Masihkah Akan Ada yang Pakai Gelang Berkhasiat di NBL Seri 4 Bali? :P

Hampir dua tahun lalu, ketika seorang teman memberikan dengan cuma-cuma gelang Power Balance yang seharga tiga ratus ribuan kepada gw, gw gak banyak komentar. Gw menulis tentang gelang tersebut dengan sedikit tanda tanya tentang khasiat yang teman gw ceritakan. Sehebat itukah? Bagi yang belum membaca tulisan gw dua tahun yang lalu, silahkan membaca kembali: “Gelang-gelang Dalam Hidup Gw (Gelang Power Balance)” *tulisan tersebut bahkan kerap muncul di halaman pertama google ketika orang mencari kata kunci “power balance”. Cobain deh…

Awal November 2010 lalu, gw mulai bertanya-tanya lewat tulisan “Mikir Dikit Tentang Khasiat Gelang Power Balance :P“. Saat itu tentu saja hampir semua pemain NBL Indonesia memakai gelang tersebut untuk menolong penampilan agar tampil lebih jago. CLS Knights Surabaya bahkan disponsori oleh Power Balance (lihat logonya pada celana CLS Knights). Kalaupun efeknya ada, pastilah efek placebo, efek yang secara sainspun sulit dibuktikan, pikir gw saat itu.

Hari ini, situs teknologi Gizmodo.com memuat sebuah berita keren “Power Balance Admits Their Wristband Are A Scam“. Artikel tersebut bahkan memuat pernyataan dari Power Balance bahwa gelang mereka memang tipu-tipu dan bersedia mengembalikan uang penuh yang dikeluarkan pembeli gelang tersebut.

In our advertising we stated that Power Balance wristbands improved your strength, balance and flexibility.

We admit that there is no credible scientific evidence that supports our claims and therefore we engaged in misleading conduct in breach of s52 of the Trade Practices Act 1974.

If you feel you have been misled by our promotions, we wish to unreservedly apologise and offer a full refund.

To obtain a refund please visit our website http://www.powerbalance.com.au or contact us toll-free on 1800 733 436

This offer will be available until 30th June 2011. To be eligible for a refund, together with return postage, you will need to return a genuine Power Balance product along with proof of purchase (including credit card records, store barcodes and receipts) from an authorised reseller in Australia.

This Corrective Notice has been paid for by Power Balance Australia Pty Ltd and placed pursuant to an undertaking to the Australian Competition and Consumer Commission given under section 87B of the Trade Practices Act, 1974.”

Pertanyaannya adalah, masihkah ada pemain NBL Indonesia yang akan mengenakan ajimat Power Balance di Seri Bali nanti ketika sebelumnya hampir semua pemain rasanya tak afdol jika tak memakai gelang tersebut? :P Mari kita lihat di Bali! :D

7 pemikiran pada “Masihkah Akan Ada yang Pakai Gelang Berkhasiat di NBL Seri 4 Bali? :P

  1. bro Idan, yg terpikir oleh saya saat ini adalah “berapa banyak orang yg hendak menukarkan ato melakukan refund terhadap uang yg telah para pembeli keluarkan untuk membeli PB tsb??” saya ga berani menyebut angka persentase, cuma saya cukup yakin klo tidak banyak yg hendak melakukan hal refund tsb walopun pihak PB memberikan full refund (apalg klo refund nya mesti ke Australia segala, setelah saya liat alamat website diatas yg anda tulis belakangnya “.com.au”) di Indonesia, pihak PB blom memberikan statement apapun terhadap pers sepertinya setau saya. heheheh…

    setidaknya mereka bisa mendapat keuntungan yg tidak sedikit ya dr aksi scam (baca:penipuan) mereka tsb. hanya saja, itu kan di negara Australia yg dimana biasanya orang bule lebih sensitif terhadap isu2 seperti ini n mereka rela berbuat apa saja (kadang2) demi mendapatkan uang mereka kembali dan sekaligus mempermalukan pihak PB. ada faktor lain juga, di Australia mungkin mereka membeli PB yg original sehingga bisa di refund. bagaimana dgn negara tercinta kita Indonesia?? eta PB kw2-an anu hargana 10-15rebu oge loba dijualan sisi jalan pan. hahahahaha…

    saya setuju dgn bung Hay yg bilang klo sekarang PB fungsinya bergeser jd aksesoris :) bagaimanapun, pihak PB harus konsekuen dengan tetap mendukung CLS Knights sesuai kontrak yg telah berjalan sampai kontrak mereka habis yg 1 taon itu :P

    salam basket!
    NB: berharap ketemu bro Idan di seri Jkt bulan depan. ada banyak yg pengen saya mo tanyain n obrolin :)

    1. Saya berpendapat, tanpa didukung data2 yg benar adanya (cuma berdasar pengamatan sehari-hari hehehe), kebanyakan orang Indonesia memakai PB bukan karena khasiatnya. Tapi karena gengsi dan gaya (karena MAHAL->ini yg utama, atlit2 banyak yg pake, dan keliatan sporty). Memang ada bebrapa yang memakai karena meyakini khasiatnya, temen saya udah kayak tukang jual obat pinggir jalan kalo newari kie saya :D
      Kalo mereka semua membeli PB karena “khasiatnya”, harusnya gelang2, kalung2 magnet, infra red blablabla itu harusnya booming juga. Jadi ketika PB ternyata scam, yang jatuh adalah gengsinya di mata mereka, khasiatnya sih ga masalah. Toh yang dipake KWnya juga :D

  2. bro idan, yg saya tau memang PB jadi fenomena bbrp taun terakhir.
    mungkin mnrt saya masih ada yg pake sampe detik inipun.
    masalah nya ini bukan meningkatkan performance, tapi accessories aja lahh bisa dianggap begitu.

    + khasiat ada juga kerasa.
    ga mungkin ga kerasa tapi banyak atlit kita yg pakai. meskipun di endorse, apakah semua dari mereka ketipu abis-abisan?
    ga toohh?

    salam olahraga

    bachtiar

Tinggalkan Balasan

