Garuda Flexi Bandung Sebaiknya Ganti Pelatih!

Teriakan ini bukan hanya berasal dari gw, namun dari banyak sekali fans Garuda yang menyaksikan pertandingan semi final Turnamen IBL 2009 antara Garuda Flexi Bandung melawan Satria Muda Britama Jakarta kemarin malam. Garuda bermain sangat buruk sehingga bukan saja kalah, tetapi juga kalah dengan selisih angka yang membuat tim ini layak dikatai “kalah telak”! 64 – 47!

Garuda hanya mampu mengimbangi Satria Muda di kuarter pertama. Pada pertengahan kuarter kedua, Garuda kocar-kacir (lama juga tidak menggunakan kata ini). Garuda bermain tanpa pola yang jelas. Instruksi Mario Wuysang sebagai pengatur serangan bukan saja tidak dilaksanakan namun juga terkadang tidak diperhatikan oleh para pemain Garuda yang lain. Sepanjang pertandingan, tidak terlihat adanya kerjasama tim. Yang ada hanya permainan individu yang tidak efektif.

Siapa yang harus disalahkan? Bagi gw, pelatih kepala.

Garuda Flexi Bandung adalah sebuah tim dengan materi pemain yang membuat tim-tim IBL lain memandang tinggi atas tim ini. Seiring bergulirnya musim kompetisi selama dua tahun, beberapa tim IBL bahkan fans Garuda sendiri sangat bisa melihat bahwa Garuda Flexi Bandung bukanlah sebuah tim yang solid. Tim ini tidak padu. Kini Garuda dipandang sebelah mata saja.

Memadukan tim dan meramu kemampuan individu menjadi sebuah kekuatan tim yang dahsyat adalah tugas pelatih kepala. Dan pelatih kepala Garuda saat ini masih belum mampu melakukannya. Berikut beberapa alasan gw mengapa Garuda harus mencari pelatih baru (walau tentu saja ini pun tidak mudah)

1. Tidak ada pola bermain yang jelas. Barangkali ada, tetapi jelas tergambar di lapangan bahwa pola itu tidak tampak. Pada pertandingan kemarin, sejak kuarter awal hingga akhir, di saat tim memimpin, atau tertinggal jauh, Garuda seperti bermain dengan gaya yang itu-itu saja, individualis!

2. Rotasi pemain amburadul. Siapa yang menyangsikan kemampuan Agustinus Dapas Sigar (Aguy) dalam mencetak angka dengan menembak, serangan balik cepat, atau menerobos ke jantung pertahanan lawan? Lemahnya kemampuan bertahan Aguy seharusnya bukan menjadi alasan ia selalu di rolling atau dimainkan pada detik-detik kritis. Justru, kemampuannya mengumpulkan angka sangat dibutuhkan saat tim mampu bermain tenang.

3. Overestimate dan underestimate. Terhadap beberapa pemain, pelatih terlihat sangat overestimate walaupun pemain tersebut bermain tidak optimal. Begitu juga sebaliknya, pelatih terlihat meremehkan kemampuan beberapa pemain yang sebenarnya bagus. Ini terlihat dari jumlah waktu bermain (minute play) dari para pemain tersebut.

4. Kurang mampu mengendalikan pemain-pemain yang “katanya” bintang. Ini adalah tantangan setiap pelatih di manapun. Ia harus mampu mengendalikan pemain untuk mengkuti aturan dan arahan yang diinginkan pelatih untuk kepentingan tim. Bukan sebaliknya. Sulit memang membuktikan apakah benar pelatih kurang mampu mengendalikan para pemainnya. Namun terkadang hal ini begitu jelas terlihat di lapangan.

5. Apa ya kata-kata yang tepat untuk yang satu ini? Yang jelas, semakin hari di setiap pertandingan Garuda Flexi Bandung terlihat semakin loyo, tidak bersemangat, tak ada gairah, melempem, nggak panas deh pokoknya. Gw pikir, ini pun adalah tanggung jawab pelatih.

Silahkan teman-teman menambahkan alasan-alasan lainnya melalui komentar di bawah tulisan ini. sebagai penutup, gw teringat kata-kata salah seorang pelatih sepak bola di Liga Primer Inggris. Dia mengatakan “Menjadi seorang pelatih artinya siap dipecat.”

Peace :)

Iklan

56 pemikiran pada “Garuda Flexi Bandung Sebaiknya Ganti Pelatih!

  1. Ini masalah mental..menyatukan bnyk bintang dlm satu tim itu tdk mudah..
    Mungkin ada benarnya SM melepas bintang sperti Denny Sumargo (denny cekcok dgn coach ito,coach ito lbh mmntingkn tim drpd pemain bintang sperti Denny).
    Bgitu jg aspac yg melepas Roe atau Indra..

    Klo menang pemain yg dianggap hebat..smentara klh pelatih yg dihujat..pdhl ktika menangpun andil pelatih jg hebat..

    Saran gw buat Garuda kurangi individualitas pemain Garuda dan pastikan tim ini solid luar dalam..sbnernya level Garuda diatas tim2 yg ada di IBL..tp SM sudah lbh jauh diatas itu semua..
    Thx

  2. g bingung nie ma coachnya.. napa pemaen yang lagi ga optimal dimaenin terusss.. trus ada pemaen yang moodnya jelek dan maennya jadi ogah2an.. masih ja dimaenin..
    Garuda banyak banget kecolongan bola n salah ngoper!!!!!!!!!!!!!!
    lay up juga banyak gagal..
    WHY??????????

  3. Bnr bgt,.garuda keliatan bgt ga solid,aku aja orng yg gbgtU ngerti bAsket ngeliat itU,brarti mrka bnr2 individual maen ny kurang menekan ego dEmi kmajuan tim.sayang pemaen ny bgus2 yg pglamanny bnyk jg g sdikit,tp knp yg dtUrunin itU2 aja..maenNy jg msh suka em0si,masa kudu pd ikutan training ESQ?

    1. bener tuh, kudu ad training ESQ…g usah cari kambing yg warnany hitam..introspeksi sendiri2…umpama ad satu aj yg sadar dmn letak keliruny…moga bisa mempengaruhi yg lain untuk lebih solid lagi…miris kalo lihat GFB kalah terus..masa abis dari SIC pekan lalu eh, kalah lagi di semifinal…moga GFB BANGKIT LAGI DR KETERPURUKAN….

