Jelang NBL, CLS Knights dan Bimasakti Pemanasan Lawan Tim Australia

Dua tim National Basketball League (NBL) Indonesia asal Jawa Timur, CLS Knights Surabaya dan Bimasakti Nikko Steel Malang, akan menjalani pertandingan pemanasan berkelas internasional di DBL Arena Surabaya, 2-3 Oktober mendatang.

Keduanya akan menghadapi State Basketball League (SBL) All-Stars, kumpulan pemain terbaik dari liga tertinggi di negara bagian Western Australia (WA, Australia Barat).

Program international friendly game ini merupakan rangkaian dari perayaan 20 tahun hubungan sister state/province antara Jawa Timur dan WA. Sekaligus kelanjutan kerja sama antara Basketball WA dengan PT Deteksi Basket Lintas Indonesia, penyelenggara liga pelajar Development Basketball League (DBL) dan NBL Indonesia.

Pada Sabtu, 2 Oktober, tim SBL All-Star lebih dulu menghadapi CLS Knights Surabaya, runner-up NBL Preseason Tournament 2010. Sehari kemudian, giliran Bimasakti Nikko Steel yang menjajal tim Australia itu. Kedua pertandingan diselenggarakan di DBL Arena Surabaya, di sela-sela penyelenggaraan Honda DBL Junior 2010 (kompetisi tingkat SMP).

“Kami senang bisa memfasilitasi penyelenggaraan pertandingan ekhsibisi ini. Sebab, dampaknya bukan hanya baik untuk basket di Indonesia. Tapi juga mempererat hubungan people-to-people antara Indonesia dan Australia. Khususnya Jawa Timur dan Western Australia,” kata Azrul Ananda, direktur PT DBL Indonesia, commissioner DBL dan NBL Indonesia. “Bagi CLS Knights dan Bimasakti, ini juga jadi ajang pemanasan yang baik untuk seri pembuka NBL Indonesia, 16-24 Oktober mendatang di Surabaya,” lanjutnya.

Kunjungan ini merupakan yang pertama dari Basketball WA ke Indonesia. Sebelum ini, pada 2008 dan 2009, Basketball WA sudah menjamu tim putra dan putri DBL Indonesia All-Star. Pada dua tahun itu, tim putra dan putri kumpulan pemain SMA terbaik DBL belajar dan bertanding di kota Perth.

Basketball WA sendiri sangat serius dalam mempersiapkan tim yang berangkat ke Indonesia. Di WA, SBL merupakan liga tertinggi. Secara nasional, hanya National Basketball League (NBL) Australia yang lebih tinggi. Jadi, tim yang akan datang ini tidaklah main-main. Sebagai pelatih, Basketball WA telah menunjuk Andy Stewart, yang pernah tiga kali merebut juara SBL. Saat ini, Stewart juga menjabat sebagai asisten pelatih di Perth Wildcats, tim juara NBL Australia 2009-2010.

Dua pemain Perth Wildcats ikut memperkuat tim SBL All-Star. Yaitu point guard Joel Wagner dan forward Jarrod Balcombe. Dalam tiga musim terakhir, Wagner selalu meraup assist terbanyak di SBL. Sedangkan Balcombe punya pengalaman bertanding di ajang NCAA, saat kuliah di Amerika Serikat. Tampil sebagai kapten di SBL All-Star adalah Jarrad Prue, yang juga peraih rebound tertinggi di SBL 2010, yang baru berakhir lima pekan lalu.

Pihak WA sendiri tak sabar menjalani pertandingan persahabatan ini. “Pihak Basketball WA dan para pemain SBL sudah tidak sabar tampil di pertandingan persabahatan di Jawa Timur. Setelah melihat kualitas pemain-pemain muda DBL di Perth tahun lalu, kami tahu lawan yang akan kami hadapi sangatlah berkualitas,” kata Martin Newbery, dari Western Australia Trade Office di Jakarta, yang ikut menggagas program ini.

“Kami senang bisa meningkatkan persahabatan kami dengan DBL level negara bagian dan nasional. Dua tetangga berkumpul bersama lewat olahraga bukan hanya baik untuk pemain yang terlibat, tapi juga memperkokoh hubungan dan persahabatan antara Jawa Timur dan Western Australia, yang sudah terjalin selama 20 tahun. Para pemain SBL tentu akan mendapat pengalaman internasional yang baik. Kami berterima kasih kepada pemerintah WA dan DBL Indonesia untuk membantu terselenggaranya pertandingan ini,” lanjut Newbery.

2 pemikiran pada “Jelang NBL, CLS Knights dan Bimasakti Pemanasan Lawan Tim Australia

  1. GILAAA!!
    sejak event basket dipegang pak asrul ananda
    semakin ramai saja pertandingan dan even basket kelas internasional di sini..
    gak ada habisnya..
    keren banget
    baru aja baca selesai NBA, lanjut ke ausie
    denger2 ada yang ke amrik segala (NBL v NBA donk hehe)

    salut untuk team PT deteksi deh
    semoga tidak lelah dan teatap semangat aja
    mari majukan basket indonesia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s