Kunci Pelita Jaya Bekuk Garuda (Bima Sakti Cup 2010/ Hari 2)

Garuda Flexi Bandung yang pada hari pertama secara gilang gemilang menggelontor Angsapura 99-44 kemarin (11/5) dipaksa menuai kekalahan. Penakluk Mario Wuysang dkk itu adalah Pelita Jaya Jakarta dengan skor 77-50.

Garuda merupakan salah satu tim dengan skuad paling mentereng di Indonesia saat ini. Hal itu membuat mereka selalu menembus final four Indonesian Basketball League (IBL) dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, pada 2008, mereka menjuarai turnamen IBL.

Di Bimasakti Cup pun, mereka seharusnya melaju mulus pada babak kualifikasi grup. Sebab, mereka menurunkan skuad terbaik untuk memenuhi target juara.

Kemenangan Pelita Jaya kemarin juga menunjukkan bahwa mereka tidak bisa dianggap remeh lagi. Itu merupakan sinyal bahwa mereka bisa mengubah formasi final four IBL dalam dua tahun terakhir yang selalu diisi Satria Muda, Aspac, Garuda, dan CLS Knights. Tentu saja, sinyal tersebut semakin kuat jika pada Bimasakti Cup, Pelita Jaya bisa lebih dahulu menembus final four.

Laga dua tim bertetangga itu berlangsung cukup seru. Pada kuarter pertama, Garuda Flexi unggul 17-16. Keadaan kemudian berbalik pada quarter kedua, Pelita unggul 38-23. Dominasi Pelita berlanjut pada kuarter ketiga dengan skor 59-41. Keunggulan 18 poin memasuki kuarter keempat membuat Pelita cukup nyaman untuk mengamankan kemenangan 77-50.

Pelatih Pelita Rastafari Horong bala menyatakan, kunci kemenangan timnya terletak pada kedisplinan anak asuhnya untuk membangun organisasi pertahanan dan penyerangan. ”Kami tidak memberikan kesempatan kepada pemain Garuda Flexi untuk menembak tiga angka,” ujarnya.

Selain itu, kemenangan Pelita kemarin tidak lepas dari keberhasilan mereka menutup per gerakan dua bigmen Garuda, I Made ”Lolik” Sudiadnyana dan Cokorda Raka S. Wibawa. ”Dua pemain dengan postur tinggi itu kami matikan. Dan, kami cukup berhasil dengan strategi tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, pelatih Garuda Johanis Winar mengapresiasi per mainan Pelita. Menurut dia, permainan timnya tidak bisa berkembang karena disiplin tinggi yang diterapkan Pelita.

(Thank you @azizhasibuan)

4 pemikiran pada “Kunci Pelita Jaya Bekuk Garuda (Bima Sakti Cup 2010/ Hari 2)

  1. Ada info yang akurat gak sih soal kenapa Densu gak ikut ke turnamen ini ya?

    Apa karena dia emang beneran mau pindah klub seperti gosip yg beredar di twitter? :P

  2. Denger2 PJE di Bima Sakti Cup ini ngga full tim ya? Andy Batam, Kelly, Erik, Yudhi ngga main karena cedera. Kalo Batam katanya sakit mata ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s