Kejutan Dari CLS Knights Surabaya (Final 4 Bima Sakti Cup 2010)

Kejutan terjadi pada turnamen Bimasakti Cup kemarin (14/5). Tim kuat CLS Knights Surabaya harus mengakui keunggulan Citra Satria Jakarta 51-60 di GOR Bimasakti, Malang. Walau menelan kekalahan pada pertandingan terakhirnya, Andre Ekayana dkk tetap berhak melangkah ke final four.

CLS Knights menjadi runner-up grup B atau satu setrip di bawah Aspac Jakarta. CLS Knights berhasil lolos setelah secara head to head unggul atas dua pesaing utamanya di grup B, Bimasakti Malang dan Muba Hang Tuah Sumsel. Dua tim itu pernah dijinakkan CLS Knights dengan skor 75-68 dan 67-62.

Babak empat besar akan dilangsungkan hari ini (15/5). Anak asuh Coach Amran itu akan bertemu juara grup A, Pelita Jaya Jakarta. Pelita Jaya merupakan tim yang pantas diperhitungkan dalam turnamen yang diisi sejumlah pemain nasional tersebut. Di antaranya, Romy Chandra, Nyoman Indrawan, dan Joulius Iroth.

Pada pertandingan kemarin, CLS Knights sebenarnya mendominasi pertandingan. Dalam dua kuarter awal, CLS Knights memimpin perolehan angka atas Citra Satria, 12-3. Pada kuarter kedua pun, Andre Ekayana dkk masih memimpin 28-27.

Petaka bagi CLS Knights terjadi pada dua kuarter terakhir. Merasa unggul, pelatih CLS Knights Amran mulai bereksperimen dengan menurunkan pemain cadangan. Hasilnya, kualitas pemain pelapis yang belum sebagus pemain utama membuat mereka keteteran. Citra Satria berbalik memimpin keadaan. Pada kuarter ketiga, Citra Satria unggul 44-36. Lalu, pada kuarter terakhir, Citra Satria unggul 60-51.

Asisten pelatih CLS Erwin Triono mengatakan, pihaknya menyimpan tenaga saat melawan Citra Satria dengan menurunkan sejumlah pemain cadangan. Hal itu dilakukan agar anak asuhnya bisa lebih fresh saat menghadapi Pelita Jaya hari ini. ”Kami juga ingin memberikan kesempatan kepada pemain muda kami. Ini sangat diperlukan agar mereka merasakan atmosfer kompetisi seperti ini,” beber Erwin.

Sementara itu, dalam pertandingan lainnya, tim tangguh asal ibu kota, Satria Muda Jakarta, juga sukses melaju ke final four. Dalam laga terakhirnya, Wellyanson Situmorang dkk berhasil mengalahkan Angsapura Salatiga 80-49. Dengan demikian, juara IBL (Indonesian Basketball League) 2009 tersebut akan menantang Aspac Jakarta pada final four Bimasakti Cup.

Dengan hasil tersebut, Satria Muda tampil sebagai runner-up grup A, di bawah Pelita Jaya. Tim itu meraih poin tujuh dari hasil empat kali bertanding. Yakni, tiga kali menang dan sekali kalah. Kemenangan tersebut diraih atas Stadium Jakarta, Garuda Bandung, dan Angsapura Salatiga. Satu-satunya kekalahan didapat dari Pelita Jaya.

Nah, partai Aspac versus Satria Muda pada babak empat besar hari ini dipastikan sebagai pertandingan sarat gengsi. Apalagi keduanya merupakan tim dengan tradisi juara di ranah kompetisi bola basket nasional. Dalam pertemuan terakhir mereka, pada partai final IBL musim 2009, Satria Muda berhasil mengalahkan Aspac.

2 pemikiran pada “Kejutan Dari CLS Knights Surabaya (Final 4 Bima Sakti Cup 2010)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s