Tim SMA Indonesia (DBL) Menang atas Malaysia dan Singapura!

Tim putra dan putri Development Basketball League (DBL) Indonesia Selection 2010 tampil hebat di Malaysia. Dalam pertandingan perdana Malaysia International High School Basketball Championship kemarin (29/12), mereka berhasil mengalahkan lawan-lawannya di Port Dickson Indoor Basketball Court.

Tim putra mengalahkan Malay College Kuala Kangsar Malaysia 94-46. Sedangkan tim putri menekuk Woodgrove Secondary School Singapura juga dengan skor telak 85-23.

Kemenangan telak itu terbilang luar biasa. Sebab, menjelang pertandingan tersebut, kondisi DBL Selection jauh dari kata ideal. Kondisi stamina mereka dipastikan tidak seratus persen karena baru tiba di Port Dickson dini hari waktu setempat. Sebelumnya, mereka menempuh perjalanan udara selama dua jam dari Surabaya menuju Kuala Lumpur. Dilanjutkan perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kuala Lumpur ke Port Dickson.

Hanya tidur sejenak, pagi hari mereka sudah harus menjalani sesi latihan. Kemarin sore mereka langsung bertanding dengan lawan kuat, Malay College yang dikenal sebagai sekolah basket. Sedangkan Woodgroove diperkuat dua pemain nasional junior Singapura, yaitu Tok Hui Min dan Llina Gan. Mental baja DBL Selection membuat rasa lelah tidak mengganggu penampilan.

Sejak awal kuarter pertama, Gunawan dkk langsung tancap gas. Kecepatan, akurasi tembakan, dan semangat juang yang diperagakan tim putra DBL Selection membuat lawan pontang-panting.

Padahal, tiga pemain mantan DBL Indonesia All-Star 2010 yang menjadi starter tidak fit. Gunawan menderita cedera lutut ringan. Sementara itu, Leonardho Ozzie dan Handri Satrya mengalami masalah pada engkel.

Walaupun begitu, DBL Selection selalu berhasil menjaga jarak perolehan poin. Pada akhir kuarter ketiga, DBL Selection unggul sampai 43 angka. Keunggulan poin tersebut bisa diperlebar dan dipertahankan sampai pertandingan usai dengan margin lebih jauh, 48 poin.

Gunawan yang berposisi sebagai forward menjadi bintang dalam laga itu. Dia membukukan double-double dengan 18 poin dan 10 rebound. ”Kerja sama tim sudah sangat padu. Spirit kawan-kawan untuk bisa menang sangat terasa dalam pertandingan ini. Kami sudah satu tim,” kata Gunawan.

Pelatih DBL Selection Hidayat Natasasmita mengatakan sangat puas dengan penampilan anak asuhannya. Dia menyatakan, kunci kemenangan itu adalah para pemain tampil lepas.

Hidayat mengakui, pada awal kuarter pertama pemain terlihat tegang. Namun, lambat laun mereka bisa membaca permainan dan bisa unggul jauh. ”Tenaga dan daya gedor anak-anak luar biasa. Ini modal berharga untuk menghadapi pertandingan selanjutnya,” tandas Hidayat.

Di sisi lain, pelatih Malay College Liew Yong Choon menyatakan bahwa timnya kalah kelas. Bagi dia, permainan DBL Selection berada jauh di atas timnya. ”Terlihat sekali bahwa DBL memiliki pengalaman dan jam terbang sangat baik,” ujar Liew.

”Mereka bisa beradaptasi dengan sangat bagus dalam pertandingan ini. Size mereka besar dan punya kekuatan. Semoga saja DBL memeroleh hasil terbaik dalam turnamen ini,” tambah dia.

Dari pertandingan tim putri, DBL Selection begitu bangga bisa merebut kemenangan kemarin. Coach manager Andrew Lim memuji permainan anak buahnya yang luar biasa. ”Mereka termotivasi karena tim putra juga menang. Yang pasti, team work anak-anak sangat bagus,” tuturnya.

”Saya tahu bahwa dua pemain nasional mereka berbahaya. Untung, kami bisa mematikan mereka,” tambah dia.

Pelatih Woodgroove Steven Ang mengakui kekalahan timnya. ”Semoga kami bisa belajar banyak dan memainkan bakset dengan lebih baik lagi. Selamat bagi DBL. Peluang mereka sekarang besar,” tuturnya. (nur/c8/ang/DBL Indonesia)

2 pemikiran pada “Tim SMA Indonesia (DBL) Menang atas Malaysia dan Singapura!

  1. Kemarin yg putra menang tipis lewat Overtime 66-61 melawan putra Woodgrove s’pore, putrinya menang telak melawan putri sekolah seri kuala langsar 78-41..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s