  4. kalau baca dari yang diatas, sangat setuju mengganti pelatih, mungkin pelatih ini memang tidak siap untuk melatih pemain “bintang”, dan lebih baik memang diganti, karena ini tim besar yang punya kapasitas sebagai finalis IBL 2008, ga seharusnya mereka kalah dengan jarak skor yang jauh seperti kemaren…
    saran saya:
    1. ganti pelatih
    2. kurangi permainan individu dan mulai bermain sebagai tim
    3. mulai memaksimalkan shooter
    4. Pemain bintang bukan segalanya

  5. Pelatih kyk yg segen sm pemain bukannya pemain yg harusnya segan sm pelatih..coba liat tim2 lain kyk sm,aspac,pje.mereka sgt mendengarkan apa kt pelatih.dan mereka bermain sbg TIM bukan sbg individu..ada baiknya tim lain mengumpulkan pemain baru yg berpotensi.bukan hanya mengumpulkan pemain bintang dgn ego tinggi yg merusak tim..

  6. saya melihat permainan Garuda waktu di SIC lawan Darwin Australia.
    sangat tidak semangat. motivasi untuk bermain secara tim tidak ada. tidak terlihat rasa memiliki tim.
    saya jadi ingat film coach carter. coach carter sangat menekankan bahwa basket itu permainan tim. dia bisa menyelami karakter masing-masing pemain, sehingga tahu di mana dan kapan seharusnya seorang pemain di tempatkan dalam sebuah strategi permainan.
    dia juga bisa menempatkan diri sebagai pelatih yang baik di lapangan maupun di luar lapangan. sehingga, para pemain sangat respect padanya.

  7. Kenapa sih pemain garuda bandung kaya anak yang baru bisa main kaya anak sd dan smp yg maunya main ga ada aturan dan ga mau disalahin,kenapa ada pemain baru yang katanya paling jago tp teamnya dibantai mendingan pemain2 yg lama kaya octo,gagan,aguy,indra,teddy yang kalo main selalu semangat ga kaya yang lain maunya main tp ga kasih yg terbaik dan gw denger2 si octo mau pensiun dari garuda gara2 udah ga betah dan gerah dengan tingkah laku pemain dan pelatih yang sudah terlalu parah,kalo gw ga ada octo digaruda ga seru dia salah satu pemain yang tidak sombong dengan fans2nya ramah lagi ga kaya yg lain kalo diminta foto dan tanda tangan kaya artis susah dan cenderung kabur,buat octo please jgn keluar ataupun retired gw paling kecewa kalo ga ada octo digaruda musim 2010…buat deny.mario,lolik please deh kalo main jangan yang ngerasa paling jago kalo lo ngerasa paling jago bawa team ini lebih baik jangan kaya orang kampung yg mau menunjukan dirinya sendiri yg paling jago…

  8. Setuju! Kayaknya ebos sdh ga sanggup nanganin pemain2 bintang yg punya ego masing2.
    Tp ga bisa nyalahin pelatih semata. . Mental dasar pemaen gb jg harus dibenerin. Setuju tuh mereka harus ikt training esq. Malahan gw sm temen gw pernah becanda, mereka harus ikut outbond biar kompak,bisa slng percaya, n slng mendukung. kalo perlu trainernya dr militer. .

  9. sejak prgntian pelatih, Garuda yg skrg tdk sm dgn Garuda bebrp thn lalu yg lolos ke final IBL setelah mengalahkan Aspac di final four.
    walopun akhirna mereka kalah di final tp mereka bermain dgn sangat sangat baik dan on fire tdk spt skrng.
    menurut gw pelatih yg skrng blm bisa mengembalikan kekuatan garuda spt final IBL beberapa tahun yg lalu.
    gw stuju bgd klo Garuda harus ganti pelatih jika tdk mau prestasi Garuda terus merosot

  10. Buat garuda kalian seperti bom waktu kalo masih ada pemain bintang..liat lakers pemain bintang cuma ada kobe bryant selebihnya team ga punya pemain hebat seperti kobe disitu cuma ada paul gasol yg notabenenya pemain yg ga punya cincin juara tp ingin jadi juara secara team bukan individu yg diraihnya dan gaji besar yg diperolehnya melain kan pride and glory to be a winner tp digaruda banyak pemain bintang yg cuma ingin mementingkan individu meraih gelar mr famous garuda flexi bandung or mr mvp tp ga memikirkan team dan kota yg dibelanya bikin malu..buat gadua pertahankan pemain yg harus dipertahankan dan buang pemain yang banyak maunya dan gayanya sok artis kita ga butuh pemain tua yg udah banyak masalah di teamnya buang pelatihnya yg udah bikin malu garuda flexi yg udah ditonton fansnya…sekarang mending mikir buat ngalahin sm gw udah bosen liat tuh orang2 lagi juara..

  11. Mata gw pusink liat garuda main tadi malam..buat manajernya jgn terlalu banyak marah2 di belakang benchnya kaya orang ga ada otaknya kalo marah jgn dikasih liat kesemua penonton dong..buat pemain garuda seperti octo dan aguy kenapa jarang main yah sekarang koq malah banyak duduk ada apa sih dengan mereka padahal gw mau nonton mereka di lapangan ini malah duduk mulu pantesan garuda kalah bis yg main mukanya pada kaku udah kaya bapak2 masih main basket ga ada yg bisa dijual dan ditonton enak..walaupun kalah gw tetep seneng gw bisa liat octo dan aguy di lapangan bis orangnya ganteng dan jago bergaul pula lagi ga kaya yg lain udah pada uzur dan dah punya keluarga yg dia pikirkan cuma keluarga bukan fans..salut buat garuda flexi bandung…

    1. kepada Astrid,

      Anda salah besar kalau saya di bilang marah2 kaya orang ngga ada otaknya. Apakah anda mendengarkan saya marah2 ? anda duduk dimana wajtu itu ?

      Sebagai manager saya harus memotivasi pemain2, tapi tidak dengan marah2. tapi dengan suara semangat dan keras, biar bisa di dengar.

  12. ikut komen:
    1. Sigar!!! heran, kenapa dari dulu pemain ini masih betah di Garuda (saking setia-nya kali), jelas sekali minute play-nya tidak sesuai dengan kemampuannya, dia butuh lebih.

    2. jika Garuda ingin menang di setiap pertandingan, Defense, Defense, dan Defense!! Defense wins the Championship!! remember that.

    3. terakhir, siapa saja bisa salah, baik pemain maupun pelatih, nobody is perfect but practice makes perfect! keep the hard work!!

