5 Penyebab Kekalahan Satria Muda (68) atas Patriots (78) (Game 1 Final ABL 2010)

(foto dari redhoops)

Entah ke mana perginya api semangat yang membakar Satria Muda Britama Jakarta saat mengalahkan Singapore Slingers di semi final lalu. Pada game 1 dari sistem best of 5 final ABL melawan Philippine Patriots petang tadi, Satria Muda tak ubahnya seperti pejuang yang patah arang. Dingin tanpa semangat. Loyo.

Apakah penonton pendukung Patriots terlalu tangguh untuk ditaklukan? Sepertinya demikian. Genderang bertalu-talu yang tiada henti didentumkan pendukung Patriots barangkali merusak konsentrasi pemain-pemain Satria Muda. Berikut beberapa catatan kesimpulan atas pertandingan tidak seru antara Satria Muda (68) melawan Philippine Patriots (78).

1. Pertahanan yang sangat rapuh

Pola pertahanan zona yang dimainkan Satria Muda tidak efektif. Selain terlalu dalam di area kunci yang membuat pemain Patriots leluasa menembak 3 angka, pergerakan pemain Satria Muda untuk menutup zona yang kosong selalu terlambat. Tak terlihat usaha untuk memperbaiki kelemahan yang sudah terlihat sejak kuarter 1 ini.

2. Shooting buruk

Amin Prihantono beberapa kali gagal menjaringkan percobaan tembakan 3 angkanya. Pemain-pemain lain pun demikian. Eksekusi tembakan bebas yang seharusnya jadi ladang empuk mengeruk angka seringkali terbuang percuma. Banyak tembakan bebas sia-sia.

3. Alex Hartman dan Nakiea MIller sepertinya butuh tambahan suplemen

Mereka terlihat lemas. Bahkan komentator pun mengatakan bahwa Nakiea terlihat lelah. Miller pun menunjukkan dengan jelas kelelahannya dengan pergerakan yang tidak sebombastis di game melawan Slingers. Alex Hartman tak kalah loyo. Pemain ini tidak memperlihatkan sama sekali fadeaway jumpshotnya yang kerap menyulitkan lawan.

4. Masalah mental?

Wenda Wijaya melakukan dua kali turnovers berturut-turut. Ia terlihat seperti kebingungan. Welly Situmorang gagal memasukkan bola easy layup tanpa penjagaan. Ia bahkan tidak protes kepada wasit ketika Dixon memukulnya dengan sangat jelas di kuarter 3. Sebuah aksi Dixon yang seharusnya diganjar technical foul.

5. Tidak bersemangat

Maafkan, tetapi pertandingan tadi sangat berasa kalau Satria Muda tidak ada semangatnya.

8 pemikiran pada “5 Penyebab Kekalahan Satria Muda (68) atas Patriots (78) (Game 1 Final ABL 2010)

  1. yah…cape2 tadi gw nonton tp kalah.. gpp lah yg penting game berikut nya menang terus ..pas di san juan rabu besok nonton lagi deh.. semangat!!!!

  2. Buat yg gak sempet nonton Game 1 . langsung cek disini. (tapi sori gw cuma punya quarter 3 ama 4, Q1 dan 2 gak sempet di record. :P). langsung cekidot…

    silakan dipantengin video2 final ABL berikutnya. Itu juga klo gw sempet nge-record. hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s