Siapa Bilang Basket Indonesia 2009 Sepi?

Setelah gw ingat-ingat, banyak juga sebenarnya event basket selama tahun 2009 yang akan segera berakhir ini. Mulai dari IBL baik turnamen, kompetisi reguler, dan IBL All Star. Lalu ada beberapa turnamen setingkat Asia Tenggara yang diikuti Garuda, ada juga turnamen level Asia yang diikuti Pelita Jaya. Satria Muda mengikuti ASEAN Basketball League. Oh jangan lupa juga beberapa waktu lalu ada Menpora Cup yang diikuti tim IBL dan Kobatama. Aha, satu lagi, ada Surabaya International Challenge yang diikuti Garuda dan CLS Knights. Hmm, kita belum menghitung Kobatama lho yaa..

Event-event di atas ada pada level profesional. Di tingkat pelajar ada PopMie Basketball yang ramai di awal tahun 2009 dan tentu saja Development Basketball League (DBL) Indonesia (Sebelumnya bernama Deteksi Basketball League) yang mengunjungi semakin banyak kota dan provinsi di seluruh Indonesia. Belum lagi kejuaraan-kejuaraan lokal yang diadakan baik oleh sekolah-sekolah atau penyelenggara-penyelenggara mandiri lainnya.

Mahasiswa tidak ketinggalan. Liga Bola Basket Mahasiswa (Libama) berjalan sangat seru. Baik Libama tingkat nasional maupun regional. Salah satu penyelenggara independen juga mengadakan Campus League yang berakhir di Surabaya beberapa waktu lalu. Kegiatan-kegiatan tak terdata lainnya juga muncul dari kejuaraan yang diadakan kampus-kampus tertentu di mana tak ada media yang meliputnya sama sekali namun tetap ramai diikuti peserta dan dikunjungi penonton.

Jadi, siapa bilang bola basket Tanah Air di tahun 2009 sepi?

IBL menurun kualitasnya, ada benarnya. DBL semakin maju, setuju. PopMie selalu dinanti, pasti. Libamanas makin panas, jelas. Jadi sekali lagi, kita sebenarnya cukup kebanjiran event basket yang bisa diikuti maupun dinikmati. Kendalanya, tak ada yang tahu, kapan kejuaraan yang ini akan dimulai dan di mana. Bahkan sekelas IBL pun demikian. DBL mengorganisasi dan mengatur eventnya lebih baik.

Bagaimana kalau Perbasi mengatur jadwalnya agar kita tahu ada event apa, kapan, dan di mana? Gak bisa? Oh ya sudah gak apapa.

Gejolak basket Indonesia di tahun 2009 ini membuat gw optimis bahwa yang dibutuhkan hanya sebuah penataan yang lebih baik (profesional). Jangan lupa, selama tahun 2009 beberapa negara seperti Filipina, Malaysia, Singapura, Australia berkunjung dan bertanding basket di Indonesia. NBA bersama DBL menghadirkan David Lee (New York nicks), Kevin Martin (Sacramento Kings), dan beberapa unsur NBA untuk membantu pengembangan basket Indonesia.

2009 menjadi tahun yang ramai walau sedikit kurang berasa. Mari kita hajar 2010 agar semakin menggigit! Maju terus basket Indonesia!

5 pemikiran pada “Siapa Bilang Basket Indonesia 2009 Sepi?

  1. kalau menurut aku sih mungkin jg karena kurangnya dukungan dari pemerintah dan tv lokal yang nyiarin pertandingan-pertandingan basket yang ada sehingga semua terasa sepi. jadi paling yang ditunggu-tunggu ya cuma IBL reguler dan PopMie basketball karena hanya pertandingan itu yang disiarin di tv..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s