The White Tiger di Bandara Juanda

Perjalanan menuju Bandung kali ini akan lama pikir gw. Bukan karena waktu tempuhnya, tetapi karena jeda masa singgah antara tiba pesawat Mataram-Surabaya ke keberangkatan Surabaya-Bandung ada sekitar..hmm -ngitung- 7 jam!

Sudah gw persiapkan semuanya. Menu utama adalah melahap habis novel The White Tiger karya perdana Aravind Adiga yang langsung diganjar The Man Booker Prize di tahun yang sama 2008. Celakanya, gw lupa beli cemilan dan minuman ringan atau air mineral biasa. Ada warung memang di bandara Juanda Surabaya, tetapi seperti umumnya warung di bandara, yang menentukan harga adalah rentenir. Harganya mencekik! Walau tentunya dengan berat hati gw tetap membeli sekaleng kopi instan ajaib yang bisa bikin melek dan jadi doping gw tahan membaca dari awal sampai akhir.

Balram nama tokoh utama dalam novel tersebut. Seorang pemuda dari desa kecil di India yang punya cita-cita sangat tinggi yang sebenarnya nggak tinggi-tinggi amat. Cita-citanya hanyalah sebatas apa yang hebat yang pernah ia lihat di masa kecil, seorang polisi rendahan India!

Berbagai rentetan nasib kurang beruntung membawa Balram melewati petualangan pahit. Keluar dari sekolah hingga hidup di jalan. Kejujuran dan kerja keras membuat ia mampu bertahan. Balram akhirnya mendapatkan pekerjaan “terhormat” sebagai seorang supir pada keluarga kaya. Dan di sinilah petualangannya bermula. Melalui sudut pandangnya, Balram bercerita tentang sudut-sudut kota dan desa di India yang kumuh, potret keluarga miskin kebanyakan di India, potret keluarga kaya, hingga sistem politik dan pemerintahan yang korup.

Tekanan keluarga, tekanan hidup, merubah Balram dari seorang supir yang polos, baik, dan jujur menjadi seorang yang pandai menyembunyikan kebusukan bahkan mampu membunuh majikannya sendiri yang relatif baik. Ujung cerita novel ini menarik nan membuat miris. Akhir cerita, si Balram menjadi.. eittsss, baca sendiri :D Anak basket baca buku pas lagi gak basket itu keren lhoo.. *sedikit maksa :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s