It’s All About Timing!

Ada sebuah pertanyaan menarik dari salah seorang legenda basket Bandung yang kini menjadi pelatih, Coach Apin. Di sela-sela istirahat sebelum makan siang, Coach Apin, Coach Ahang (Garuda), dan Coach Danny Kosasih (Angsapura) menghampiri Detlef Schrempf dan Jama untuk ngobrol kecil. Setelah beberapa kalimat apresiasi mengenai kegiatan camp, Coach Apin bertanya “mengapa anda sekalian mengajarkan teknik hook shot kepada orang Indonesia? Padahal orang Indonesia kan kecil-kecil.”

Gw sih sudah nebak, pasti Detlef bakal ngejawab bahwa hook shot itu salah satu teknik menembak yang paling sulit dijaga. Benar saja, Detlef menjawab tepat seperti yang gw bayangkan, hanya saja jauh lebih lengkap dan bermutu. Hehee. “Hook shot, jika dilakukan dengan teknik yang benar, akan sangat sulit sekali dijaga. Walaupun yang melakukannya adalah pemain kecil dan dijaga oleh seorang pemain besar,” Detlef menerangkan.

“Dorong pakai pantat,” Detlef menjelaskan sambil memeragakan, “lalu lakukan hook shot dengan benar pada posisi yang sulit dijangkau permain bertahan.” Mengomentari postur orang Indonesia yang memang lebih kecil daripada bangsa-bangsa lain, Detlef optimis bahwa suatu saat perlahan-lahan postur pemain Indonesia pasti akan kurang lebih sama dengan bangsa-bangsa lain yang berpostur tinggi besar.

“Semuanya masalah timing. Perhatikan Tony Parker. Ia adalah pemain kecil. Tetapi ia mencetak angka dari paint area lebih banyak daripada pemain manapun di liga,” Detlef berargumen bahwa terkadang postur bukanlah sebuah alasan yang tepat untuk menyalahkan ketertinggalan. “Pemain bertahan pun memanfaatkan timing untuk menghentikan bola. Jika kita mampu merusak tempo timing yang diantisipasi pemain bertahan, misalnya melakukan tembakan pada saat lay-up di langkah pertama atau kedua bukan ketiga, sangat mungkin kita akan mendominasi.”

Hmm.. mari merenungkan kata-kata Detlef :D

6 pemikiran pada “It’s All About Timing!

  1. benar juga ya kata detlef
    dan terakhir saya menyaksikan rony gunawan menggunakan teknik hook, 90% berhasil semua tanpa ada halangan..
    dan saya juga suka hook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s