  13. Buat garuda,
    1. Pertama harus pindah kebandung homebasenya biar lebih dikontrol
    2. Pemainnya jangan siaran bola mulu di tv
    3.Pelatihnya harus banyak belajar pegang team biar ga kaget
    4.Manajernya jgn marah2 mulu kalo di bench
    5.Pemain tuanya dibuang aja ganti pemain2 muda buat kedepan lebih baik
    6.BerMain dan berlatih secara team bukan individual
    7.Aturan disiplin lebih ketat kepada pemain
    8.Mencoba hal2 baru yang bisa bikin team ini jauh lebih semangat
    9.Melihat,mendengar dan membaca kritikan dari para fans untuk lebih aware terhadap kemajuan garuda
    10.Memperbanyak informasi up to date kepada para fans yang setia dan mendukung garuda selama ini.

    Filosofi basketbaLL michael jordan : practice make perfect and play as a team with harmony, offense and defense it’s a part of basketball offense make u win the games but defense make a winning a championship so that rules team powerful,completed and succesful

  14. Terima kasih buat semua yang masih peduli sama Garuda Flexi Bandung. Semua masukan nya akan kita dengerkan, please..apa aja kita akan dengarkan. Nuhun pisan…

  15. ka idan mksh ya sudah menyuarakan isi hati saya T_T

    nnton garuda tadi malem bnr” bikin drop . selama ampir 9 taun nnton kobatama smpe jd IBL baru x ini ngliat tim yg sangat” saya cintai berantem aja gtu d dpn mata saya . yg brantemny buka sm tim lawan tapi dengan satu tim ! WTF bgt ! kemaren malem tuh kyk yg bkn nnton garuda tim prof indonesia tp kyk yg lagi nnton SMA Garuda ! mengecewakan !

    saya juga punya kritik buat garuda (bukankah seorg suporter sejati wajib mngkritik timny selain mndukungny saat kalah ato menang )

    1. ganti pelatih . kykny itu opsi yg cukup tepat . coach ebos mmg muda dn berbakat . tp belum mampu meracik tin yg punya bnyk bintang . dn sesungguhny garuda butuh coach yg bisa d hargai dn d segani oleh pemainny .trs trll mksain pmain . pdhl pemain kyk octo,aguy itu MASIH SANGAT PANTAS DIMAININ .

    2. bongkar pasang pemain . skrng saya udh ga peduli mau itu pmain fave saya ato bukan tapi klo tidak mmbawa pngaruh baik untuk Garuda mnding ganti sm pemain muda yg lain aja . yg penting yg baik buat garuda deh . saya udh ga mikir mslh individu tp yg pnting tim.

    3. harus ada org yg memotivasi . garuda kn ga hrs kyk PelitaJaya yg hrs bayar” suporter ato apalah itu ya . garuda kn udh ada fans yg sukarela bayar tiket buat dukung mrka tp apa msh blm cukup juga pngorbanan” fans garuda buat mmotivsi mrka ya . ya bayarlah pngorbanan kami dengan kmenanga” yg manis .

  16. Kenapa setiap team yang lolik main ga pernah juara apakah itu kutukan ???
    Apakah selalu pemain yang main di timnas harus selalu main di team ???
    apakah sudah terbukti adanya lolik dan pemain2 timnas bisa bawa indonesia juara kayanya cuma mimpi deh !!!
    Apakah owner garuda pake duit haram makanya ga juara2 dan apakah pemain garuda suka dengan yang diharamkan tuhan makanya tuhan kasih kalah terus buat ini team ???
    Setiap main ga ada yang istimewa untuk diliat,kita liat dari kepindahin kelly ke pj dia langsung bawa ke final turnament untuk pertama kalinya apakah mario membawa garuda ke final kayanya cuma omong kosong..kita liat lagi starting five garuda flexi apakah sudah benar2 ideal buat garuda..liat starting five team aspac dan sm dihuni pemain2 muda dan di isi 1-2 orang pemain pengalaman seperti toyib dan joko kalo di garuda bisa diliat banyak dihuni pemain tua dan boleh dibilang pemain veteran dan pemain yang terlalu banyak masalah di team sebelumnya apakah team ini dihuni oleh pemain yang banyak tingkah dan maunya di team???
    Apakah ini yang dimau team garuda dan fans2 bandung kayanya engga deh mungkin ownernya matanya buta ataupun manajernya yang bisa dibilang kaya badut semua,pelatih ga bisa liat mana pemain yg baik dan ga banyak maunya yg jarang main dan cenderung duduk lama sampe yang veteran abis tenaga baru main apakah itu sebuah team yang hebat,komposisi officialnya apa udah bagus?? Kalo menurut gw malah kaya boyband 80’s mulai dari rambut diwarnain sampe ada model rambut kaya model 80’s masih ada mulai dari kostum aja kurang baik ga ada kharismanya liat official team lain mereka tertata rapih..liat mulai dari mereka mengambil timeout untuk rest cenderung brutal ga ada yg liat instruksi pelatih yang ada ngeliat fans kemana2 alias mencari barang bagus disekitar tempat bench mereka apakah ini team garuda sebelumnya???
    Semakin lama team ini semakin mengeluarkan komentar miring dari para fans..buat pemain yg jarang main saya masih percaya kalo kalo kalian sedang diuji mentalnya akibat pelatih yg terlalu takut tidak memainkan pemain bintang karena takut kena semprot oleh pemain bintang.liat saja point guard garuda teddy main kalo mario udah cape,indra dan aguy main kalo si denny cape dan terlalu banyak foul dan turnover,cuma pemain muda seperti hendru yg bisa menunjukkan performa yg baik tp terlalu lemah di pengalaman harus banyak main,liat lolik dan andre tiara ga memberikan konstribusi yg baik ketika melawan team papan atas bisa nya sama anak2 yg levelnya dibawah,bigman maunya cuma nembak diluar ga bisa main didalam mengambil posisi shooting guard kaya aguy,indra,denny,niko,hendru apakah ini team ada yang menginstruksi pemain untuk mengambil posisi2 pemain lain apakah pelatih takut mengambil keputusan buat gagan dan octo bersabarlah kalian pasti bisa menunjukan performa yg baik untuk team ini walaupun minute play berkurang..

