Perbasi Itu Ngapain Aja yaa? :P

Waktu liga bola basket tertinggi Indonesia diambil alih oleh PT DBL Indonesia dan berganti nama menjadi National Basketball League, gw bertanya-tanya. Lah, terus Perbasi ngapain yaa? Soalnya kalau gak salah, dulu Perbasi memang yang mengadakan Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) sebelum kemudian memberikan hak otonomi atau apalah namanya kepada pihak swasta untuk menjalankan Indonesian Basketball League (IBL).

Seiring berjalannya IBL kemudian kini NBL, gw gak pernah mikirin atau bahkan terlintas sama sekali tentang Perbasi. Gw ingat bahwa mantan menteri penerangan, Harmoko pernah jadi ketua Perbasi (eh, bener kan yaa?), lalu juga bang Yos a.k.a. Sutiyoso juga pernah (mudah-mudahan gak salah). Lalu setahu gw, NBL Indonesia dan liga pelajar terbesar di Indonesia, DBL kayaknya gak terlalu bersentuhan dengan Perbasi.

Lalu ada Libama, basket di Porda, kejuaraan antar klub, kejuaraan kelompok umur, kejuaraan basket di PON, dan lain-lain, itu diadakan oleh Perbasi yaa? Seriusan, Perbasi itu ngapain yaa? (bantu pencerahan yaa ke gw). Lalu ketua Perbasi itu ngapain aja? Gw gak tahu bahwa pak Harmoko dan bung Yos bisa atau suka basket juga soalnya.. Hehee.. :P

8 pemikiran pada “Perbasi Itu Ngapain Aja yaa? :P

  1. ya mungkin gak keliatan mas idan tapi tanpa perbasi gak akan adalah semua game basket indonesia. coba deh cek situs dbl dan nbl ada logo perbasi kok di sana. lalu semua wasit juga dari perbasikan.

    kl yg di maksud mas idan bahwa perbasi tidak “kerja” adalah tidak tampak maksimal itu saya setuju.

    kl tidak kerja sama sekali ya tidak lah kejurda libama juga sedang berlangsung and yet perbasi do that

  2. @Chandra, Hahaa, posting ini bukan sindiran lho Chan.. Beneran pertanyaan. Soalnya memang gak tahu banyak peran Perbasi itu ngapain aja. Kayak wasit aja, memangnya harus dari Perbasi yaa? :D

  3. mungkin menurut saya “PERBASI” itu diganti saja sama “PERWABASI” jadi “Persatuan Wasit Basket Seluruh Indonesia” soalnya selama ini cmn suplai wasit doang,itupun denger2 sih neh ya…wasit lisensi FIBA di INDONESIA tercinta ini “hanya” 7!! CMIIW, so PERBASI ngapain aj ya?? Sekarang ada NBL, PERBASI malah seneng,lha kerjaannya diambil orang lain juga….trus denger2 waktu itu di DBL, ada Campnya Wasit gitu *CMIIW*…aq agak gk ngerti apa namanya…. Lah…terus kalo wasitnya aj udah diurusin juga…PERBASI ngapin ya??

    dan intinya….

    PERBASI itu ngapain ya?? :p

  4. Kita ajak Ibu Novi aja utk cerita ttg Perbasi dr A sampe Z… Biar kita tau dan tidak salah tuduh… Gmn bro Idan? Pasti banyak info yg kita dapet… Mumpung sebelum beliau diganti pertengahan Desember… Btw bursa calon Ketua Umum PB.Perbasi juga seru utk dibahas…

  5. Setau saya perbasi itu menyelenggarakan kompetisi per divisi di tiap daerah. Jadi ini peran yang lumayan penting untuk pembinaan basket di tiap daerah. Kan suka ada tuh pertandingan Divisi II, Divisi I untuk klub klub yg ada di daerah.

    Kalo perbasi ga ngadain ini, jam terbang pemain di tiap daerah akan semakin sedikit dan sulit untuk mengembangkan pemain-pemain baru di tanah air. Tapi ya penyelenggaraannya cukup sekedarnya saja.

  6. Susahnya Perbasi itu kurang konsisten. Jadi naik turun kedengeran kiprahnya. Yg konsisten selalu ada even Campus League n Libama, lainnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s