Satria Muda Britama Jakarta yang Perkasa

Seharusnya tulisan ini muncul kemarin di saat Satria Muda berhasil menjuarai Turnamen IBL 2009. Tetapi gw yakin teman-teman tahu kenapa gw lebih memilih memunculkan tulisan mengenai kemenangan Garuda atas Aspac terlebih dahulu. Yup, fanatisme subyektif :P

Rasanya tidak adil jika tidak memberi apresiasi kepada tim basket terbaik di Indonesia saat ini, Satria Muda Britama Jakarta. Mereka menjuarai kompetisi reguler IBL lima kali dan tahun ini merebut gelar Juara Turnamen IBL dari Garuda Flexi Bandung. Jangan lupa, pada klasemen ASEAN Basketball League (ABL), Satria Muda menduduki posisi kedua untuk sementara. Pencapaian yang luar biasa.

Banyak penggemar basket Indonesia membenci dominasi Satria Muda pada liga basket utama Indonesia. Buat gw, hal ini bukan salah Satria Muda. Mereka ada pada posisi mereka sekarang pasti bukan hasil dari sebuah proses instan.

Tadinya gw ingin memberikan alasan mengapa tim ini begitu hebat dan digdaya di kancah basket kita. Tetapi gw merasa gw belum sehebat itu menilai mutu sebuah tim basket profesional. Jadi gw hanya mencoba memaparkan beberapa pandangan gw mengapa permainan Satria Muda menyenangkan untuk dinikmati, kesenangan yang membawa mereka ke tampuk juara. Beberapa kali!

1. Bermain sebagai sebuah tim. Mungkin ini hanya perasaan gw saja. Terkadang gw merasa, ketika Satria Muda tengah menyerang, bola tidak akan ditembakkan sebelum semua pemain memegangnya terlebih dahulu. Setiap pemain dengan sabar mengelola 24 detik yang ada untuk memastikan bahwa bola sudah ada pada waktu yang tepat untuk ditembakkan. Bagi pecinta Satria Muda, hal ini adalah keindahan. Bagi pembenci Satria Muda, ini sangat menyebalkan.

2. Tajam. Jika Amin menembak, jika Ronny sky-hooking, saat Faisal menembak, perasaan gw langsung mendahului kenyataan “ahh masuk deh nih..”

3. Optimis. Percaya atau tidak, rasa percaya diri atau optimisme dari sebuah tim yang akan bertanding sangat menular kepada penonton. Makanya ketika ada dua tim yang memancarkan aura optimisme yang sama, kita sering merasa dan berpikir bahwa pertandingan itu akan berjalan seru. Satria Muda punya karakter optimis.

4. Garang. Saat di Surabaya dalam rangka Surabaya International Challenge beberapa waktu lalu, gw ngobrol dengan Denny Sumargo. Gw tanya pada dia (Denny pernah bermain untuk Satria Muda), apa yang dimiliki Satria Muda tetapi tidak ada pada tim lain? Denny menjawab (ini pilihan kata gw dari penjelasan Denny) “kegarangan”! “Satria Muda memasuki dan bertanding di lapangan seperti singa. Ini berkat Coach Ito yang mampu membentuk karakter para pemainnya. Selama tim lain belum berubah, siapa yang mampu menaklukkan kegarangan singa-singa Satria Muda?” Gw setuju dengan Denny.

Gw rasa para penonton, baik pecinta maupun pembenci Satria Muda pasti punya alasan masing-masing mengapa tim ini bisa dominan :D Selamat atas prestasi-prestasi Satria Muda. Bravo!

13 pemikiran pada “Satria Muda Britama Jakarta yang Perkasa

  1. Setuju smua..terutama no 3..
    Ada tambahan lain..Coach ito tdk prnh menganggap salah satu pemainnya sebagai bintang yg hrs dipaksakkan bermain 40menit.
    Klo memang hrs di sub ya di sub..
    Pemain marah??pliss out from bench..I’ve story about this..

    Selain itu SM menerapkan pembinaan berjenjang yg sgt baik..bs dihitung brp bnyk tim IBL yg memiliki junior berjenjang sbaik SM..

    Pihak manajemen yg sgt solid..bkn manajemen yg memanjakan..trkdng bnyk tim yg memanjakkan pemainnya..Di SM ketat..

    Gw adlh pendukung SM dr thn 1998.dmn pd thn 97 mreka adlh tim terbawah KOBATAMA.bahkan mreka brtrung di Pratama utk ttp bertahan dsna.thn 98 mreka rombak smua dan 98 mreka lngsng juara..dan prestasi itu trs baik smpe saat ini (mskipun aspac msh smpat mendominasi).
    Mahaka Satria Muda wkt itu namanya pny cita2 yaitu JUARA INDONESIA dan INDONESIA JUARA..gw rasa itu sudah dibuktikkan ketika mreka bs juara SEABA..

    Sekian bro..

