Temui Lawan Tak Terduga di Lapangan, Intimidasi Penonton!

Ketika persiapan melawan seteru berat semua sudah disiapkan dengan berbagai macam strategi, drill, dan latihan, ada satu lawan yang entah bagaimana cara mengatasinya. Yes, intimidasi penonton alias fans lawan! Malam ini gw menyaksikan bagaimana sebuah tim hebat dan kuat CLS Knights malah buyar karena kekalahan melawan intimidasi penonton pendukung Pelita Jaya.

Ketika para pemain CLS Knights melakukan tembakan bebas, kerasa banget kalau mereka sedang melawan sesuatu. Yup, melawan riuhnya gangguan dan intimidasi dari pendukung Pelita Jaya. Hasilnya, beberapa kali pemain CLS Knights gagal mengeksekusi dua kali tembakan gratis yang mereka dapatkan. Total, CLS Knights hanya memasukan 18 dari 32 free throw yang didapatkan. Hal ini jarang terjadi.

Intimidasi penonton ini tak hanya mengakibatkan buruknya persentase free throw CLS Knights saja. Mereka juga kerap tergopoh-gopoh terburu-buru sehingga kerap melakukan kesalahan tidak perlu alias turn over. Jadi pertanyaannya, bagaimana cara melawan intimidasi penonton? Beberapa pemain kerap kalah karena ini, beberapa lagi justru berhasil membalikan intimidasi menjadi dukungan tak langsung. Ada cara melatihnya? Ntar kalau ketemu gw bahas. Selama belum ketemu jawabannya, silahkan cari sendiri :D

13 pemikiran pada “Temui Lawan Tak Terduga di Lapangan, Intimidasi Penonton!

  1. hmm..
    jd ingt play off di bdg
    sm vs gfb 2009..
    salah satuny mungkin:
    kak isal vs garudalovers :D
    bgs..malah +bgs aj th mainny..hehee
    *mental ny jg kli yaaa :D

  2. Selain pemain CLS harus latian, kita fansnya rasa2nya harus latian lebih militan biar bisa kayak teman2 di Bandung. :D
    Surabaya and Porong Sidoarjo will be glad to welcome Pelita Jaya Esia at the champioship series

  3. mas idan sebagai pengamat basket seharusnya melihat statistik free throw cls selama season 215 / 374 = 57% tadi lawan pje 18/32 = 56% apa intimidasi penonton yang disalahkan atau memang statistik berbicara?

  4. ini menandakan mental bertanding mereka masih blm kuat kang..
    sama halnya dengan garuda yg mentalnya seperti terbebani klo maen d bdg..

  5. @boy, 56-57% mah jelek atuh.. Apa yang bisa diharapkan dengan persentase segitu? Kalau kesempatannya sedikit, katakanlah hanya dua atau tiga kali, 50% masih mending. Tapi kalau sudah puluhan, itu artinya CLS Knights membuang banyak sekali poin percuma. Imi terjadi karena memang mereka berada di bawah tekanan..

    1. iya maksudnya sesuai @andre bilang mas idan, 57% ft attempt itu rata rata setelah 21 pertandingan bukan 1 game lawan pelita, cls ft attempt di posisi buntut setelah angsapura dan citra satria mas kalau mau di cek ada kok di website nbl :) jadi itu lumrah kok buat cls

  6. Maksudnya boy itu ya, nggak heran kalau di game itu 56%. Karena season averagenya aja 57%. Jadi sebetulnya performance hari itu udah sesuai performance rata2 selama season. Lain cerita kalau season avg misalnya 80% tiba2 di game ini jadi 56%.

  7. emang salah yah kalau ada supporter yang memang membela salah satu team, secara mereka memang karyawan esia dan bakrie kalila yang memang mau menonton dan mendukung teamnya. Seperti di bandung, rata2 seluruh penonton pasti membela garuda, karena memang garuda berasal dari bandung.
    saya menjamin selama ini tidak pernah ada supporter bayaran yang seperti ditulis oleh beberapa pihak.
    kalau gak ada yang nonton, pasti sepi, apalagi kalau gak ada yang mendukung team, siapa yang akan nonton???? hehehehehe…..

  8. kang idan pje menang lawan clsk karna hari itu pje lebih bagus mainnya. waktu di solo clsk menang lawan pje karna clsk lbh bagus mainnya bukan gara gara non teknis toch di surabaya pertama juga pje menang ditonton ribuan orang supporter clsk

  9. Sebenernya sih gak bisa salahin penontonnya yah, selain emang bener seasonnya cls cmn 58 %, timnya CLS sendiri saat melawan PJE hanya mampu memasukka 14 dari 65 percobaan tembakan mereka, nah mustinya CLS nyalahin pemainnya sendiri dan bukan karena terintimidasi pemain, mereka aja lay up gak masuk gitu beberapa kalii :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s