Terima Kasih ANTV atau Bangsat ANTV?!

Biasanya, kala Garuda kalah melawan tim-tim Jakarta, mention twitter gw akan dipenuhi oleh pertanyaan “kenapa kalah?”, ungkapan kekesalan, kalimat-kalimat penambah semangat dan lain-lain. Namun, kali tadi sangat berbeda. Dalam pertandingan super seru antara Pelita Jaya melawan Garuda yang diimbuhi dua kali overtime dan diakhiri dengan kemenangan Pelita Jaya, mention twitter gw berisi ratusan keluhan bahkan umpatan kepada stasiun televisi ANTV yang menyiarkan pertandingan tersebut.

Penyebabnya tak lain karena ANTV hanya menyiarkan pertandingan 4 kuarter saja. Dua kali tambahan waktu tak disiarkan. Atmosfer kesedihan gw karena kekalahan Garuda tertutupi oleh hawa panas amarah pemirsa televisi yang kesal karena hilangnya 2 overtime dari layar tv :P

Setidaknya kita harus bilang terima kasih pada ANTV :)

Begini, ceritanya kita lagi lapar nih. Lapaarrr banget butuh makan. Lalu ada orang baik nih ngasih kita makanan. Pas kita lagi enak makan, dia bilang “udah yaa makanannya,” piringnya ditarik, makanannya diambil. Lalu kita marah-marah!!! ARRGGGHHHHH!!! Kita lupa bahwa orang tadi ngasih kita makan walau rasanya nanggung :P Kita lupa bilang “terima kasih makanannya. Enak lho, tapi kok nanggung yaa..” :)

Analogi yang buruk? Ya sudahlah :D Begini (lagi), kita perlu nyadar bahwa kondisi basket kita itu sedang terpuruk. Dan tentu saja sekarang memang sedang mulai bangkit lagi melalui NBL. Tapi tahun terakhir IBL itu kita terpuruk banget; penonton sepi, pertandingan gak seru, jadwal liga gak jelas, dan lain-lain. Gak ada nilai jualnya. Di tengah kondisi tak menentu tersebut, tiba-tiba penyelenggara IBL mengatakan bahwa “kita gak akan adain IBL lagi,” Dang!!!*** Hancurlah basket Indonesia (saat itu).

Dulu, TvOne memang menyiarkan banyak sekali pertandingan IBL. Tapi tahukah kalian bahwa rating (gw gak paham arti kata ini tapi sering dipakai untuk menunjukan jumlah penonton televisi) sangat rendah. Jauuhhh di bawah Cinta Fitri, Silet, Insert dan program-program menarik lainnya. Gak ada yang nonton guys! Artinya, kalau lu lagi di Kabupaten Garut dan saat itu lagi lihat IBL di TvOne, maka ada sekitar 6 orang lagi di Garut yang sedang nonton program itu (yaah gak sesedikit itu juga sih, tapi ya sedikit banget lah pokoknya). Dengan begitu, tv merugi dong. Mereka punya alternatif program lain yang lebih menarik perhatian orang. Cerita lika-liku KD-Anang-Syahrini-Raul sangat-sangat lebih menarik daripada IBL. No, yes, I mean tv merugi laahhh.

Akibatnya, posisi tawar NBL untuk menyiarkan basket itu menurun sekali. Minta televisi A untuk menyiarkan, mereka akan tanya “emang ada yang akan nonton?” Minta televisi B, “basket? Hmm olahraga baru dengan 7 pemain berlari-lari. Konsep yang bagus, kita pikir-pikir dulu yaa,” GAK ADA yang mau nyiarin! Konsep hebat basket apapun yang ditawarkan, kalah oleh cerita “benarkah Dewi Persik jadian sama Ahmad Dani?” Pahit? Begitulah kenyataannya :(

Lalu ada ANTV, yang mau beri kepercayaan. “karena kita belum yakin, kita siarin 8 game saja dulu yaa. 2 jam saja. Gak kurang, gak lebih,” demikian kira-kira kata mereka. NBL pasti senang dong, “akhirnya ada yang mau ngasih walau sedikit.” :)

Serunya pertandingan di Surabaya, hebohnya Bandung menjadi ajang pembuktian dari kita, para pecinta basket kepada stasiun televisi. Yang menyenangkan, ANTV memang menyiarkan dan meliput, tetapi ada juga TransTv, Trans7, dan TvOne yang ikut nonton dan penasaran. Kata-kata dari mereka yang mengatakan “hmm, menarik,” sudah sangat melegakan. Artinya, we have a chance!

Hilangnya dua overtime kemarin memang menyebalkan. Dan memang harus diungkapkan. Dengan demikian, televisi tahu bahwa basket kita mulai ramai. Kalau mereka siarkan lebih banyak lagi, insyaAllah menguntungkan (juga) bagi mereka :) Amiin.

Jadi, (tak capek gw mengajak) tontonlah game NBL di stadion karena itulah cara paling sederhana, paling gampang namun sangat-sangat-sangat bertenaga dalam meyakinkan televisi bahkan SBY bahkan dunia bahwa kita ada! Gampang kan? :)

22 pemikiran pada “Terima Kasih ANTV atau Bangsat ANTV?!