  17. setuju banget.
    selain pelatih, kalo boleh sebut nama denny sumargo juga udah parahlah.. gw ga tau kata yang tepat buat ngegambarin dia selain (sorry ya semua fansnya) egois!
    jujur, semalam gw nonton sm temen gw, kita semangat baget waktu yang main pemain – pemain “lama” garuda kyk andre, teddy, octo, aguy. tapi jadi males kalo denny main.

    mungkin sebaiknya pemain” garuda yang berpotensi tapi “ga dianggap” cari tim baru kayak kelly. liat kelly di final 4 kemaren. temen gw sampe bilang gini
    “pasti garuda nyesel ngelepas kelly” dan gw setuju sama temen gw

  18. ka idan mksh ya sudah menyuarakan isi hati saya T_T

    nnton garuda tadi malem bnr” bikin drop . selama ampir 9 taun nnton kobatama smpe jd IBL baru x ini ngliat tim yg sangat” saya cintai berantem aja gtu d dpn mata saya . yg brantemny buka sm tim lawan tapi dengan satu tim ! WTF bgt ! kemaren malem tuh kyk yg bkn nnton garuda tim prof indonesia tp kyk yg lagi nnton SMA Garuda ! mengecewakan !

    saya juga punya kritik buat garuda (bukankah seorg suporter sejati wajib mngkritik timny selain mndukungny saat kalah ato menang )

    1. ganti pelatih . kykny itu opsi yg cukup tepat . coach ebos mmg muda dn berbakat . tp belum mampu meracik tin yg punya bnyk bintang . dn sesungguhny garuda butuh coach yg bisa d hargai dn d segani oleh pemainny .trs trll mksain pmain . pdhl pemain kyk octo,aguy itu MASIH SANGAT PANTAS DIMAININ .

    2. bongkar pasang pemain . skrng saya udh ga peduli mau itu pmain fave saya ato bukan tapi klo tidak mmbawa pngaruh baik untuk Garuda mnding ganti sm pemain muda yg lain aja . yg penting yg baik buat garuda deh . saya udh ga mikir mslh individu tp yg pnting tim.

    3. harus ada org yg memotivasi . garuda kn ga hrs kyk PelitaJaya yg hrs bayar” suporter ato apalah itu ya . garuda kn udh ada fans yg sukarela bayar tiket buat dukung mrka tp apa msh blm cukup juga pngorbanan” fans garuda buat mmotivsi mrka ya . ya bayarlah pngorbanan kami dengan kmenanga” yg manis .

  19. Menurut saya, kepindahan Kelly udah jadi bukti ada yang ga beres di Garuda.
    Garuda udah terlalu sombong mentang mentang punya Wuysang, Denny, Lolik.
    Padahal tanpa yang lain mereka ga bisa jadi apa-apa.
    Saya lebih respect sama garuda musim 2008 daripada yang sekarang. Pokoknya Garuda harus ganti pelatih atau Rastafari aja balik lagi. Kalo perlu keluarin aja Denny Sumargo udah ga guna, maruk banget jadi orang. mending dia jadi artis ajalah

  20. Saya juga mau kasih saran ;
    1. Ganti pelatih. Saya yakin sebenarnya garuda memiliki pemain yang sangat baik dan berkualitas . Tetapi pelatih tidak mampu meracik permainan yang padu !
    2. Untuk pemain bintang; jangan merasa diri anda adalah pemain terbaik ! Di atas langit masih ada langit ! Bahkan kemarin waktu saya nonton, para pemain bintang tersebut tidak bermain layaknya bintang. Mereka merasa seperti mereka adalah raja , tetapi mereka bermain seperti anak smp !

  21. Dari sebelum kedatangan Mario pun harusnya Garuda udah juara…Tp gue rd lupa waktu itu masih ebos pa siapa yah??Maap nyebut merk..Hehehe

    Tapi ada anehnya menegenai skill Individu…Kenapa Kelly waktu maen di Garuda gk maen Individu,dia malah jadi playmaker banget??

    Menurut gue,Garuda sudah sangat baik waktu Ahang n Rastafari…

    Ganti Pelatih atau buang pemain2 yang bermain individu??Bingung juga yah…Heheheh

    Tadi waktu gue nonton SM – Slingers…
    Coach Ito di akhir ngomong, WE PLAY AS A TEAM…

    Garuda mungkin harus kyk gitu jg…

  22. Wow, terharu gw membaca sekian banyak komentar yang mungkin masih akan bertambah lagi besok atau kapan saja. Bang Simon Pasaribu pun bahkan ikut memberi apresiasi atas komentar pecinta tim ini. Terima kasih semuanya, maju terus Garuda!

  23. sperti yg udh di bhs tmn2 di atas,, aguy pemain hebat!! dengan minute play yg sedikit. score yg dia buat sepanjang ibl musim 2009 kmrn bisa di katakan setara dngn pmain2 yg exis terus kya lolik,deny,roe,kelly.. akan tetapi tetap saja minute play yg dbrikan untuk aguy sdkt, pelatih seolah2 menutup mata dgn kemanpuaan yg dimiliki aguy dan juga pemain2 muda garuda yg lain sprti octo,teddy dll, gw sbner nya pecinta aspac,, dan klo ASPAC lagi Vs GARUDA dan lg kejar mengejar angka ketat ‘gw mulai tegang klo Aguy udh di mainin,, pasti akan menghasilkan point yg akn membangkitkan semangat tim..
    “Masalah pelatih setuju mending di ganti aja,,”

  24. Issue ini udh gw liat dr season lalu.Garuda itu kumpulan pemain super tp asik main sendiri.dibanding SM,mrk kumpulan pemain potensial yg kompak,punya strategi dan mau ngikutin strategi.
    I’m a big Garuda Fan,dan maunya sih liat mrk maju ke final.
    Sooo,mnrt gw mslh utamanya bkn pelatih,tp kemauan pemain2nya utk main tim adja dulu.
    Ayooo dong Garuda,team worknya dijalanin.nah tp utk pelatih,tetep dong buka mata,buka telinga dan lebih peka adja sm keadaan anak2 supernya.

  25. Menurut gw sih, ga ada kompak2nya sama sekali antara pelatih dan pemain ataupun pemain dan pemain..
    Mungkin mereka masih butuh mengakrabkan diri satu sama lain.,menjalin relasi yang lebih hangat dan akrab..bukan hanya dalam bermain basket, tapi juga di kehidupan sehari2..
    Relasi yang baik bisa bikin masing2 nyaman dan otomatis mendekatkan lalu menyatukan..
    Gak harus pemain takut sama pelatih atau sebaliknya..
    Yang penting ada rasa percaya antar individu.. :)

  26. gw fans berat garuda dari dulu,pemain yg sekarang jago2,tapi yg kudu diutamakan tuh kompaknya tim,gw setuju ma gothicshawty…,gw pengen bgt liat garuda ke final.,gw tau tim ini hebat,especially buat aguy…ni pemaen hebat bgt dech,4 jempol buat lo guy.
    anyway gw msh ngarepin Garuda bisa juara next regular season,hidup aguy,hidup garuda…peace.

