Mulai Melirik Piala Dunia Bola Basket (FIBA World Championship)

Piala dunia bola basket atau yang lebih dikenal dengan FIBA World Championship belumlah sepopuler piala dunia sepak bola yang selalu menyita perhatian semua orang. Tapi bagi para pecinta basket, helatan ini justru sebuah momen yang ditunggu-tunggu.

Bagi gw, hal yang paling menarik dari piala dunia bola basket adalah kenyataan bahwa Amerika Serikat tidaklah sejago yang mereka gembar-gemborkan. Kita tahu, pada setiap akhir final NBA, dengan angkuhnya NBA akan menobatkan sang juara dengan gelar “World Champion”, padahal sekali lagi, ini adalah gelar pemberian dari diri sendiri kepada diri sendiri. Narsis kalau kata anak zaman sekarang :P

FIBA World Championship adalah sebuah turnamen bola basket putra antar negara yang diadakan setiap empat tahun sekali oleh Fédération Internationale de Basketball alias induk olah raga bola basket dunia yang memiliki nama dalam bahasa Prancis dan memiliki singkatan FIBA.

Turnamen ini dimulai pada tahun 1950 di Argentina di mana Argentina sebagai tuan rumah juga meraih gelar juara dunia pertama. Gelaran kedua diadakan pada tahun 1954 di Brazil dan Amerika Serikat keluar sebagai juara. Hingga tahun 2010 ini, piala dunia bola basket telah diadakan sebanyak 16 kali.

Dari 15 kali penyelenggaraannya, tujuh negara pernah mencicipi gelar jawara. dan seperti yang gw bilang tadi, Amerika Serikat tidaklah sehebat yang mereka gembar-gemborkan. Amerika Serikat tercatat hanya tiga kali meraih gelar juara, yaitu pada tahun 1954, 1986, 1994. Yugoslavia dan Uni Soviet (sudah bubar) juga mencatatkan diri pernah meraih 3 kali gelar juara. Brazil dan Serbia Montenegro masing-masing pernah meraih dua kali gelar juara. Argentina satu kali dan Spanyol meraih gelar untuk pertama kali pada piala dunia sebelumnya (2006) di Saitama, Jepang.

Pada piala dunia ke 14 yang digelar di Indianapolis, Amerika Serikat tahun 2002, “tim paling jago sejagad raya” bukan hanya tidak mendapatkan gelar juara, Amerika Serikat bahkan tidak berhasil lolos ke babak empat besar. Saat itu, di final Yugoslavia mengalahkan Argentina (84-77) dalam sebuah pertandingan seru serta melewati babak overtime. Amerika Serikat sendiri hanya menempati posisi ke-enam klasemen akhir.

FIBA World Championship ke-16 berlangsung pada tahun ini mulai tanggal 28 Agustus hingga 12 september. Kota Istanbul di Turki menjadi tuan rumah penyelenggara. 24 negara peserta akan dibagi menjadi empat grup yang berisi enam negara. Empat negara dari setiap grup yang berhak lolos akan beradu dalam sistem gugur di babak 16 besar.

Menilik posisi empat besar pada piala dunia sebelumnya, Spanyol, Yunani, Amerika Serikat, dan Argentina layak menjadi tim unggulan. Namun bila melihat final Olimpiade 2008 lalu, Amerika Serikat dan Spanyol adalah dua favorit juara. Spanyol saat ini adalah juara bertahan. Tetapi Amerika Serikat menjuarai olimpiade 2008 setelah mengalahkan Spanyol saat itu. Dalam pertemuan terakhir kedua tim dalam pertandingan persahabatan tadi malam, Amerika Serikat hanya unggul 1 angka saat mengalahkan Spanyol, 86-85.

Tetapi seperti biasa, mengingat usaha setiap negara untuk muncul sebagai juara, sejarah dan statistik lampau terkadang tak berpengaruh apa-apa. Selamat menyaksikan piala dunia bola basket, FIBA World Championship Turki 2010 :)

5 pemikiran pada “Mulai Melirik Piala Dunia Bola Basket (FIBA World Championship)

  1. wah amerika cuman menang tipis dikandang spanyol…. berarti bukan tdk mgkn kalo ketemu sekali lg di fiba world champ nanti spanyol bisa mengalahkan usa…

    semangat aja buat granger dn kawan2..

    rata2 isinya tim usa adalah pemain rookie angkatan 1 dan 2 (sophomore).. pemain senior cuman Cauncey Billups dn Lamar Odom, biar ada leader di team….

  2. lo salah… Amerika emng gak pernah ngeluarin tim all starnya kalau kejuaraan dunia… cek aja profil timnya.. mana ada lebron james, kobe bryant, carmelo anthony, wade, dll pernah main di sana… karena pada fokus liburan dan NBA…

    itulah bagusnya amerika.. tanpa tim all star masih bisa menang 3 kali…

    kecuali olimpiade.. rata2 mereka selalu ngeluarin tim terhebat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s