Garuda vs Pelita Jaya, 0-3!

Garuda yang kerap mengalahkan Pelita Jaya selama era IBL harus menerima kenyataan pahit dihajar tiga kali pada musim reguler NBL 2010-2011 ini. Pada pertemuan pertama di Surabaya, Garuda kalah 68-57. Pertemuan kedua di Bandung berlangsung alot. Setelah berhasil memaksakan babak over time dua kali, Pelita Jaya berhasil menang dengan skor 78-74. Game ketiga malam ini adalah penampilan terburuk Garuda bagi gw. Garuda gak mampu melampaui raihan angka Pelita Jaya dalam sebuah permainan yang selalu kedodoran dan akhirnya kalah dengan skor 68-63.

Pertahanan Krupuk yang Tak Berubah

Garuda selalu memiliki pertahanan yang lembek. Keropos. Salah satu momen paling menyeramkan pada saat Garuda bertahan melawan Pelita Jaya tadi adalah ketika lima pemain Garuda merapat di area kunci sementara empat penembak jitu Pelita Jaya berada di luar garis three point! Garuda seolah membuka diri untuk menerima bogem mentah para pemain Pelita Jaya. Rusta, Kelly, Ary Chandra, dan Dimas melesakan tembakan dengan leluasa!

Serangan yang Mudah Terbaca

Ketika coach Ahang memasukan Denny Sumargo, kita tahu bahwa Denny akan menjadi andalan saat menyerang. Demikian pula ketika memasukan Aguy, sudah hampir pasti bahwa Aguy di arahkan untuk mengambil tembakan. Akibatnya, pemain Garuda terlihat fokus untuk mengarahkan bola kepada Aguy atau Denny sementara Pelita Jaya tentu saja berusaha mati-matian menghentikan dua pemain tersebut.

Hemat gw, Garuda kurang memaksimalkan Hendru atau Indra yang justru tak kalah mematikannya. Jadikan para pemain yang biasanya sering diasumsikan sebagai penyerang menjadi pengalih perhatian saja. Maksimalkan pemain lain. Kalau Garuda ingat, inilah strategi Satria Muda ketika memukul Garuda di pertemuan pertama. Satria Muda memaksakan over time lewat tembakan tiga angkanya Dodo! (Dodo nembak three point???) Demikian pula saat Aspac memaksa Garuda bermain over time. Pemain yang menembak three point adalah Vinton! Satria Muda menjadikan Faisal dan Amin sebagai decoy. Demikian pula Aspac mengatur Xaverius dan shootersnya yang lain sebagai decoy juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s