  27. buat gue, ga ada pemain bintang di garuda. karena semua pemain garuda adalah bintangnya. hehe. selama semuanya nggak egois, bisa ngertiin satu sama lain, mau kerja sama dengan baik, enjoy dalam pertandingan, dan saling percaya, gue yakin garuda bisa jadi yang lebih baik lagi.
    tolong dong garuda, kalian harus buktiin kalo kalian masih ada! berikan kita permainan yang bagus di game melawan aspac bsok. gue cuma butuh pembuktian dari garuda bahwa mereka belom “mati”! maju terus garuda! garuda didadaku :)

  28. Ya gua setuju kalau garuda harus punya pemain muda ! Contoh aja satria muda merekrut william darmasaputra ! Bukan sekarang hasilnya tapi beberapa tahun lagi ! Memang kalau sekarang william belum bisa bermain lepas karena faktor pengalaman ! Tapi gua yakin 2 atau 3 tahun lagi william akan menjadi pemain bintang yang sebenarnya !

  29. Buat team garuda,mau sampe kapan pun ga akan pernah juara apalagi ngalahin team gw satria muda itu hanyalah mimpi kemarin sm kalah di turnamen karena merka cape bis pulang liburan ke amerika nonton NBA..

    Lawan berat sm cuma aspac dan pelita jaya sorry garuda ga masuk itungan..

    Liat permainan garuda sekarang terlalu kasar dan kampungan kalo mau belajar brantem jgn main basket boy main tai boxing aja..

    Buat garuda bersantai2 lah agar kau terlena..upps sorry untuk para garuda lovers gw ngomong gini biar team lo give up jgn marah kalo gw coment yg agak menjurus sadis karena semua team lo banyak pemain egois dan Narsis dan bengis abis itu nangis..

    Buat yg punya website udah waktunya lo berpaling ke satria muda atau ga aspac selama lo masih dukung garuda yang ada lo kecewa..

    Go sm go faisal we pray best for ur team..

    Garuda didadaku garuda bukan kebangaanku kuyakin besok hari pasti kalah..

  30. Nama garuda kayanya ga bawa hoki deh mending ganti nama aja kayanya lebih baik ” namanya Bandung Lautan asmara BasketbaLL”gimana ada yang setuju gak ??? Hahahahaha…kayanya lebih kocak dan makin banyak orang yang bakal tau tuh team dan semakin banyak pendukung yg mensupport until turn on…bis gw kecewa sama garuda bukan makin membaik malah makin buruk performnya..

    “Gw ga tau garuda kedepannya mau jadi apa???
    Gw setuju sama coment2 yang diatas udah waktunya garuda memberi waktu kepada pemain muda untuk bermain seperti aspac yg bakal lebih kuat 2 tahun kedepan dengan komposisi pemain muda…gw aja sampe ga nyangka si om lolik masih main padahal gw masih sd gw udah liat dia main ehh pas gw lulus kuliah masih juga main..ampun om berpikirlah kedepan untuk basket indonesia dan untuk nama baik om lolik sebagai legend indonesia”
    —-buat mario wuysang menurut gw termasuk point guard terbaik indonesia tp kenapa lo terlalu maruk banget yah kesini2 ga kaya kelly purwanto menservis abis teamnya—ini team” sebetulnya udah bagus banget tp kenapa yah koq kalah mulu gw aja bingung!!!

    Cewe gw paling suka nonton garuda dari pada persib bandung main tp kenapa tiap gw nonton kalah yah”’besok kalo sampe kalah sama aspac gw ga akan pernah nonton garuda bandung lagi,,,,,,,♌,

  31. baru kali ini gw liat tim basket yang pelatihnya kayaknya ga punya wibawa di hadepan anak buahnya. tim bertaburan bintang seharusnya punya leader yang ditakutin n disegenin. sebenernya hal ini udah keliatan dari taun kemaren, gw sebenernya adalah pendukung setia SM dari jaman coach Ito masi main, tapi setiap SM ketemu Garuda gw selalu berharap bakalan ada game yang ketat layaknya era SM vs ASPAC. tapi gatau knp kok garuda malah main kayak tim tim papan bawah. saran gw adalah
    1. Ganti pelatih itu opsi yang bagus, cuman kalopun harus ganti pelatih, cari deh pelatih yang bener2 berwibawa, pelatih muda gpp, asala berwibawa dan ditakutin oleh anak buahnya, kayak Ito di SM, sebenernya pas final four IBL taun ini gw sempet kaget ngeliat bong ramos ada di bench garuda, gw mikir, “wah bong ramos ni pelatihnya, garuda bakalan kuat taun depan”, tapi ternyata kok tim garuda malah pertahanin coach ebos dan rela ngelepas bong ramos ke barracudas, padahal bong ramos bisa dibilang menuhin kriteria sebagai pelatih yang berwibawa, kenyang pengalaman, tau seluk beluk basket indonesia, dll. Coach Boyce Zamar juga bisa dijadiin alternatif untuk jadi pelatih garuda, liat gimana waktu dia megang garuda, dia bisa mendisplinkan staffnya untuk berpakaian rapi dan profesional didalam lapangan, ia juga mempunyai displin yang sangat tinggi.
    2. Pemain bintang itu perlu, tapi kalo pemain bintang itu malah ngerigiin tim, buat apa? liat kenapa SM ngebuang denny, karena mereka lebih mikirin keutuhan n keharmonisan tim. Garuda menurut gw idealnya jadi tim yang berporoskan 3pemain utama n 2 yang bisa ngedukung 3 pemain itu, contoh kayak boston celtics dengn trio ray allen, kevin garnett n paul piercenya, di garuda menurut gw starting line up yang ideal, Mario, Bagong n andre tiara sebagai poros, Octo n aguy atau bagong bisa dijadiin pemain alternatif buat ngerusak konsntrasi lawan, aguy bisa shoot dari luar, atau drive ke dalem, mario playmaker yang kenyang pengalaman di amerika, octo n andre big man yang efektif mainnya, offense n defensenya juga bagus, post playnya juga lumayan, n bagong bisa diposisiin sm kayak aguy, bisa shoot dari luar ato drive ke dalem.
    3. percaya sama pemain muda kayak teddy n hendrik, liat SM, galang dapet minute play yg cukup buat ngasi pengalaman main sampe dia berani ngadepin lolik n tomahawk jam waktu lawan Aspac kemaren. cari bibit2 pemain muda, scout talentnya harus dimanfaatin, cari kepelosok2 negeri, bakat2 di irian, mereka berprospek bagus, atlet2 UNCEN berpotensi buat digarap.
    sorry kalo comment gw panjang bener, ini semua demi kemajuan basket nasional kita, minimal untuk ada di tingkat yang sama dengan philipina, maju terus basket Indonesia!

