Malaysia NBL Selection Kalahkan Garuda Flexi Bandung (Surabaya International Challenge)

Hari kedua pelaksanaan turnamen basket internasional, RP7 Surabaya International Challenge (SIC) 2009 diwarnai pertandingan seru dan menegangkan. Perwakilan Malaysia, Malaysia NBL Selection, harus melewati laga ketat melawan tim papan atas Indonesia, Garuda Flexi Bandung, sebelum akhirnya menang dengan skor 81-75. Kemenangan tersebut tidak diraih dengan mudah, tim asuhan Paul Daniel tersebut harus tertinggal berkali-kali sebelum akhirnya memastikan kemenangan di satu menit terakhir kuarter keempat.

Di menit-menit awal pertandingan yang berlangsung kemarin (5/12) di DBL Arena, Surabaya tersebut, Garuda Flexi Bandung langsung menggebrak dan meninggalkan Malaysia dengan skor 11-2. Tim yang diperkuat bintang-bintang basket papan atas Indonesia seperti Denny Sumargo, Mario Wuysang, dan I Made Sudiadyana tersebut juga terus mendominasi jalannya kuarter pertama dan mengakhiri kuarter tersebut dengan skor 25-20.

Tertinggal selama satu kuarter tidak membuat Malaysia NBL Selection melemah, tim yang pada pertandingan pertama dikalahkan oleh Darwin Airport Resort All-Star tersebut berusaha untuk bangkit dengan terus menempel perolehan poin Garuda Flexi Bandung. Kekuatan tim Malaysia sempat berkurang karena forward mereka, Chai Kim Hoong, mengalami cedera pinggang dan tidak bias melanjutkan pertandingan. Mereka pun kembali tertinggal di akhir babak kedua 41-36.

Pertandingan semakin memanas di kuarter ketiga. Tim Malaysia tampil ngotot dan terus memberi tekanan pada Garuda Flexi Bandung. Mereka sempat unggul 48-47 lewat tembakan tiga angka pemain bernomor punggung 7, Oii Ban Sin. Namun, permainan taktis Garuda Flexi Bandung membawa mereka kembali unggul di akhir kuarter ketiga, 62 – 58.

Di kuarter keempat, kedua tim saling kejar mengejar angkan dan bergantian saling menggungguli. Saat pertandingan tersisa dua menit, skor bahkan masih seimbang 74-74. Malaysia akhirnya mampu mengungguli Garuda Flexi Bandung lewat penetrasi guard mereka Ong Chun Khee. Setelah melewati Teddy Febiyanto, pemain gesit tersebut lalu melakukan lay-up dari sisi kanan pertahanan Garuda Flexi Bandung dan merubah skor menjadi 76-75.

Perolehan poin tim Malaysia kembali ditambah lewat satu tembakan bebas center mereka, Frederick Canlas, serta empat poin tambahan lainnya dari Tan Kee Hian. Pertandingan pun berakhir untuk keunggulan Malaysia NBL Selection 81-75.
Bagi tim Malaysia, kemenangan yang mereka peroleh terasa cukup spesial karena pada pertandingan kemarin mereka sebenarnya tampil dengan materi tim yang kurang komplit. ”Kapten tim kami tidak bisa turun karena cedera engkel melawan Darwin. Selain itu, pemain nomor 6 dan 7 (Frederick Canlas dan Ooi Ban Sin) juga berusaha untuk tampil meski sedang mengalami cedera,” jelas Tan Kee Hian, pemain yang pada pertandingan kemarin menggantikan kapten mereka Tan Kian Hoong.

”Oleh karena itu kami senang sekali bisa meraih kemenangan ini. Semua pemain bermain penuh semangat dan terus berlari sepanjang permainan. Pengalaman para pemain senior kami, Chester Tolomia dan Frederick Canlas, membuat tim tampil lebih tenang meski sering tertinggal selama pertandingan,” tambah Tan Kee Hian.

(Thanks to dbl Indonesia)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s