Film “3 Idiots” dan Masa SMA Gw :)

Baru gw tonton beberapa hari lalu, film ini sedikiiittttt membawa gw kepada kenangan saat gw SMA. Begini ceritanya.

Dulu, saat gw SMA, gw gak pandai mata pelajaran berhitung dan mata pelajaran ilmu alam. Beneran gak pandai dalam arti sebenarnya lho. Jika menggunakan standar kelulusan nilai UN yang digunakan oleh pemerintah sekarang agar anak SMA bisa tamat, maka jelas, gw pasti gak lulus. Nilai gw hancur bos! :)

Saking tak pahamnya dengan apa-apa yang dijelaskan oleh guru-guru matematika, fisika, kimia, dan sebangsanya, gw kerap bertanya dengan baik kepada guru-guru gw saat itu, tentu saja agar gw lebih mudah memahami apa yang mereka jelaskan. Alih-alih mendapat jawaban yang memuaskan gw, gw malah sering menjadi bahan tertawaan satu kelas. Guru kimia gw menganggap pertanyaan gw aneh. Guru matematika gw meminta maaf karena tak bisa menjawab pertanyaan gw. Guru fisika gw “menyerahkan” jawaban pertanyaan gw kepada Tuhan. Gw sendiri tak jua tercerahkan saat itu.

Karena efek memalukan yang ditimbulkan pasca pertanyaan yang gw lontarkan begitu membekas di hati gw, gw sulit melupakan momen-momen bertanya tersebut dan bagaimana gw baru menemukan jawabannya justru setelah gw tamat kuliah, dan malah membuat gw bangga pernah melontarkan pertanyaan berkelas! :) Ini dia pertanyaan-pertanyaan gw saat itu.

Mata pelajaran kimia

Waktu itu guru tengah menjelaskan nama-nama unsur, lambangnya, tabelnya, serta cara praktis menghapalkannya. Seperti biasa, setelah menjelaskan panjang lebar, guru memberi sesi pertanyaan. Gw mengangkat tangan dan bertanya,

“Bu, kalau api lambang unsurnya apa?”

“Api ya api.” kata guru gw. “Ya api itu apa lambangnya?” timpal gw lagi. Guru gw terlihat sedikit emosi dan mengatakan bahwa gw melontarkan sebuah pertanyaan aneh. Seisi kelas menertawakan gw :)

Suatu hari tanpa sengaja gw nonton Discovery Channel yang sedang membahas tentang api. Program tentang api itu ditutup dengan sebuah pertanyaan “So, what is the essence of fire?”. Kaget bukan main gw! Ternyata pertanyaan gw saat SMA dulu adalah salah satu pertanyaan besar yang belum terjawab dalam dunia ilmu pengetahuan. Pantas saja guru gw tak bisa menjawabnya.

Mata pelajaran fisika

Blank! Benar-benar blank gw dengan mata pelajaran kegemarannya pak Einstein ini! Namun ada satu pokok bahasan yang menarik bagi gw saat itu (walau tetap saja menghitung rumus-rumusnya menjadi momok buat gw), fisika kuantum.

Penjelasan guru fisika gw begitu menarik sehingga gw bertanya “Pak, jika kita bisa ke masa depan, artinya, saat ini pun masa depan itu tengah terjadi bersamaan dengan masa kini?”

Dang! Guru gw hanya menjawab dengan senyum manis :)

Jawaban atas pertanyaan tersebut masih menjadi misteri buat gw. Dan mungkin juga masih menjadi misteri bagi para ilmuwan bahkan seniman. Orang-orang jenius baru mampu memecahkan masalah ini sebatas berimajinasi dengan membuat film-film keren berlatar belakang masa depan yang terhubung dengan masa kini.

Mata pelajaran matematika

Inilah mata pelajaran yang mendidik gw untuk berusaha sekuat tenaga meraih nilai bagus dengan cara apapun. Termasuk mencontek! Gw sangat jago mencontek saat SMA (hina kok dibanggakan..hehee).

Terlalu sering mencontek dan sulit memahami pelajaran matematika mengundang gw bertanya kepada guru gw. Sejujurnya, saat itu, pertanyaan ini sedikit bernada putus asa bagi gw. “Pak, buat apa saya belajar berbagai macam rumus matematika ini? Akankah terpakai nantinya di dalam kehidupan saya?”

Dengan bijak pak guru gw meletakkan kapurnya, tersenyum, dan menjawab “Pertanyaanmu bagus Dan. Saya mengerti pertanyaan itu. Memang agak sulit mencari korelasi rumus-rumus ini dengan kehidupan nyata sehari-hari. Apa yang saya lakukan di sini hanya mengikuti kurikulum yang sudah ditetapkan secara nasional. Pemerintah meminta saya mengajarkan ini, maka inilah yang saya ajarkan.”

Jawaban pak guru cukup memuaskan gw. Walau nilai ujian akhir gw tetap jauh dari memuaskan.

Kembali ke 3 Idiots

Film ini sebenarnya agak berkebalikan dengan judulnya. Ia seharusnya diberi judul 2 Geniuses and 1 Super Genius. Ceritanya berkisah tentang, nonton sendiri deh. Bagus!

Gak mau gw ceritain :)

“Hubungan dengan kisah SMA lu?”

Hahahaaa, entahlah. Pengen cerita aja. Nonton deh 3 Idiots! Sekali lagi, bagus!

4 pemikiran pada “Film “3 Idiots” dan Masa SMA Gw :)

  1. Nice!! berrti bung idan salah satu “idiot” gtu. he3x.
    keliatan koq bung, pas ketemu d bdg kmren2.

    stuju ma pertanyaan matematika ma fisika, gw jg kpikiran yg sama cuma sbatas share ma tmn dan gk prnah dtanyakan ma Guru (serem bos gru ane pas sma, soalnya srg nanya balik)

    Nah, klo yg kimia.. salut!! mungkin itu yg bedkan bung ma ‘idiot’ laen.

  2. mnrt gw lmyn bgs filmx,,
    bnyk psan2 moralx jg,,
    dr sdut pndng edukasi sugestiin kt2 bwt nkunin perkuliahan yg sesuai sm kmauan kt,,
    alx psti brt bgt kl kuliah cm pksaan dr bkap nyokap tw gr2 trpksa,,
    hhe,,
    kren lh pkokx filmx,,
    tp nmx film india,,
    ttp aj diselipin joget2 gt,,
    hehe

  3. Sayangnya, saat belajar math diajarin rumusnya, bukan bagaimana mendapatkan rumus tersebut. jawaban pak guru cukup diplomatis :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s