  32. Ayo Garuda Beat Aspac

    Setiap langkahmu

    Setiap pergerakkanmu

    Setiap kebersamaanmu

    Akan selalu kudukung

    Ayo :

    Aguy,octo,indra,teddy,hendru,niko,andre tiara,hendrik agustinus,cokorda,deny,roe,Lolik,coach ebos,coach triadiyatna,coach edy,manajer Garuda flexi bandung Simon Pasaribu

  33. seumur umur nonton IBL,baru jumat kmaren ngrasa “pleh!buang2 duit aja ini..mending nonton anak sma main..” *_*
    kalo mo dibilang kecewa,,KECEWA BANGET..sampe2 begitu main qtr 3 gw malah lebih tertarik marah2in orang yg ngroko depan gw+ktawa2 sama temen gw dibanding mratiin pertandingan on court..

    kalo menurut gw,,seabreg pmain bintang (yg berubah menjadi egois+individualistis) bukan menjadi soal paling penting disini..
    tapi gimana cara “mengelola” mental dan sifat pemain2 “yg konon katanya” bintang itu agar tidak menjadi egois di lapangan (di tempat lain sih bodo amat)…
    memang hal ini juga tergantung dari pribadi mereka masing2,,tapi bukankah PELATIH juga harus tegas menghadapi ini..
    (tugas PELATIH bukan hanya mengatur strategi kan?!)
    penyakit ini bukan hanya baru muncul 1 atau 2 bulan ini,,tapi sepanjang musim ini!!!!
    dengan pemain yg sama,,toh di tahun lalu GARUDA tetap terlihat solid dengan perolehan prestasi yg sangat menjanjikan…
    apa PELATIH ga bisa belajar dari sindiran2 supporter di wall FB GARUDA sejak awal musim,dimana GARUDA jelas2 terlihat lebih merosot dibanding taun lalu????!!!!
    mungkin jalan terbaik memang PELATIH harus diganti..dengan orang yg sangat TEGAS dan BERWIBAWA untuk dapat mengontrol seabreg pemain “yg konon katanya” bintang dengan segala keegoisannya..

    oiya satu lagi yg jadi kekecewaan saya,,,
    pendukung GARUDA ga bisa dipungkiri adalah salah satu supporter yg paling fanatik di antara suporter tim2 lainnya…
    tapi kenapa tim GARUDA nya sendiri seakan tidak memiliki sense of belonging terhadap “rumahnya sendiri”..seakan2 ga ada tuh istilah “keuntungan home base” buat GARUDA,,padahal suporter udah mati2an membela GARUDA…

    banyak2 introspeksi lah GARUDA..
    GARUDA lovers bakal slalu ngedukung kalian,,walaupun dengan cacian dan makian…
    we got yer back guys..
    GARUDA DI DADAKU!!!!!! :))

  34. garuda itu sebenernya udah punya bekal paling penting. apa? suporter yang setia BAYAR, dateng, nonton, nyanyi sepanjang pertandingan. gw inget banget waktu gw nonton GARUDA vs ASPAC di c-tra arena pas final four IBL. jujur gw takjub plus kagum bgt am pendukung GARUDA waktu mereka nyanyi garuda di dadaku. waktu itu gw dukung ASPAC (sejatinya gw pendukung SM, tp karena gw org jakarta jd tim kedua gw y ASPAC), asli jiper banget denger satu stadion nyanyi lagu itu.

    sebagai pendukung SM, actually gw iri am kekompakan pendukung garuda. two thumbs buat kekompakan pendukung garuda. TAPI KEKAGUMAN gw hanya sebatas kepada pendukung GARUDA.

    buat para pemaen garuda, asli MARUK semua. individualis abis. peran pelatih harusnya penting banget. saran gw, buat pelatih buang pemaen yg cuma bisa nongol di tipi trus sok ngedunk. contoh SM gw, kebintangan cenderung merata. pemaen diperlakukan pada batas wajarnya.. buat garuda buatlah kompetisi IBL jadi semakin menarik. karena SM akan semakin maju jika memiliki lawan yg semakin maju pula.

    go SM. Go basket Indonesia

  35. gue bukan pendukung garuda, cuma pembaca setia mainbasket :D

    buat bro idan, well-said bro. tp buat gue, ganti pelatih bisa mecahin masalah, bisa juga nggak.

    imho, garuda boleh punya pemain (yg katanya) bintang, pelatih (yg jg katanya) jago. tp, kelemahan utama garuda adalah lack of leadership. gak ada sosok pemimpin yg kuat di klub ini.

    ambil contoh aspac. di jaman keemasannya, klub ini boleh dibilang isinya bintang semua. tp, mereka semua ada di bawah kendali kim hong, yg seperti mengatur keharmonisan di klub ini.

    hasilnya keliatan. brp gelar juara yg mereka punya dr jaman msh kobatama sampe ibl? gw lupa.

    pilihan buat garuda adalah mau jalan dgn model aspac, yg butuh sosok leader yg kuat atau sm yg sistemnya udah jalan dan mapan utk waktu yg cukup lama.

    garuda jg mesti merombak roster. membuang pemain bintang gak haram. itu jg dilakukan klub2 nba, kalo kita emang berkiblat ke sana.

    terus terang, tdnya gue byk berharap pada garuda utk jd salah satu penantang yg bisa membongkar hegemoni sm. ternyata, aspac (dgn segala problemnya dan kehilangan byk pemain veteran) msh bisa kasih perlawanan pada pelita jaya.

    liat jg pelita jaya, yg msh bermodal sebagian besar pemain muda yg udah main bareng bbrp taun. batam dan gepeng bisa kasih support dlm leadership dan pengalaman.

    gue bukan sm hater atau pendukung klub lain. gue cuma pengen liat basket indonesia bisa spt jaman kobatama dulu. stadion selalu penuh dan persaingan jg lbh merata.

