Anak Basket di Amerika Serikat Paling Sering Cidera Otak

Karena ini hari Selasa, mari sedikit ilmiah. *Wakk, sejak kapan Selasa jadi bernuansa ilmiah-ilmiahan? :P

Hehe, hanya hari ini doang kok. Penyebabnya, tadi pagi gw baca jurnal singkat tentang penelitian mengenai “Basketball-Related Injuries In School-Aged Children And Adolescents In 1997–2007” yang baru dipublikasi kemarin oleh para ahli pedriatik (dokter spesialis anak) di Ohio, Amerika Serikat. Penelitian mengenai data selama 11 tahun ini memang hanya menyoroti anak-anak di Amerika Serikat oleh orang-orang sana mengingat permainan yang diinovasi oleh James Naismith (orang Amerika juga!) ini adalah yang paling digemari di sana melebihi permainan dan olahraga lain. Presidennya aja main basket!

Hasilnya, selama rentang 11 tahun data penelitian tersebut, tercatat 4.128.852 kasus cidera dilarikan ke unit gawat darurat. Walau kecenderungannya menurun setiap tahun tetapi cedera otak/kepala karena benturan meningkat hingga 70%. Cidera yang paling lazim adalah strain/sprain, hmm, apa ya Bahasa Indonesianya, semacam memaksakan kerja otot atau bagian tubuh lainnya melebihi kemampuan yang menyebabkan kelelahan, keseleo, terkilir (30,3%), terutama cidera engkel (23,8%).

Katanya lagi, anak cowok lebih sedikit terkena cidera luka, patah tulang, atau dislokasi. Anak cewek lebih jarang terkena cidera otak. Remaja usia 15-19 tahun tiga kali lebih rentan untuk kena cidera pada tubuh bagian bawah. Hii, ngeri sih bacanya. Tetapi bukannya risiko cidera selalu ada yaa? Gw sendiri beberapa kali tercakar dan berdarah karena main basket. Sering banget keseleo di jari-jari tangan yang umumnya karena kebodohan dalam menangkap bola. Dan satu kali patah tangan kiri karena olahraga ini. Kehajar “itunya” juga pernah :)

Masih mau main basket? MAAOOO! :D

3 pemikiran pada “Anak Basket di Amerika Serikat Paling Sering Cidera Otak

  1. Maooo!!! jari manis sebelah kanan gue juga belom bener 100% sampe sekarang gara2 kesalahan nangkep bola… dududududu

    aah setiap aktivitas mah ada risikonya.. kalau takut cedera ya diem2 aja di rumah (eh, di rumah juga masih bisa cedera sih…)

  2. Diam di rumah risikonya lebih besar Chris, ketiban asteroid dan meteor. Belum lagi kalau itu ternyata UFO dan kita diculik ke angkasa.. Hiiiii..amit-amit :P

  3. Hey…sama…jari manis tangan kanan gw juga masih belom bener. Semenjak kelas 2 sma,dengan bodohnya gw melakukan “no look catch”…yup,catch..bukan pass.hahaha.yah,berarti sekitar 4 taun lalu lah..

    Well okay, 6 taun yang lalu..

    Alright alright!!!12 taun yang lalu..puas?!?!(*emosi ga jelas*)hahaha

    But then…itu ga bikin gw berenti maen basket…
    ps : dan, gw tunggu ajakan basketnya:P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s