Play Off NBL yang Menyeramkan!

Jika basket nasional masih dalam era Indonesian Basketball League (IBL), saat ini tentunya sudah mulai memasuki babak play off mencari sang juara. IBL mempertemukan tim-tim sebanyak dua kali. Empat tim terbaik menuju play off lalu kemudian di final ada pertandingan best of five alias siapa yang menang tiga kali, dia yang juara.

National Basketball League (NBL) Indonesia menambah porsi pertemuan setiap tim menjadi tiga kali. NBL telah melalui tiga seri dan masih menyisakan dua seri lagi (Bali dan Jakarta). Lalu kemudian seri championship. Seri championship atau play off mempertemukan delapan tim teratas dalam klasemen terakhir. Artinya, hanya dua tim saja yang tidak ikutan play off. Mengerikannya, play off delapan besar hingga perebutan juara satu hanya melewati satu laga!

Kalah keluar!

Pada tanggal 7 Maret nanti, peringkat 1 klasemen akan bertemu dengan peringkat 8. Pemenang pertandingan tersebut di semifinal akan bertemu pemenang dari laga peringkat 4 melawan peringkat 5. Pada sisi yang lain, peringkat 2 akan menghadapi peringkat 7, dan pemenangnya bersiap menunggu pemenang antara peringkat 3 melawan peringkat 6.

Jika kita asumsikan dengan peringkat klasemen sementara sekarang (akhir Seri 3 Solo), maka berikut susunan play off-nya

Satria Muda vs Bimasakti

Aspac vs Garuda

Pelita Jaya vs Muba Hangtuah

CLS Knights vs Stadium

Sekali lagi, kalah keluar!

Pilih-pilah lawan di play off

Kabarnya ada tim yang mencoba menskenariokan posisi akhir klasemen agar perjalanannya mulus hingga final. Mengejar posisi klasemen akhir adalah sesuatu yang sangat masuk akal dengan cara mengatur kemenangan dan kekalahan atas tim tertentu. Laga-laga di seri penyisihan menjadi tolak ukur, mana tim yang “mudah” dan mana yang “sulit”.

Mengejar posisi akhir klasemen barangkali bisa dilakukan oleh tiga tim dengan posisi di tengah. Namun untuk lima di bawahnya, sekadar masuk play off saja sudah merupakan pencapaian yang luar biasa. Lima tim terbawah ini tak akan mempedulikan siapapun lawannya karena mereka akan berjuang mati-matian. Sementara, setidaknya dua tim dengan posisi teratas juga rasanya tak akan pilih-pilah lawan mengingat mereka setidaknya melewati seri penyisihan dengan hasil yang cukup baik dengan tampil lebih dominan walaupun pernah kalah juga dalam jumlah sedikit.

Pilih-pilah lawan yang akan dihadapi pada saat play off adalah strategi cerdas bila berjalan dengan mulus. Mengingat saat ini setiap tim pernah dikalahkan oleh tim lain dan memiliki peak performance-nya masing-masing. Tidak mudah untuk membentuk sebuah tim yang selalu tampil hebat dan menggila. Dibutuhkan kecakapan dari pemain, pelatih dan ofisial tim untuk mengeluarkan kemampuan maksimal tim tepat saat benar-benar dibutuhkan. Bermain hebat luar biasa pada saat melawan tim yang performanya jauh di bawah tim tersebut adalah sebuah kerugian. Bermain hebat luar biasa harus muncul saat melawan tim-tim berat!

Tetapi bukan gak mungkin juga bahwa setiap tim bertanding untuk menang tanpa memikirkan strategi memilih lawan. Secara kalah itu tidak enak, walaupun disengaja :)

4 pemikiran pada “Play Off NBL yang Menyeramkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s