Sue Wicks, Kenali Sebelum Bertemu Tanggal 25 Mei Nanti di Jakarta

Tanggal 25 Mei nanti kita akan kedatangan 2 orang tamu istimewa, Sue Wicks dan Sam Perkins. Sam Perkins adalah seorang veteran NBA yang pernah bermain di klub favorit gw Seattle Supersonics (sekarang klub ini sudah beristirahat dalam damai :P) dan merupakan rekan dari 2 orang pemain favorit gw, Gary Payton dan Shawn Kemp.

Bersama Sam Perkins, datang pula seorang veteran pebasket wanita dari liga WNBA. Jika Sam Perkins adalah seorang pemain yang relatif cukup dikenal oleh pecinta olahraga bola basket di Indonesia, barangkali Sue Wicks sedikit akan memicu pertanyaan dalam benak kita “Siapa nih cewek bule pemain basket?”

Biografi singkat Sue Wicks

Biografi ini gw terjemahkan secara bebas dari salah satu situs yang memuat biografi orang-orang hebat di dunia (lihat aslinya di sini). Tadinya gw ingin menyarikan dari beberapa sumber, namun tampaknya tulisan dari situs tersebut sepertinya sudah bercerita mengenai Sue Wicks dengan ringkas nan padat.

Sue Wicks (terlahir dengan nama asli Susan Joy Wicks pada tanggal 26 November 1966 di Center Moriches, New York) adalah mantan pemain Women’s National Basketball Association (WNBA) yang bermain untuk klub New York Liberty dari tahun 1997 hingga 2002. Wicks lulus dari Rutgers University pada tahun 1988. Sue Wicks berposisi sebagai center.

Pada tahun 1987, Wicks meraih medali emas di kejuaraan Pan-American Games (Sebuah pesta olahraga antar negara-negara di benua Amerika). Selama lebih dari 15 tahun Wicks bermain basket profesional di luar Amerika Serikat.

Sejak tahun 1999, Wicks telah menjadi bagian dari pemain inti di Liberty dengan posisi center. Bahkan dengan kemampuan bertahannya yang sangat baik, Wicks menjadi langganan WNBA All-Star dari tahun itu hingga masa pensiunnya.

Pada tahun 2000, Wicks mendapatkan anugerah Kim Perrot Sportsmanship Award (anugerah atau award untuk pemain paling sportif di WNBA). Di tahun 1999 dan 2000, New York Liberty mencapai final WNBA, namun harus selalu mengakui keunggulan Houston Comets di dua final tersebut. Liberty dan Wicks kembali masuk final WNBA pada tahun 2002 tetapi kembali harus mengakui keunggulan seteru mereka Los Angeles Sparks.

Wicks telah bermain sebanyak 182 kali di WNBA, mencetak 823 angka (4,5 poin per game), 182 assists (1 assist per game), 788 robounds (4,3 rebounds per game), dan total 158 blok (0,90 blocks per game). Wicks menutup karirnya di WNBA sebagai pemain terbanyak melakukan blok di urutan ke-8.

Sejak tak lagi bermain untuk basket profesional, Wicks mendirikan sebuah kemah pelatihan basket (basketball camp) khusus perempuan di New York. Tahun 2004, ia ditunjuk sebagai koordinator operasional klub bola basket di almamaternya, Rutgers University.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s