  36. Aguy…Aguy..Aguy..i do no what to say…but game tadi he’s on F I R E,man!!

    ASPAC kocar-kacir waktu dia maen..

    maunya sih Garuda terus maen kayak third and fourth quarter,pas Aguy,Teddy,Octo masuk passing one two Garuda jalan,ngak kayak first half..

    btw gw aneh, knapa aguy td ngelempar bajunya ya??!!

    salut buat lu guy…keren abiss,mvp game td

    hidup AGUY…hidup GARUDA

  37. Salut buat garuda salut buat aguy,teddy & octo dia bermain pake hati bukan dengan keegoisan nya dilapangan,buat para fans garuda yang datang langsung ke arena sangat terhibur..aguy is on fire octo good hustle,defense and rebound walaupun mereka main di quarter ketiga dan 4 tapi dia membuktikan kemampuan memumpuni dalam bermain.,

    Buat garuda salut

    Garuda didadaku garuda kebanggaanku..

  38. The most hilarious moment is..end of 3rd quarter,number 23 take his shirt out and put it on the floor in front of coach chair..
    Mantap abis!!!!
    Gua salut banget,number 23 is in da house yo..
    Keep up the good work bro,and please stay at Garuda..

  39. Salut buat Idan yang selalu berani dalam setiap tulisannya.

    Sebagai penikmat basket, jujur saya kecewa sama Garuda.
    Tim ini punya materi pemain yang (anehnya) berbanding terbalik dengan prestasi yang ada.

    Perlu ada pembenahan di dalam tim ini.
    Perlu dicari tahu akar permasalahan yang ada dan segera diperbaiki.

    Kemarin saya jauh-jauh datang dari Jakarta hanya untuk menonto Garuda, tapi ternyata permainannya mengecewakan (semifinal).

    Saya setuju dengan poin no. 3 (Overestimate dan underestimate).
    Tanpa menyebutkan nama, ada pemain yang SANGAT TIDAK EFEKTIF di lapangan, tapi minute play-nya sangat banyak.
    Sedangkan pemain yang (saya rasa) lebih pantas mendapatkan minute play tersebut, malah tidak mendapatkannya.

    Ada kesalahan fatal. Seharusnya kalau satu pola tidak bekerja atau permainan mentok di satu pemain, harus ada yang segera diubah, tapi saya tidak melihat itu di Garuda.

    Semoga ini bisa jadi masukan yang positif demi kemajuan Garuda.

    I still love Garuda anyway, cuma sedih aja ngeliatnya kalo ga maksimal.

  40. knp kayanya Wusang g bisa selapangan sama aguy,,kl 22nya ada dilapangan masing2 ogah ngoper bola…ya ampunnnnnnnnnnnnnn ieuteh satu tim,!!

  41. bermain basket tentulah harus dari hati,
    yg patut dipertanyakan apakah semua pemain garuda ini memang berteman, karena dari cara bermainnya seperti yg tidak percaya satu sama lain…
    Semua pemain Garuda adalah bintang…,bahkan bintang diantara bintar…, skill individual pastinya tidak diragukan lagi.. Denny Sumargo, Wuysang, Lolik, Cok Wiwin, …dsb..dsb..ibarat kata they’re dewanya basket di Indonesia.
    Tapi ini bukan lari sprint yang hanya memerlukan 1 individu untuk menyelesaikan permainan…perlu HATI yg menyatu..,percaya satu sama lain.. Coach Ebos jg bukan pelatih yg bodoh.., namun apa gunanya coach yg berpengalaman jika pemainnya tidak menyatu?
    Emosi para pemain jg nampaknya akhir2 ini memang sedang tidak terlalu bagus…, di waktu sparink pun para pemain Garuda bisa sampai beradu mulut dengan hebatnya dengan pemain dari team lawan. Mungkin EQ para pemain harus dibenahi terlebih dahulu sehingga hal2 lainnya bisa berjalan sesuai yg diinginkan.

  42. Hola salam kenal sob, nebeng komen ah boleh ya he he.
    Setuju… emang pelatihnya harus diganti.Tim sebesar ini harus punya pelatih berkharisma. Pemain bintang tapi pemainan tim ga jelas & mental pemain msh rendah. peace yo

  43. buang pemain bintang yg sok”an jago tapi sbenernya cma jdi sampah n penghancur team doank..
    buang pemain yg egois yg cuma mikirin dirinya sendiri tnpa mkirin team..
    lw ad buat team bkn team yg ad bwt lw!!
    AGUSTINUS DAPAS SIGAR aku padamu xp

  44. kalo gue liatliat dan baca komenkomen diata *bener lho, gue baca satusatu ,
    banyak banget yang minta coach diganti .
    saran lain, adalah kurangi masalah individualitas.
    itu yang paling dominan deh dari semua komentar yang ada .

    kalo gue sendiri sih, setuju banget sama masalah ini .
    gue pendukung sejakti garuda dari 2004 .
    gue penggila garuda .
    dan gue termasuk orang yang paling doyan teriakan kalo garuda tanding .
    tapi gue juga gg bisa pungkirin kalo gue sedih banget ngeliat permainan garuda belakangan ini .
    beneran .
    kayak nonton pertandingan ANAK SMP .

    tiap bola yang dishoot gg masuk, anak garuda kayak males buat ngerebut bola lagi.
    alhasil bolanya langsung pindah ke tangan lawan .
    masalah keegoisan juga uda ga usah ditanya lagi .
    ya ampun gg adaa solidnya deh !
    kalo udah megang bola rasanya obsesi banget buat nge-shoot .
    padahal mungkin posisinya lagi gg bagus dan gg memungkinkan .
    heran !
    padahal ada anggota tim juga yang lebih berpeluang .
    tapi yah, lagilagi keegoisan pasti bikin semua itu terjadi .

    kemaren, bang idan juga bikin kayak vote kcilkecilan di twitter tentang garudavssm .
    dan sumpah ya, emang kalo diliatliat lagi, semua tuh ngarepin banget garuda menang .
    semua ngarepin garuda matahin rantai juara SM .
    tapi apa ?
    nothing abis !

    setuju banget gue sama komen yang bilang tentang pendukung garuda .
    kalo gue bilang, dan gue yakin banget, gak ada tim lain yang punya fans sesolid, sekompak dan seloyal tim garuda .
    gg pernah gue nonton IBL dimana-mana, dengan fans yang segila fans garuda dalam memberi dukungan .
    tapi kayaknya semangat emang cuma di fans ajj .
    pemainnya gak punya semangat semembara fansnya .
    sayang banget .

