Kamu Adalah Apa yang Kamu Tweet (di Basket)

Tulisan ini adalah kiriman dari kak Richard Insane. Ada sedikit kontroversi di dalamnya. Perdebatan berlanjut di twitter setelahnya. Tapi hanya sebentar. Ada kritisi, ada pembelaan di twitter. Dialog yang terbangun sangat menyenangkan dan mendidik :)
——

Twitter, merupakan social media yg saat ini sedang berada di level teratas obrolan semua level (terutama anak basket) di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya saat ini. Gue gak mau bahas sejarah twitter. Gw cuma mau menegaskan bahwa seandainya media twitter digunakan dengan baik dan benar, seseorang bisa dengan mudah mendapatkan/memberikan info kepada khalayak banyak (followers) dalam hanya sebuah tweet (pesan). So, intinya gue dan kebanyakan teman-teman basket dapat dengan mudah mengetahui semua kegiatan dan karakter semua atlet-atlet basket dunia dan dalam negeri melalui tweet-tweet-nya. Jadi jangan salah kalau akhirnya ada istilah, “you are what you tweet!” Karena hampir sebagian besar tweet (ucapan) yg “terucap” di twitter anda adalah murni dari hati dan pemikiran Anda.

Nah, menyambung dan menanggapi hal itu, pagi ini saya cukup terusik dengan tweet Denny Sumargo (salah satu pemain Tim Garuda Bandung) kepada Rony Gunawan (pemain Satria Muda Jakarta), –> “RT @SumargoDenny: @rogun32 kalah ngak apa cong, yg penting digaji,” Densu nge’tweet seperti ini karena awalnya si Ronny Gunawan nge’tweet ini –> “RT @rogun32: Sorry guys we lost.. we still hv 2 more games. Keep n stay focus for that.

“Koq lu jadi ribet ‘sane? Koq loe yg kebakaran jenggot ‘sane? Kan bkn urusan loe juga? Iya, memang bukan urusan gue! Gue streetball kalii. Tapi biar bagaimana saya ingin basket kita maju dan hal ini kalau dibiarkkan bisa merusak dan menghambat kemajuan bola basket tanah air. Tidak ada keperdulian dan rasa memiliki!

So, Intinya, Kenapa saya terusik? Mereka (para pemain NBL, pujaan banyak orang, panutan anak-anak basket di Indonesia dan sorotan publik serta konsumsi media) dibayar (baca: digaji) oleh tim mereka bukan untuk kalah kan? Tapi karena mereka (tim) percaya kalau mereka (para pemain) dapat memberikan kontribusi yang baik untuk tim yg ujung-ujungnya everybody happy. Nah, klo tweet seorang Denny Sumargo seperti itu dan 24 ribu followersnya baca, hmmm, sungguh sangat disayangkan! Seorang Densu, yang notabene ikon NBL Indonesia, publik figur yang sering nge’tweet motivasi dan kata-kata bijak di twitter ternyata tidak lebih dari seorang “Ababil” (baca: Anak Basket Labil!) Sori man! Gue harus akui, tweet loe Salah Besar Man! Becanda? Tp ngk pada tempatnya masbro .. Yo Densu .. Pertanyaan gue: Bagaimana Garuda mau menang?!! Kalau pemikiran lu “gak apa-apa kalah, yg penting digaji?!” Kecewa gue sob!! *garuk aspal* *pukul bantal*!!

13 pemikiran pada “Kamu Adalah Apa yang Kamu Tweet (di Basket)

  1. maaf bgt sblm’n..apa ga trll brlbihn ya mnganggap tweet densu dg kseriusn itu?mnurut saya itu bcanda yg wajar,,trlepas dr mnang taw klah toh qta smua tau densu sll mlakukn yg trbaik tuk timnya dstiap prtndingn..saya rasa followers densu cukup pinter ya tuk bdain ssuatu yg srius taw bcandaan.

  2. Gua yakin kita semua tau kalo Densu cuma bcanda,, dan memang harusnya becanda pun seorang Densu harus mikir dulu.. Becanda nya memang “fatal”
    Tp sudahlah ngapain sih dibesar2kan?? Sampe jd topik blog kaya gini??
    Kayanya kita smua udah pinter deh,, bisa mikir kalo sesuatu itu becanda ataw serius

    1. Tidak semuanya mengerti kalau itu hanya bercanda, liat aja komen di atas2. Dan ini memang masalah besar karena bang Densu punya pengaruh ke follower2nya.
      But the case is already closed, Nsane, Mainbasket, and Densu agreed that it was wrong and Densu always played with his heart as we all witness in every each of his game :)

  3. Like this….cuma sudah konfirmasi belom bro ma yg nulis???
    Jangan langsung mengahakimi org kaya gtu dunk….
    nilai org itu jangan cuma saat dia nulis seperti itu tapi bagaimana kehidupan dia yg bisa kita liat selama ini….

    saya himbau jangan menghakimi org jika kita juga masih berbuat salah…..
    Saya memang bukan siapa-siapa disini tapi saya hanya mencoba melihat dari mata saya…..kalau seperti ini bung Richard anda secara tidak langsung juga sudah menjadi KomPor untryk org lain untuk melihan Ko Denny sepeerti apa yg anda Lihat kan??

    Tuhan Memberkati…..

    1. Ngikutin twitter ga waktu Nsane n Densu ngobrol soal ini?
      Waktu itu bukan masalah nyata tidaknya pernyataan ini, tapi masalah tweet seperti itu sebaiknya tidak dilontarkan oleh seorang Densu walau cuma bercanda. Iya kalau followernya beliau mengerti, kalau nggak kan berbahaya. Jadi pokok persoalannya adalah Densu adalah seorang public figure, seorang teladan bagi follower2nya.
      Kita semua tahu Densu tidak seperti itu, ga mungkin jadi juara bolak balik, jadi mvp dengan etos kerja yang cuma karena uang. Kita semua tahu, tapi ya itu, kecelakaan aja beliau dengan tweetnya itu :)

Tinggalkan Balasan

