Bintang Iklan untuk IBL 2010

Awalnya gw ngobrol via yahoo messenger dengan seorang teman di DBL/IBL (Yogi) tentang rencana membuat iklan untuk Indonesian Basketball League (IBL) 2010. Waktu gw tanya apakah iklan tersebut nantinya berupa iklan media cetak atau media suara-gambar, Yogi tidak menjawab.

Karena tidak mendapat jawaban, gw asumsikan saja bahwa penyelenggara IBL 2010 akan membuat iklan media cetak dan juga suara-gambar sebab sepengetahuan gw, penyelenggara IBL 2010 memiliki hubungan jaringan kerja yang kuat dengan baik media cetak maupun media suara-gambar :)

Usulan nama-nama pemain IBL

Untuk mengajak masyarakat agar mau menonton IBL, banyak sekali tweet yang masuk mengusulkan nama-nama para pemain IBL yang populer dan memang sepertinya bagus untuk menjadi bintang iklan IBL. Nama teratas dan paling sering muncul adalah Denny Sumargo, Kelly Purwanto, Roni Gunawan, dan Mario Wuysang. Ada juga beberapa nama lain seperti Xaverius, Ary Chandra, dan Max Yanto.

Usulan nama-nama non-pemain basket/IBL

Lalu muncul dalam benak gw, “ya, gw tahu Denny Sumargo, Kelly Purwanto, Roni Gunawan. Tetapi ketika gw tanyakan kepada teman-teman gw apakah mereka mengenal nama-nama tersebut, jawabannya lebih banyak geleng-geleng kepala acuh tak acuh.”

Iklan-iklan NBA tak melulu berisi para pemain NBA. Selebriti bahkan masyarakat biasa pernah pula menjadi bintang iklan mereka. Akhirnya gw pun mengusulkan beberapa nama selebriti yang sekiranya pantas membintangi iklan IBL; Sandra Dewi, Dian Sastro, dan Farah Quin. Dasar usulan gw adalah bahwa wanita-wanita ayu tersebut sangat populer, cantik, cerdas, dan hampir tidak ada hubungannya sama sekali dengan dunia basket.

Banyak yang tidak setuju dengan Sandra Dewi (entah mengapa). Dian Sastro pun tak terlalu dianggap. Namun Farah Quin menjadi idola! (mengapa?)

Muncul juga beberapa nama selebriti lain yang pada umumnya “cukup basket”; Tamara Geraldine, Iwa K, Mario Lawalata, dan Samuel Rizal.

Konsep iklan memikat

Bagi gw, mau menggunakan pemain IBL bagus. Mengedepankan selebriti yang tak ada hubungannya dengan basket pun bisa keren. Dan tentunya penggabungan keduanya bisa jadi luar biasa.

Terlepas dari siapa yang membintangi iklannya (bahkan sangat mungkin tanpa bintang iklan atau tanpa pemeran) yang sebenarnya tak kalah penting adalah konsep iklannya.

Ini tidak mudah. Membuat iklan yang menggugah pemirsanya untuk mencari tahu lebih jauh adalah sebuah tantangan besar. Konsep iklannya bukan hanya mampu mengatakan bahwa permainan bola basket itu keren. Harus lebih jauh (talk is cheap dude..hehee..)

IBL nanti jelas bukan sekadar tontonan pertandingan olah raga saja. Ia adalah alternatif hiburan. Ia menawarkan beragam sensasi; kegembiraan, kesedihan, ketegangan, marah, tertawa, dan lain-lain. Saingannya sebagai tontonan hiburan bukan hanya liga sepak bola Indonesian Super League (ISL) atau liga voli Proliga, tetapi juga studio bioskop 21, XXI, Blitz Megaplex, dvd bajakan, mall-mall, wisata kuliner, bahkan liburan ke luar negeri atau mungkin Bali!

Akhirnya, iklan IBL hanya satu bagian dari banyak ujung tombak promosi nantinya. Kemauan teman-teman untuk nonton langsung di GOR atau stadion dengan mengajak teman, keluarga, orang tersayang, dan bercerita betapa dahsyatnya IBL juga tak akan kalah kuat. Katanya sih the power of mouth is very powerful.

Maju terus basket Indonesia :)

Iklan

21 pemikiran pada “Bintang Iklan untuk IBL 2010

  1. Mau tau kenapa sebaiknya harus dari pemain IBL atau minimal selebritis yg penggemar basket? karena nanti pasti iklannya itu si pemain basket slamdunk ke ring. Kalo dari artis yang gak ngerti basket pasti keliatan boongnya :)

  2. klo menurut gw sih mending lobi aja menegpora biar dia jadi support bagaimanapun kan pemerintah bisa diajak tuch hehehheeheh gmn tah?
    yg jelas bener kt sesa diatas jangan ampe pake orang2 yg gak ngerti basket ……

  3. @Sesa, idenya bisa banyak. Gak harus sedang main basket. Untuk selebriti yang gak ngerti basket, bukan berarti dia dipaksakan bermain basket. Banyak peran yang bisa mereka mainkan. Dengan mereka tengah nonton basket dengan bahagia dan antusias saja sudah cukup bisa menarik perhatian.

