Panggung yang Menyeramkan!

Mengapa menyaksikan pertandingan olah raga bisa sangat digemari? Umumnya kita sependapat oleh karena hasilnya yang seringkali tak bisa ditebak. Secara, kita manusia gemar hal-hal yang berbau misterius. Namun bagi gw, ekstasi menyaksikan pertandingan olah raga bukan hanya karena hasilnya yang kerap tak bisa ditebak, tetapi juga hasil akhirnya kadang kala memberikan kesan yang mendalam. Bahkan tak jarang terlalu dalam!

Setelah selesai menyaksikan sebuah film bioskop dalam sebuah akhir cerita yang ekstrim bagus, misalnya happy ending atau sad ending, gw atau mungkin orang lain akan takjub terpukau mengagumi bagaimana cerita film tersebut atau efek-efek sinemanya mampu menggiring kita ke alam sadar kegembiraan dan atau kesedihan. “Aktingnya keren banget! Ceritanya luar biasa! Teknologi efeknya super canggih,” dan lain-lain.. Setelah itu gw melanjutkan dengan aktifitas lainnya. Kekaguman atas film yang gw tonton tentu saja masih sedikit membayangi di dalam otak.

Final sepak bola liga champions eropa 1999 antara Manchester United melawan Bayern Munchen adalah salah satu pertandingan olah raga paling berkesan dalam hidup gw. “Drama” tersebut memberikan efek sangat luar biasa. Pertama-tama, gw tak henti tertawa sampai satu minggu lebih! Seriusan. Tentu saja karena gw pendukung tim Inggris itu. Setelah itu, gw sangat percaya bahwa tak ada yang tak mungkin! Ia menyentuh pandangan hidup gw.

Tetapi sebelumnya, kesedihan kerap melanda ketika Manchester United kalah di liga champions. Saat itu ada sebuah anggapan seolah tim red devils itu gak akan mungkin mencapai final. Palingan mentok di semi final atau putaran sebelumnya. Anggapan itu sudah membuat ketegangan tersendiri bahkan sebelum setiap drama pertarungan dimulai! Kekalahan Manchester United sebelum tahun 1999 itu acap menarik gw dalam kesedihan.

Terlampau dalam

Dampak yang sangat dalam dari menggemari pertandingan olah raga adalah munculnya rasa cinta yang hebat pada tim kesayangan dan juga kebencian yang sangat kepada tim lawan beserta pendukungnya. Terkadang gw merasa lucu ada sebagian orang yang mengatakan “it’s just a game..” tetapi di sudut lain ada yang berpandangan “it’s more than a religion..”

Seorang teman yang lain bercerita bagaimana ia merasa cukup ketakutan ketika menyaksikan sebuah pertandingan sepak bola di kandang lawan padahal ia adalah orang yang gw pikir cukup aneh kalau ketakutan. Hobinya berantem! Ketakutan teman gw itu wajar menurut gw, karena dampak menyaksikan pertandingan tersebut bukan tidak mungkin akan merenggut nyawanya. Hal yang sudah biasa di Amerika Latin atau Eropa. Ketakutan yang melebihi efek film horor.

Yes, ada yang membatalkan pernikahan karena tanggal pernikahannya bentrok dengan pertandingan tim favoritnya. Agak tolol sebenarnya, mengapa gak diatur jauh hari :P

Pasti sudah tahu banyak lah tentang fanatisme penggemar yang tinggi ini. Dalam dunia basket pun ada walau rasanya belum seheboh dunia sepak bola. Perasaan sedih kerap menghampiri gw ketika Garuda kalah dan gembira ketika tim ini menang. Rasa sedih dan gembiranya tentu sangat berbeda dengan sedih-gembira hasil menonton film bioskop paling bagus di dunia.

Sok bijaksana

Gw gak mau sok bijaksana dengan mengatakan “gak perlu segitunyalaahhh dalam mencintai sebuah tim olah raga..” Karena dampak itu menurut gw memang gak bisa dihindari. Gw malah beneran kasihan pada mereka yang menertawakan orang-orang yang menganggap fanatisme berlebihan itu menggelikan. Orang yang menyatakan “bola satu diperebutkan banyak orang..” jelas adalah orang yang gak paham nikmatnya memperebutkan bola tersebut.

Mau bilang “hati-hatilah ketika mulai menyukai tim olah raga..” pun juga gw ogah. Rasanya beneran sok bijaksana. Hanya ingin mengatakan, lapangan sepak bola, lapangan basket, lapangan bulu tangkis itu menyeramkan. Panggung di mana drama dengan hasil tak tertebak kerap terjadi. Panggung tempat darah dan air mata nyata bercucuran. Panggung yang sedikit menghibur namun banyak mempengaruhi kehidupan. Panggung yang mampu mempengaruhi psikologis penontonnya dengan dampak yang cukup permanen. Panggung yang bukan hanya menampilkan usaha keras para “aktor/aktris” yang berlaga di dalamnya, tetapi juga berpotensi menyulut peperangan antara para penontonnya, dengan korban jiwa yang nyata tentunya. Menyeramkan!

Hidup tanpa hal yang menyeramkan gak seru. Mau hidup yang ramai dan seru, salah satu alternatifnya, datang deh sekali-sekali untuk saksikan laga di panggung yang menyeramkan :)

Iklan

2 pemikiran pada “Panggung yang Menyeramkan!

  1. ami pengen komentar.
    ah, cuma kok simpang siur yang mau diomongin. wekekekekekekekkee
    jadi yaa..
    nyapa aja de.

    ‘hai idan, bagi kaos dong’
    :D

    .yk.

  2. Gue salut dengan olahraga di indonesia terutama Sepakbola, melalui TIMNAS kita bisa meninggalkan gengsi kedaerahaan dan bersatu dalam nama negara Indonesia.
    Hal yg sangat langka akhir akhir ini terjadi. Sepakbola bisa mempersatukan bangsa.
    mulai dari orang miskin samapi kaya, pegawai rendahan hingga pejabat negara sekelas Presiden semua menjadi satu, tanpa mengenal perbedaan untuk mendukung GARUDA DI DADAKU… hingga sepakbola indonesia menjadi trending topic twitter di seluruh dunia. dan untuk pertama kalinya dlm hidup gue, bisa menyanyikan lagu Indonesia raya di dlm stadion sambil merinding bersama 88 ribu penonton yg memenuhi GBK.

    Sekarang giliran olahraga laen dong (basket), kapan bisa menyamai rekor sepakbola indonesia dlm hal mempersatukan bangsa kita.
    sekarang saatnya kita mulai tinggalkan panggung yg menyeramkan dan masukilah panggung yg bisa mempersatukan bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s