yang lucu dan menyenangkan.

Lucu karena ini menjadi pembahasan. Saya tersenyum karena begitu banyak yang sayang sama saya, lovers and haters.

Lovers stay with me because I will inspire you to the end of my life. Haters stay with what you believe, but remember be positive and bisa melihat mana prioritas mana bukan dalam hidupmu. Hidup bukan untuk terlihat keren atau hebat karena kata-kata. Hidup untuk pertemanan dan menjadi berkat untuk orang lain:)

Saya percaya setiap orang memiliki hati yang baik dan mereka spesial di Mata Tuhan. Yang membedakan hanya tujuannya dan caranya. Jangan mencari keuntungan dari kelemahan seseorang, tetapi berlombalah untuk menjadi yang terpositif. Jangan sia-siakan hidupmu untuk keburukan karena hidupmu hanya sekali dan buatlah sebaik mungkin untuk orang-orang yang kamu sayangi dengan kerendahan hati.

Salam sayang saya untuk semua pecinta basket *HUGS Insane and Mainbasket.

Jangan berpikir saya akan menjahati kalian, saya akan selalu melihat sisi positif hidup kalian yang akan saya contoh.

Salam Hormat saya. Denny Sumargo, hidup untuk sebuah pelayanan dan pembelajaran.

14 pemikiran pada “See The Big Picture, Let’s Make Friends (oleh Denny Sumargo)

  1. Thumbs up bro denny ! There’s nothing left to say, just thumbs up ! You’re such an inspiration, may The GoodLord always bless and keep you

  2. ternyata bkn hanya “mulutmu harimau mu” tapi jg “jempol mu harimau mu” . seorang densu yg biasa ngetweet kata” bijak lsng brubah image’y dmata beberapa orang tidak mengerti dy dng benar , hanya karna 1 tweet (reply) ..

    1. gue setuju, karna setiap melangkah kaki bergerak tangan mengayun tubuh berpindah, dan semua itu dapat terlaksana jika memiliki kesiapan dieri

  3. saya dapat melihat kerja keras kakak setiap tanding basket. saya yakin kakak menganggap basket bukan sekedar profesi, tetapi bagian dari hidup dan hati kakak. Tetap semangat kak Denny :) i like ur style

  4. Ada pribahasa “nila setitik,rusak susu sebelanga” kebaikan 1000 bisa tercoreng karena 1 kesalahan. Tp manusia memang ladang salah ko.. Ini jd pelajaran aja. Lebih hati2 kalo ngetweet. Followers ko den,ga 1 2 loh. Ribuan. Jd ada yg pro-kontra itu mah biasa

  5. We know you were just kidding with the reply, but everyone following you were able to read it, so it was not the matter of Nsane RT-ing it. Walau cuma bercanda, apa yg dibaca tetaplah tidak benar, and I’m glad you admit it was wrong because every word you say, pasti punya pengaruh. I’m not a hater, I’m one of your fans, heck, I have a cat named ‘Densu’ :) *sorry*
    But I have to agree that “what you say/tweet/do is what you are”, because that’s what it is.

  6. semakin banyak follower kita, atau selebritis dan orang terkenal
    semakin banyak beritanya terekspose
    dan menjadi bahan tiruan yang mem follownya

    soal sudut pandang orang memang berbeda-beda
    dan harusnya tau itu, jadi tidak semua satu pikiran dengan kamu (densu)
    be wise, kamu tipe orang serius
    beda dengan @radityadika atau @butet… yang memang suka becanda

  7. Ko…semangat Biarin aja org mau bilang apa….masalah sudut pandang juga setiap org berbeda…semua org berhak bicara….

    Tapi jika sudah banyak org yg tak percaya dengan apa yg Koko Bilang….Hmmmm
    Biarkan saja, kita semua berharga di hadapan Tuhan, dan DIA lebih tau kita dibanding semua org yg mencerca kita…..
    Mungkin memang diam itu lebih baik, rendahkan diri serendah2nya biarkan waktu yang akhirnya akan membuktikan….
    Tuhan kasih kita 2 telingan dan 1 mulut untuk lebih banyak mendengar….

    Yang belom pernah melakukan kesalahan ya biar mereka bicara semau mereka toh siapapun manusia tak ada yg belom pernah melakukan salah….

    Semangat Semangat……

  8. Koko Semangat
    Kalau semua org tetep beranggapan ko Den salah…biarin aja…
    Yang tau kita lebih dari siapapun adl TUHAN……
    ga ada gunanya nama besar di Bumi klo akhirnya Kebinasaan Kekal yang kita huni….

    Semangat Semangat…….
    Terserah org mau bilang apa yg pasti semua org Berharga di mataNYA…..
    biarakn mereka menilai semau mereka menilai…….
    Waktu yg akan membuktikan semuanya….

    Tuhan tak pernah janjikan berjalan bersamaNYA jalan kita tak ada batu dan kerikit yang DIA janjikan tak akan pernah sekalipun DIA lepaskan tanganNYA atas kita…

    Semangattttttttttttttttttttttttttt
    JBU

  9. saya tau densu,saya tau sejarahnya dia mainbasket,saya baca bukunya, dan saya terinspirasi olehnya..
    saya yakin dia mainbasket bukan hanya untuk iseng atau kekayaan semata,
    ia pernah cedera berat beberapa tahun lalu, sempat putus asa untuk kembali bermain basket, namun setelah menjalani operasinya di luar negeri ia kembali lagi bermain di garuda flexi hingga sekarang..
    GO DENSU !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s