    @Abloy, insyaAllah pemerintah pasti dukung. Dan bagi gw, justru orang-orang yang gak ngerti basket bisa punya daya tarik sendiri. Coba pikirkan kembali :)

  4. Knp gk digabung skalian aja antara Pemain IBL itu sendiri dengan Artis yg ngerti basket..
    Sebagai cth : Samuel Rizal yg sedang main di lapangan kosong lalu dtg Denny Sumargo.sempet main 1on1 yg pd akhirnya Sammy mengakui keunggulan Denny..

    Klo Artis otomatis udh ngetop..namun pemain IBL blm tntu..
    Pesan akhirnya mari berbondong2 nntn IBL.. :)

  5. kayanya bebas deh siapa ajah bintang iklannya.. yang penting dikemas secara menarik.. dan menurut g sih perlu banget muculnya pemaen basket di iklan itu.. klo bole rekomen densu.. soalnya dia dah mulai masuk ke dunia entertainment (iklan, komentator n bintang tamu).. jadi seengganya lebih dikenal.. entah mu kolaborasi ma orang awam, pencinta basket atau seleb.. ^___^ thx

  6. @Amelia, nanti akan ada pengumuman resmi dari IBL. Tunggu tanggal mainnya yaa :)

    @GeeDendeng, hehee tambahan 1 alternatif ide. Semoga dipertimbangkan oleh penyelenggara IBL nanti. Thank you sob :)

  7. Wihh, saya setuju tuh dgn idenya GeeDendeng..

    pkonya bikin masyaraket yg awam tentang basket jadi Penasaran + Tertarik..
    Pasti seruu..hehe

  8. Gue rasa iklannya jangan hanya memperlihatkan betapa kerennya maen basket itu (krn selama ini iklan basket yang gue tangkep pesannya itu, apa gw yg bolot ya :P).

    Mungkin lebih tepat adalah bagaimana iklan itu bisa membuat orang tertarik untuk nonton IBL. Kl menurut gue, program seperti NBA Care yang kemudian dipublikasikan (bisa dibuat iklannya gak ya?) di Amrik sono merupakan salah satu daya tarik bagi masyarakat buat mau dateng nonton karena ternyata basket menerapkan program yang perduli masyarakat. Ini menimbulkan rasa simpati kan, dan di Indonesia ini sekarang lagi musim simpati. Jadilah pihak yang teraniaya (gak jelas anda bener atau salahnya yang penting teraniaya) dan anda pasti dapet simpati masyarakat, agak ironis emang..
    just some thought

  9. @mainbasket : angsapura memang gulung tikar. tapi tidak keluar dari IBL karena kontrak dengan evalube masih berlangsung, season kemren mereka berada di buntut klasemen. menurut kabar angin mereka sedang menyusun kekuatan baru dari kota yang berbeda yaitu Salatiga. target tahun ini mereka harus berada di posisi papan tengah klasemen..semoga bisa…

  10. @mainbasket : maaf out of context komentar saya..untuk komentar tentang postingan ini ..gw usulin jangan mario lawalata..nanti yang terknal malah Aliansi Biangbola..wkwkwkwk…pandangan gw mending dari figur pelawak..komeng & adul. semoga mereka bisa menghibur..wkwkwk

  11. Liat iklan piala dunia 2010 yang diputer di salah satu tv swasta ?

    itu bisa jadi contoh iklan sebuah turnamen yang menarik .. ada ibu rumah tangga .. kondektur bis .. rakyat biasa . dimana digambarkan mereka sangat antusias menunggu momen tersebut.

    Bisa menjadi salah satu referensi dalam membuat iklan IBL

  12. Menurut gw iklannya bisa dibuat beberapa versi yang merepresentasikan beberapa target segmen dari IBL itu sendiri. Segmen yang disasar oleh IBL itu siapa aja sih ? kemudian masuk dalam ses apa mereka ? Terus perilaku nya seperti apa ?
    Basket seringkali diasumsikan sebagai olahraga eksklusif hrs berani bicara dalam iklannya dengan melakukan kajian terhadap target pasarnya.
    Klo pendapat gw sih pasarnya IBL itu adalah eksekutif muda dan anak sekolahan.
    Bisa saja IBL bikin iklan menggunakan para eksekutif muda tersebut bekerjasama dgn liga eksekutif yang cukup sering digelar dengan iklan yg menggunakan artis yg sedang digandrungi oleh anak muda sebagai brand ambassadornya..
    Pasti keren tuh, eksekutif muda dengan setelan jas lengkap sedang main basket abis pulang kerja di lapangan basket kantor, abis itu nntn bareng IBL.

    Hehehe.. just my imagination..

  13. klo menurut gw sech iklan IBL tahun ini harus jauh mem publik di media indonesia, tentunya dalam iklan harus ada bintang yang menjual dan berkesan di hati para audience,dari pemian basket nya ndiri ntu sudah pasti harus ada tp alangkah lebih baiknya terdapat musisi,tokoh bangsa,artis ternama,penjabat,anak2,orang dewasa,pria maupun wanita harus terlibat dalam iklan tersebut secara tampilan dalam iklan tersebut agar IBL terkesan milik untuk segala kalangan,dan pastinya untuk siapa saja…dan tak lupa dalam iklan tersebut di bubuhi jinggle or lagu yang tepat dengan semangat basket indonesia !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s