“No Switch Please!”

Ini gara-gara Richard (@nsane11) yang nguping kata-kata asisten pelatih Pelita Jaya, Ali Budimansyah pada saat latih tanding antara Pelita Jaya melawan Aspac malam ini 6 Oktober (mereka masih tanding kuarter 3 saat gw nulis ini). Begini kata coach Ali “Ingat! Selama teman masih bisa jagain musuhnya, jangan bantu jaga!”

Kalimat dari coach Ali tersebut mengingatkan gw pada petuah Detlef Schrempf saat membimbing pemain muda NBL Indonesia di Indonesia Development Camp 2010 di Bandung bulan lalu. Saat itu Detlef sedang memberi materi cara melakukan pick and roll yang benar, baik saat melakukan pick and roll maupun cara mematikan pemain yang melakukan pick and roll. Seharusnya, secara logika, paling cepat memotongnya adalah dengan melakukan switch jaga. Namun ketika para peserta camp melakukan itu, Detlef Schrempf menginterupsi menghentikan latihan sesaat. Ia mengatakan “No switch! Pemain yang minta switch adalah pemain manja dan pemalas!”

Satu pemikiran pada ““No Switch Please!”

  1. Tergantung juga gimana gameplannya. Kalo ntn NBA, sering komentator bilang, coach X hari ini plannya switch all pick and rolls. Tergantung kebutuhan, makanya komunikasi pemain di lapangan juga penting. Biasa mereka bisa bilang “no switch no switch! I got this!” :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s