  1. Ya logikanya kalo kemaren sebagian besar TL teman” banyak yg protes berarti animo nonton basket di tv lumayan tinggi,biarlah antv melihat “rating” NBL taun ini dulu,taun depan semoga bisa nambah pertandingan yang di siarkan.kita dukung aja toh demi kemajuan basket Indonesia jg kan?tapi memang NBL auranya beda banget,kemaren datang langsung ke c-tra arena penuh banget,udah kaya nonton final!semoga akan terus begini :D *maaf nyampah kepanjangan

  2. ikutan komen ya kang..

    yup. setuju banget kita harus berterimakasih sama ANTV. :)
    juga, gw mau bilang gw seneng dan surprise.

    1. ternyata bangku penonton C-TRA bisa super penuh jg saat lawan Garuda bukan SM dan Aspac, bukan final four, bahkan ini baru hari pertama seri 2.

    2. kemaren kaget banget pas liat NBL dkk jadi trending topics twitter dan mentions yg nge-RT tweet soal protes gara2 overtime gak ditayangin buanyakk bgt… ini berarti masyarakat yg gak sempet dtg langsung ke Gor, bener2 excited nonton siaran live-nya di ANTV, dan ini adalah indikasi bahwa rating siaran NBL akan tinggi, bukan?

    maju terus basket Indonesia! :D

  3. kalau emang rating penting semoga “jeritan hati” para pecinta basket kemaren bisa menyadarkan ANTV…karena dari cacimaki yang dilontarkan *termasuk aku ;p sudah menunjukkan betapa banyaknya penggemar NBL di indonesia..

    bener kata mas idan well klo gt terima kasih banyak buat ANTV..tapi mungkin akan lebih baik jika ANTV “memberi makan” tidak setengah2 kepada para penonton..karena jujur saja itu lebih menyakitkan *buat aku siih*
    sama saja kya gn saat kita diberi makan waktu kelaparan kita menyisakan ayam untuk dimakan belakangan (best for the last) saat kita akan melahap ayam itu ditariklah sang ayam dari tangan kita.well rasanya geregetan –”

    semoga antv mendengar curhat kita semua

    GO NBL GO CLSKNIGHTS ;p

  4. Pengandaiannya agak aneh yah. Klo misalnya kita dikasih makan sm seseorang brrti sepenuhnya udh utk kita. Klo diambil lg brrti dia gk ikhlas dong yah mas.

    Semua org kecewa kmrn. Kalau emg antv niat untuk nyiarin pertandingan, harusnya mereka sudah memikirkan satu paket pertandingan itu. Ambil contoh pertandingan Volly. Mereka tdk menggunakan waktu untuk mengakhiri pertandingan. Tp mereka menggunakan set dan point. Bisa setengah jam sudah selesai bahkan mungkin bs sampai 3 jam tp toh TV ttp konsisten untuk menyiarkan.

    Yang diSayangkan jg adlh mengapa pihak NBL tdk mengkomunikasikan bersama pihak ANTV ttg kemungkinan Overtime. Mungkin tdk ada deal soal itu toh mas? Yaah saya kurang tahu jd mungkin ini yg terjadi.

    Pada musim IBL lalu pun ada Highlight ttg IBL. Kalo rating live gk bagus mungkin pd saat itu org2 tdk bs menonton, oleh karena itu ada highlight utk me-refresh ke org-org. Skrg? Hanya mimpi melihat reviewnya..

    Trims.
    Maju terus basket indonesia

  5. Mudah saja dilihat kok. Ini semua kan kepentingan bisnis. Bargaining position penonton basket masih kalah dengan bargaining position penonton olahraga yang lain seperti misalnya sepak bola dan bulutangkis. Untuk membuktikan bahwa kita sebagai penonton basket layak diperhitungkan, mari layangkanlah kekecewaan masalah penyiaran NBL itu ke redaksi ANTV agar mereka sadar bahwa kita ADA. Sekian dan terimakasih

  6. yupss mass….banyak satu dan lain hal yg sebetulnya kita ga tauu……

    sekarang tinggal tunjukin aja bahwa basket itu bisa semembumi kaya badminton sama sepak bola diindonesia…..nntn live lebih seru…sampe haruss desek2an kmaren ngantri tiket d c-tra…

    i love basketball
    i love to play basketball
    n damn i love everything about basketball :D

  7. Seharusnya ANTV berani untuk menyiarkan sampai OT habis. Mereka akan mendapat untung dari acara NBL. Kita ambil contoh ANTV merupakan salah satu anak perusahaan bakrie grup atau apalah namanya, sementara PJ di sponsori oleh anak perusahan bakrie juga. Klo di lihat baik2 iklan yg di tayangkan oleh ANTV ga jauh dari produk punya bakrie. Seharusnya mereka akan mendapatkan keuntungan dari promosi yg langsung ataupun tidak langsung di tujukan utk komunitas basket Indonesia. Yang perlu di ingat adalah semakin sering masyarakat melihat iklan tersbut, maka akan semakin tertanam produk tersebut di pikiran masyarakat. klo ga percaya coba lihat bagaimana masyarakat Indonesia yg sering di suguhi sinetron, jadi nya klo ga nonton sinetron maka ga akan terasa lengkap rutinitas hidupnya.