  2. wah makasih atas tulisannya walaupun mainbasket pecinta Garuda Bandung tp bisa menulis begini…Salut. Salut juga buat updatenya via twitter ttg semifinal dan final Turnamen IBL kemarin…update banget.

    I love SM (sejak 2004 until now……..)

  3. SM keren..setelah semua yg mereka jalani mereka PANTAS bwt jadi THE BEST REPRESENTING TEAM FOR BASKETBALL IN INDONESIA.. Konsisten,kerja keras,& bekerja sama u/ kemenangan tim..
    Ju2r gta baru nonton IBL mulai dr SMP taun 2002,SM tuh 1st lovenya gta deh..
    Gta salut,SM th trorganisir bgt,disiplin,kerja keras mrk sampe k hati penggemar mrk..KEEP DOWN TO EARTH..

  4. Wlpn saya fans berat GARUDA,n bete bgt m dominasi SM d IBL tournament mopun kompetisi reguler IBL,,jujur aq akuin liat maenna SM slalu”nyenengin”…mrk maen sbgai tim..n maenna slalu konsisten..
    Maybe aq sdr,aq cm org awam tp kl liat maenna garuda sk sedih sndiri,,’beat’ pmainan garuda sk kacau,trs bnr,trs ngaco lg..beda bgt m SM yg mgkin dlm satu game score ktinggalan pun mrk tetep bs maen tenang n ‘beat’ pmsinan tetep mrk yg kontrol,,g pnh kocar kacir…salut bwt mental tiap2 pmain SM n coach ito!
    N bwt garuda,,kalian hrsna bs gt,,g emosian d lapangan..Garuda tetep didadaku!!

  5. Thx to MainBasket buat ulasannya..

    gw sbg pendukung SM ngucapin selamat buat SM yg berhasil jadi juara kemarin,,dan salut jg buat pelita yang bisa memberikan perlawanan yg sengit kemaren..

    semua yg di atas emang bener.. dari manajemen ,,pemain,, dan pelatih..
    gw sangat bangga ama semangat bertarung dan mental bertanding.. apalgi saat salah satu pemain mulai emosi,,wah itu sih keluar deh..(no offense)

    gw jg salut bt tim2 yg laen.. cm gw menyayangkan keadaan di tim Garuda.. karena beberapa pemain malah jd rusak(sory ya ini cm pendapat gw)..gw berharap bakal membaik..

    satu lagi..gw kecewa kemaren dgn kondisi Ctra arena..merusak citra suatu partai final.. yah mdh2an bakal ada perbaikan..

    Congrats SM..Bravo basket Indonesia..

  6. gue sebagai pendukung garuda mau ngasii komen juga dooongs .
    gue bilang sih apa yang diulas disini banyak benernya juga .
    khususnya yang nomor dua .
    apalagi ronny gunawan deh tuh, udaa feel ajj pasti.
    tapii yaah kalau dinilai sportif mereka memang oke .
    hahahah .
    agak terpaksa dikit nih gue bilangnya (:

    whatsoever lah .
    yang jelas postingannya oke kok (:

  7. harus diakuin SM emg luar biasa, tapi kalo mereka jadi juara terus, apa ibl bakal semakin menarik?? gw dulu jadi males banget nonton NBA waktu liat lakers juara terus 3 taun berturut2 dari 2000-2002.ga ada yang bisa disalahin, kelasnya SM emg luar biasa :)

  8. Gue pencinta berat Garuda dari jaman cikal bakal tim ini waktu Panasia (tahun 1995 kl gak salah).
    Tapi harus diakui kalo gue salut berat sama Coach Ito dan timnya yang berhasil meramu semua pemain dengan permainan tim yang solid, tidak ada yang merasa bintang dan mental bertanding yang tangguh. Selain itu pembinaan mereka yang berjenjang juga sangat baik. Mereka tidak jual beli pemain sembarangan, tapi membina pemain sejak muda sehingga sense of belonging pemain yang masih ada di tim juga tinggi.

    Hanya kalau dibiarkan SM merajalela terus, IBL akan kehilangan gregetnya. Tapi ini jelas bukan salah SM. Mudah-mudahan tim-tim lain (Garuda harus!!) bisa mematahkan dominasi SM ini.

  9. Akhrnya ada postingan kmngnnya SM BRITAMA,sbg pnggmr SM aku ucapin SELAMAT buat Rony Gunawan(pmn fav qu)dkk.wah ulsn ttg SM nya ok bngt,gak nyangka yg nulis pnggmr mshnya SM,salut deh tlsnnya.wah ht2 jg buat Garuda &tim2 yg lain,ada lg nih pesaingnya Pelita Jaya prlhn tp pasti stlh ganti mnjm mampu bercokol jd runner up,gak sbr utk nntn IBL msm dpn,yg pasti gak ada kt bosen buat IBL,JAYALAH TERUS BASKET INDONESIA

Tinggalkan Balasan

