Indonesia Jawara Basket Dunia! (Yakinlah!)

Azrul, seorang teman di Surabaya pernah bilang ke gw “Aku suka tagline blogmu. Jangan pernah diganti!”

Siang ini gw tengah membaca sebuah buku desain yang cukup tebal dan berwarna-warni berjudul Designing Brand Identity tulisan Alina Wheeler. Dalam salah satu bab, Alina mengatakan pentingnya sebuah tagline yang kuat. Tagline dari sebuah merek tanpa disadari dapat memengaruhi perilaku seseorang ketika ia mengenakan produk yang terasosiasi dengan tagline tersebut.

Ketika seseorang mengenakan sepatu Nike, entah bagaimana ia seperti menjadi seorang yang sangat percaya diri dengan berkata dalam hati “lakukan saja!” Banyak contoh-contoh tagline lain yang memiliki kekuatan serupa.

Blog ini dimulai sekitar dua tahun lalu. Saat itu gw sudah merasa membutuhkan sebuah kalimat pengait yang mengasosiasikan blog ini dengan sesuatu yang dimiliki oleh semua pecinta basket Indonesia. Karena blog ini memang khusus basket Indonesia.

“Indonesia Jawara Basket Dunia!” muncul pertama kali dan langsung “sreg” dengan hati gw.

Siapapun orang Indonesia pasti punya keinginan ini di dasar lubuk hatinya, Indonesia jawara basket dunia! Namun seperti kata Seth Godin di Linchpin, semua orang memiliki “diri kecil” dalam dirinya yang sering mengganggu dengan menyatakan bahwa “lu gak mampu”, begitu pula skeptisisme banyak orang ketika membaca tagline blog gw. Biasanya yang keluar adalah “realistis sajalah”

Orang-orang skeptis dan pesimis banyak sekali jumlahnya. Apalagi terkait dengan hal yang sepertinya terlalu mustahil untuk diraih. Padahal gw yakin, dalam hatinya pasti menginginkan persis seperti apa yang dikatakan tagline gw, Indonesia Jawara Basket Dunia!

Gw jadi ingin berseru untuk para skeptis dan pesimis untuk cukup membalikkan skeptisismenya menjadi sebuah keyakinan. Hanya meyakininya 100% saja! Tak perlu berusaha. Biarlah yang 110% yakin yang berusaha.

Tetapi, bukankah tak ada bedanya antara skeptis dan pesimis dan tidak berbuat sesuatu dengan optimis tetapi juga tidak berbuat sesuatu?

Barangkali memang seperti tak ada bedanya. Tetapi Paulo Coelho pasti tidak setuju, “Jika engkau memiliki sebuah keinginan, maka bumi dan alam raya akan membantumu meraihnya.” begitu kata si kakek pengarang novel The Alchemist.

Bahkan dalam novel termutakhirnya Dan Brown, The Lost Symbol, menjelaskan bahwa Amerika tengah menguji dan mengembangkan sebuah pengetahuan baru yang disebut “neotic”, di mana ada suatu keyakinan bahwa pikiran memiliki massa, oleh karenanya dapat menggerakkan massa (materi) pula. Artinya, pikiran positif itu persis seperti yang diyakini kaum beragama selama ini, ia bak doa. Seperti berdoa beramai-ramai. Pikiran yang sama dan terkonsentrasi bersama dapat menggerakkan massa! Dapat mewujudkan sesuatu. Persis doa, hanya saja terjelaskan secara lebih ilmiah.

Jika kekuatan 1 pikiran adalah setara 1 kekuatan, 2 pikiran memiliki kekuatan yang lebih hebat. Ia tidak setara dengan 2 kekuatan namun lipatannya bersifat eksponensial. Bayangkan jika jutaan orang Indonesia yakin bahwa kita mampu jadi jawara basket dunia! Kita hanya tinggal menunggu waktu saja. Karena bumi dan alam raya yang akan membantu kita mewujudkannya.

InsyaAllah :)

4 pemikiran pada “Indonesia Jawara Basket Dunia! (Yakinlah!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s