Layups are Cooler than Slamdunks?

Kalimat di atas adalah tweet dari teman gw, Moerat yang memicu sedikit kontroversi di kalangan teman-teman gw yang lain yang sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Beberapa dari mereka bertanya-tanya dengan heran, “bagaimana mungkin slamdunk dikatakan tidak lebih keren daripada layup?”

(Di sebelah Nsane11 bukan Thyus Edney)

Sejujurnya, gw awalnya agak heran dengan teman-teman yang sebegitu emosinya menanggapi tweet dari Moerat tersebut. Karena Moerat hanya menanggapi tweet sebelumnya dari 13MCoachK yang kurang lebih menyatakan bahwa teknik dan keahlian fundamental dalam bermain basket itu esensial. Namun di atas itu, gw juga menghargai sebuah pernyataan pribadi dan kebebasan berpendapat. Dan tentu saja, gw rasa Moerat pun tidak bermaksud apa-apa karena pernyataan ini hanyalah selera pribadi dia yang memang lebih menyukai layup indah daripada sebuah dunk.

Kontroversi?

Salah satu teman gw yang paling keras dalam menyatakan ketidaksetujuannya dengan pernyataan Moerat adalah Nsane11. Nsane11 seperti kebakaran jenggot. Gw sampai membayangkan Nsane11 kelimpungan gak jelas saking gak percayanya ada orang yang bisa bilang layup lebih keren daripada slamdunk. Nsane11 berkali-kali ngetweet tanggapannya akan pernyataan tersebut dan di re-tweet oleh banyak followersnya.

Gw pun sedikit bingung sambil tertawa, “Ini si Nsane11 kenapa sih segitu amat. Biasa aja kali bro. Kan di dunia ini orang-orang punya selera masing-masing.”

Tak lama usai gw berpikir begitu, Nsane11 menelepon gw dan menceritakan kepada gw sebuah pengalaman yang sangat inspiratif. Singkat, namun kembali mampu mengingatkan gw bahwa kerja keras adalah salah satu kunci keberhasilan.

Kisah si Nsane11 yang tak banyak diketahui orang-orang bahkan fansnya!

Suatu hari sebelum tahun 1996 (tua juga lu bro ya.) Nsane11 sedang bermain basket di sebuah lapangan bersama anak-anak lain yang juga ikut bermain. Salah satu dari pemain basket tersebut menegur Nsane11 dengan angkuh “Kalau mau layup, di ring sebelah sana saja.”

Ring tersebut saat itu memang dijadikan ajang unjuk kebolehan slamdunk oleh anak-anak basket lainnya (Gw membayangkan, Nsane11 tertunduk lesu sembari berjalan menuju “ring layup” di sisi lain lapangan basket tersebut..hehe.).

“Panas gw bro. Sejak itu gw berusaha agar bisa slamdunk. Kasarnya, gw berusaha biar bisa slamdunk sampai terkentut-kentut. Sampai sakit-sakitan gw bro.” cerita Nsane11 dengan nada suara bersemangatnya yang khas.

Pada tahun 1996, di Lapangan Sarinah Thamrin, Jakarta diadakan 3 on 3 Adidas Streetball. Salah satu kejuaraannya adalah kontes slamdunk. Penasaran dan dendam kesumat Nsane11 terbayar. Sangat terbayar! Nsane11 keluar sebagai juara dan mengalahkan kontestan-kontestan lain yang memiliki tinggi badan jauh di atas dia. Waktu itu Nsane11 hanya 168cm (Kok sekarang kayaknya lu pendekan ya bro?).

Saat itu yang memberikan penghargaan kepada Nsane11 adalah Thyus Edney, pemain NBA, point guard Sacramento Kings. “Finally, this little david wins the trophy. It is not a goliath game anymore. You are big among those giants.” kata Thyus Edney kepada khalayak saat itu kenang Nsane11.

Mendengar cerita pengalaman pribadi Nsane11 gw terkagum-kagum dan tak lagi memikirkan kontroversi pernyataan Moerat tadi. Moerat punya hak ngetweet begitu. Nsane11 punya pengalaman berharga yang berisi pelajaran bagi anak-anak basket yang lain.

Masih ada gak ya anak basket zaman sekarang yang punya motivasi sebesar Nsane11 saat itu? Eh, pada tahu kan Nsane11 itu siapa? Coba google aja deh.

2 pemikiran pada “Layups are Cooler than Slamdunks?

  1. Hahahahahaha gokil bro..no pain no gain right nsane??memang bener butuh kerja keras bwat mencapai sebuah tujuan yang kita inginkan..Don’t ever let our weaknesses stoping us for reaching our dreams/goals..

Tinggalkan Balasan