    yang soal kak aguy, gue ngerasa ada yang agak aneh disini .
    kak aguy itu MANTAP BANGET !
    sumpah deh, kita juga bisa liat kale dari setiap permainan garuda yang ada kak aguynya .
    champion taun lalu, kak aguy juga yang nyelametin garuda sampe bisa jadi juara .
    dan champion taun ini, kak aguy juga yang nyelametin garuda dari rasa malu, kalo sampe garuda cuma dapet juara 4 .
    tapi kenapa kak aguy justru malah JARANG BANGET dimainin ?!
    mungkin ada sesuatu yang gue sendiri gak tau .
    soalnya, kalo gue liat pas minggu kemaren itu, kak aguy main lepas banget .
    tapi permainannnya seperti mau membuktikan kalo dia bisa, kalo dia pantes ada di lapangan .
    makanya mainnya lepas banget .
    dan waktu dyia ngelempar bajunya gitu aja di depan bench coach ,
    gue yakin itu sebagai pembuktian mainnya dyia .
    itu pembuktian kemampuan dia yang luar biasa itu, yang HARUSNYA dihargai .
    tapi gue sendiri juga gak ngerti, kenapa kayaknya kak aguy seperti gak dianggap .
    dan gue GAK SUKA bagian yang ini .

    gue pendukung dennya sumargo .
    gue fans berat malah !
    dan jujur gue agak bere baca bagian-bagian yang nyinggung densu .
    tapi setelah dipikirpikir lagi,
    kak denny emang gitu .
    dyia tempramen, cepet emosi .
    dan kalo emosi , jadinya mainnya gak fokus kan ?
    dikitdikit mau nyikut aja !
    ini juga kurangnya anak garuda .
    bukan cuma pemainnya yang paling oke se IBL .
    tapi juga emosinya yang paling tinggi se IBL .
    gila apa ya !
    ini main basket lho !
    mainnya pake hati, pake logika, dan pake tim .
    bukan pake emosi, apalagi individualis tinggi .
    emang mungkiin susah main gg pake emosi kalo lawan SM .
    tapi coba emosinya agak lebih diredam .
    gue juga suka sama aspac, dan gue bisa liat lebihnya aspac dari garuda .
    mereka pinter nyembunyiin emosi mereka .
    ini juga bikin main mereka terkontrol .
    coba kalo mereka udah mulai diapaapain sama anak SM, mereka tetep main SANTAI .
    jadinya bisa tetep FOKUS !

    menurut gue, anak garuda juga mesti kayak gitu .
    bsa mulai meredam emosi .
    dan satu lagi soal aspac yang mungkin perlu ditiru garuda .
    hormat dan menganggap anggota tim sendiri .
    gue gak tau apa baru kemaren, atau mungkin emang udah dari lama .
    tapi pas aspac kalah kemaren, dan garuda lagi sibuk di tengah lapangan ,
    gue ngeliat ke bench nya aspac dan guess what they were doing ?!
    mereka saling hormat satu sama lain .
    kayak orang jepang yang saling menunduk, mereka juga gitu .
    mereka ngasi hormat ke depan, ke sesama pemain dan ke coach .
    itu bikin mereka juga bakal menanamkan kalo mereka adalah satu tim dan satu TUBUH !
    kalo mau menang, bukan harus nunjukin kehebatan lo !
    kalo tim lo menang, otomatis lo semua bakal dianggap, bakal dieluelukan , meski lo bahkan GAK MAIN sekalipun .
    tapi kalo tim lo kalah, dan lo KELIATAN egois di pertandingan ,
    lo adalah orang paling pertama yang bakal dihina, dan disalahkan akibat semua itu !

  45. good komen dari ribka adelina :D suka deh yg bag klo garuda ga bisa nahan emosi . hhe biar aja kita sebagi fans setia yg serang mental lawan” kalian . pemain fokus aja .

  46. GUe juga kecewa berat sama Garuda. Gue fans berat tim ini dari tahun 1995 waktu masih Panasia (karena gue ABAS a.k.a anak bandung asli, hehehe..) yang sekarang sudah merantau di Jakarta tapi hati tetap buat Garuda!!

    Kalau gue boleh saran, Garuda harus banyak menggunakan pemain-pemain hasil binaan sendiri dan menggunakan pemain-pemain asal klub lain yang bisa memacu skill pemain-pemain mudanya. Liata PJ yang sekarang narik Batam dan gepeng buat memacu dan memotivasi pemain-pemain mudanya. Hasilnya? tidak mengeceawakan sama sekali.
    LIat SM yang membina pemain mudanya dengan baik dan bahkan merekrut anak-anak SMA buat menjadi bintang SM beberapa tahun ke depan.

    Kalau menggunakan pemain binaan sendiri, satu hal yang mungkin bisa terjamin adalah: permainan keluar dari hati mereka dan kecintaan serta kebanggan akan klub sendiri.
    Ingat pemaoin Panasia (jaman kobatama kl gak salah) yang bernama Ato Suharto (bener gak ya ejaan namanya :p) yang membawa Panasia juara waktu itu? Beliau maen habis-habisan karna beliau orang Panasia tulen yang cinta abis sama Panasia. hasilnya: gak perlu diragukan lagi.

    Sekarang, apa pemain-pemain Garuda punya kecintaan dan main pake hati waktu membela timnya? atau hanya sekedar menjalankan kewajiban profesional saja?
    Gue masih melihat Teddy dan Andre Tiara punya sense yang berbeda kalo maen karena setau gue mereka anak bandung asli binaan Garuda (Teddy dulu sempat bermain di Rajawali Bandung kalo gak salah).
    Jadi gue termasuk yang percaya bahwa di Indonesia, pemain binaan sendiri akan lebih bermain pake hati. Pengamatan gue melihat kalau rata-rata pemaen Indonesia belum sampai taraf yang benar-benar profesional dalam bermain seperrti NBA. Pengecualian mungkin ada di Ronny Gunawan yang berasal dari CLS, tapi bisa bermain pake hati buat SM (Pengaruh coach Ito yang sangat positif rasanya).

    jadi apa Garuda mau begini terus? ganti pelatih bukan solusi utama. Solusinya adalah: buang pemain bintang yang egois, mainkan pemain yang mau bermain secara tim dan dengan kecintaan yang besar sama tim garuda sendiri. Atau cari pemain bintang yang mau bermain dengan hati dan cinta sama tim yang dibelanya (sayang kelly dilepas ke PJ). Mudah-mudahan hasilnya akan terlihat jelas dalam tahun-tahun mendatang.

    Maju terus Garuda…….Garuda tetap di dadaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s