Seteru Abadi, Bandung vs Jakarta

Orang Bandung tidak suka kalah dari Jakarta. Demikian pula sebaliknya. Kekalahan memang tidak menyenangkan, namun kekalahan Ibu Kota dari Kota Kembang atau sebaliknya memberi kesedihan yang lebih mendalam. Kemenangan pun terasa jauh lebih indah ketika Bandung menang atas Jakarta atau Jakarta menang atas Bandung.

Rivalitas ini entah kapan mulainya. Hampir di semua lini yang menghasilkan kompetisi, Bandung dan Jakarta seolah menjunjung sebuah gengsi tersendiri kala bersaing. Di dunia sepak bola, laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh penggemar sepak bola dua kota tersebut. Tak peduli tengah berada pada posisi berapapun kedua tim ini di kelasemen sementara liga.

Garuda Bandung di ranah bola basket akan mendapat dukungan penuh dari para pendukung fanatiknya saat berhadapan melawan Satria Muda, Aspac, ataupun Pelita Jaya. GOR C-Tra Arena akan gemuruh dengan alunan semangat “Garuda di Dadaku”-nya Netral.

Pun sama halnya di dunia kreatif seperti musik. Seminggu yang lalu bahkan musisi-musisi berdarah Sunda berkumpul dan pentas bareng di depan Gedung Sate. Seolah menyatakan dengan bangga “Kami dari Bandung!”. Ketika ada sebuah band atau musisi baru yang muncul ke permukaan. Orang-orang kerap bertanya, “band Bandung atau Jakarta nih?” Seolah semuanya harus selalu dibandingkan. Bagi para pecinta musik, kecenderungan musik Bandung dan Jakarta memang ada bedanya.

Bagi gw, rivalitas ini keren dan sangat baik. Masyarakat kedua kota menjadi kompetitif dan berusaha sekuat tenaga untuk menunjukkan karya terbaik dari kota kebanggaan masing-masing. Gw bahkan berharap setiap kota di Indonesia memiliki semangat yang sama. Bukan dalam bentuk yang negatif tetapi demi sebuah progresifitas yang menguntungkan. Inilah seharusnya semangat kompetitif kedaerahan yang harus dikedepankan. Semangat bersaing yang sportif. Bukan fanatisme kedaerahan berlebihan yang buta.

2 pemikiran pada “Seteru Abadi, Bandung vs Jakarta

  1. mmmmm……..yg jelas karya orang2 bandung orisinil bray…

    loe bayangin aja…..berapa banyak band yg berasal dari bandung n gak sedikit yg jadi ngetop n mantep…….

    tapi keunggulan dari yg namanya kota jakarta, semua mencari kehidupan n uang dari sana hoohohhhoo (betul gak sih gw) wkkwkwkwkwkkwkw

  2. iyya, kalo bandung sama jakarta kan selalu aja tuh, gg pernah akur kayaknya
    apalagi kalo bola sama basket, kayaknya kalo bisa berantem berantem dah ah pendukungnya (:
    tapii gg tau knapa, selalu orangorang mikir, yang dri bandung yang ekstrem dan sadis .
    gg tau juga yya, mungkin karna yang saya tanyain itu orang jakarta :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s