Berbincang dengan Coach Mike Krzyzewski

Malam itu gw sedang berjalan-jalan di BIP (Bandung Indah Plaza) mall klasik di pusat kota Bandung. Mall ini tak pernah sepi pengunjung dan tak pernah terpengaruh oleh munculnya mall-mall baru yang terus disetujui pembangunannya oleh bapak Dada Rosada (Walikota Bandung).

Seperti biasa, salah satu tempat yang pasti gw masuki di setiap mall selain toko sepatu, adalah toko buku. Bukan Gramedia (di BIP gak ada Gramedia) atau Gunung Agung yang gw singgahi, melainkan sebuah pop-up book store di lantai dasar BIP, (busyeettt, lupa gw nama tokonya) Times kalau gak salah nama tokonya.

Setelah berputar-putar beberapa menit di antara beberapa buah rak di area toko yang tak lebih luas dari 10 x 10 meter ini, sebuah senyum menghampiri gw dari salah satu rak profil orang-orang sukses. Seseorang tersenyum ramah sambil memegang bola basket. Orang tersebut seolah menyapa “Hi Dan! It’s been a while since you wrote about my village, K-Ville.”

Gw membalas senyuman kepala desa K-Ville sembari menoleh ke arah penjaga toko “yang ini didiskon gak mas?” Dengan senyum ramah, sang penjaga toko menjawab pertanyaan gw “yang diskon hanya sebelah sini saja mas, sebelah situ gak diskon.”

Gelar juara yang baru saja diboyong oleh kepala desa K-Ville bagi negaranya di ajang olimpiade dan bagi kampus yang sudah diasuhnya berpuluh-puluh tahun, Duke bulan Maret/April lalu, lebih kuat menarik gw untuk mengajak sang tokoh ikut pulang daripada halangan bahwa ia tak termasuk kategori diskon.

Tanpa kantung keresek dan tak masuk menyelip ke dalam tas, gw habiskan sisa jalan-jalan gw di BIP malam itu berjalan bersama seseorang yang mungkin tak terlalu terkenal di Indonesia namun adalah seorang legenda di Amerika Serikat. Tadinya gw berharap ada nada-nada kecil dari para pengunjung lainnya yang merasa iri karena melihat gw dengan berkata “Wah gila, beruntung banget tuh cowok jalan bareng orang terkenal.” Hahaa, gw rasa gak ada yang peduli juga.

Malam itu gw pulang dengan Mike Krzyzewski!

“Leading With The Heart” diimbuhi kalimat pemanis yang semakin meyakinkan gw bahwa ini “The National Bestseller” lho di Amerika Serikat.

Malam itu, Coach K dan gw langsung memulai obrolan seru seputar kepemimpinan dan kepelatihan. Tentu saja Coach K mendominasi pembicaraan. Ia memulai cerita tentang bagaimana awalnya ia bisa bersentuhan dengan dunia basket, masuk menjadi tentara di West Point, menjadi pelatih basket di akademi militer angkatan darat hingga mengambil alih kepelatihan di Duke University pada musim 1980-1981.

Coach K banyak bercerita tentang prinsip-prinsip dasar dalam polanya melatih mahasiswa-mahasiswa Duke. Sangat-sangat menarik karena dari penuturan Coach K sendiri, ia tidak pernah sama sekali menargetkan timnya untuk menang dalam setiap pertandingan. Ia tidak pernah menargetkan untuk menjadi jawara di ajang kejuaraan nasional. Coach K berujar bahwa jika target melatih basket kampus adalah meraih gelar nasional, maka akan banyak sekali kampus yang kecewa karena hanya satu kampus yang akan berhasil meraihnya. Bahkan bagi kampus yang telah berhasil meraih juara, sebuah gelar yang telah diraih tak akan bermakna banyak selain sebuah deretan catatan angka.

Prinsip-prinsip yang ditekankan Coach K dalam melatih Duke tak bisa dibatasi oleh side line dan base line lapangan basket. Kadang kala malah terasa janggal tetapi inspiratif. Suatu kali Coach K cerita ke gw bahwa ia membuat perjanjian dengan para pemainnya bahwa ia akan memberikan 100% kemampuannya kepada setiap pemainnya dan sebagai balasan, Coach K bukan menuntut kemenangan di arena atau sebuah gelar juara melainkan lulus kuliah!

“Setiap pemain seumpama setiap jari pada satu tangan, semuanya memiliki peranan yang unik. Namun ketika setiap jari bersatu membentuk kepalan, ia menjadi sangat kuat dalam menghantam!” Coach K menganalogikan setiap pemainnya ketika menyatu kompak saat bermain.

Tentu saja bukan hanya gw yang bisa ngobrol santai dengan Coach K. Gw rasa ia masih ada tuh nongkrong di salah satu rak toko buku di dekat-dekat kamu :) Siapa tahu kalian lebih beruntung dapet yang diskonan :D

4 pemikiran pada “Berbincang dengan Coach Mike Krzyzewski

Tinggalkan Balasan