    Tinggal bagaimana kemasan NBL dibuat lebih menarik dan bisa menarik animo org banyak. Sebisa mungkin dan sesering mungkin masyarakat di bombardir oleh iklan yg provokatif.
    Bravo NBL

  8. basket emng masih jd anak tiri di indonesia..
    sy inget bbrp taun lalu klo ga salah garuda vs. sm, disiarin di lativi..
    klo ga salah pas waktu tinggal 30 detik lg & skor lg ketat2nya, acara live itu langsung di-cut krn udah lewat waktu & diganti program laen yg udah tetap, jd sy cm tau skor akhir dari running text di tv ybs & klo ga salah hasilnya malah berbalik..
    ilang deh keseruan pembalikkan keadaan itu, pdhl cm 30 detik loh.. ttp aja ga mau berkorban.. :(
    sori ya bang klo banyak “klo ga salah”-nya, abisnya udah lupa-lupa ingat.. :D

  9. wah judulnya kok malah gitu bang
    memang seharusnya kita berterimakasih sama ANTV yg menyiarkan pertandingan sabtu siang itu
    pas lagi seru serunya ehhh lahdalah kok dipedot!! WASHUUUUU
    tapi terimakash buat anteve… kalo bisa satu pertandingan full gitu

    TO ANTV : terimakasih, tapi minta tolong disiarin full ya, kalo ada overtime ditayangkan juga… pertandingan bola kan sudah disiarin banyak stasiun tipi… masak basket juga 2 jam doang…
    peminat basket di negeri ini semakin membludak lho…YAKIN DAH

  10. mau menambah prespektif aja
    1. perlu di ketahui deal antv dengan isl/apapun itu kompetisi div 1 sudah lebih dahulu daripada dengan NBL. kita bisa mahfum dari jadwal basket yg main jam 1 bukan mana ada juga dari dulu game ibl or kobatama main jam 1. yang mengantisipasi live sepak bola yg ratingnya saat ini jelas lebih tinggi. so wajar saja lah kl game harus di potong. tp ttg gak puas saya setuju.
    2. sebenarnya pihak nbl sudah berusaha dengan menggadakan livestats di situs mereka dan twitter (ya memang benar ga semua punya koneksi inet dan twitter)
    3. sebenarnya yg lebih menyakitkan adalah ngadatnya livestats saat game 3 kemarin. loh saat game sudah mulai terlihat di twit nbl eh live stat e menulis game belum mulai. dan beberap kali juga ngadat walau sudah dibilang ternyata masih ngadat juga (ini bagi saya lebih menyakitkan dari antv)

  11. hooooaaaa…
    Mungkin karna stasiun tv sekarang ini gak menjalankan fungsi dasarnya sebagai pemberi informasi yang membantu mencerdaskan anak bangsa, jadilah tayangan basket gini yang pada dasarnya aset bangsa diabaikan. Stasiun tv lebih mikir rating dan sisi komersilnya saja, ditambah parahnya penonton di Indonesia yang cuma gila hiburan dan gosip…wkwkwk…

    Tapi bener tu, kalau basket bisa tunjukin prestasinya dan merebut hati pemirsa (baik yg nonton langsung atw cuma lewat tv) pasti ada saatnya stasiun tv berebut buat nayangin pertandingan-pertandingan seru ini.

    Semangat buat basket Indonesia…

  12. iya, kemaren sedih banget karna overtimenya gak ditayangin
    padahal seru banget gitu game nya, huhu..
    agak sebel si karna itu, tapi harus ngucapin banyak terima kasih buat antv karna mungkin satu2nya stasiun tv yang mau nyiarin =D

  13. yup seru bgt,,,,,,,,,
    deg degan bgt nonton langsung d C-tra arena, sampe keluar keringet dingin, apa lagi dengan point yang sama dan 2 OT…. apalagi dengan Freethrouw nya D. S yang bukan nambah angka tapi menyamakan angka….. gileeee… ampe serak teriak-teriak… meski GARUDA kalah, tapi tetep bangga. masih EKSIS
    dan BUAT antv…. thnks dah nayangin, meski OT nya gak di tayangin aku tetep seneng coz bisa bikin temen2 ku yg gak ngikut nonton pada sirik….. heheeee
    buat temen2 yang marah2…makanya ngemodal donk…. heheeee (peace)

  14. pengen protes , takut dikira alay, kalo ga protes bikin panas jiwa raga !!
    kalo ga niat nyiarin live , mnding ga usah disiarin sekalian, bikin org stress aja ! nyiarin setengah2 !! kaya ga niat aja…!!
    kata pepatah sunda mah… ‘asa modol teu obeh..!!!

    ANTV payah..!!!

    DICARI STASIUN TV YANG PEDULI DENGAN BASKET TANAH AIR,, YANG GA SETENGAH-SETENGAH…!!!

    COBA HUBUNGI NBL…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s