Malaysia Bawa Pemain Afrika di Surabaya International Challenge 2009, Surabaya 4-6 Desember (Garuda dan CLS Knights Wakil Indonesia)

SURABAYA – Aroma pemain multinasional akan semakin kental di RP7 Surabaya International Challenge (SIC) 2009 di DBL Arena Surabaya pada 4–6 Desember nanti. NBL Selection dari Malaysia akan membawa empat pemain impor sekaligus. Jumlah tersebut lebih banyak dari rencana sebelumnya, yakni dua pemain asing.

”Sampai hari ini (kemarin, Red), tim kami terus melakukan seleksi. Besok (hari ini, Red) bisa kami umumkan susunan resminya,” kata Tan Kee Hian, commissioner NBL, liga basket tertinggi di Malaysia, kepada Jawa Pos melalui sambungan internasional kemarin (29/11).

Seperti rencana semula, pemain asal Filipina akan mereka datangkan. Jumlahnya ada dua orang. Sedangkan dua lainnya tidak berasal dari Australia seperti direncanakan. ”Sisanya, kami akan membawa pemain asal Afrika. Saat ini, kami sedang menyeleksi tiga pemain dari sana, dua dari Nigeria dan seorang dari Kamerun,” papar Kee Hian.

Kee Hian belum bersedia mengungkapkan nama-nama pemain asing itu kemarin. Namun, dia dengan yakin menyatakan bahwa mereka akan mampu diandalkan untuk mempertahankan gelar juara SIC yang direbut Malaysia tahun lalu. Saat itu, NBL menurunkan Segamat Johor.

”Pemain Afrika kami memiliki tinggi 200 cm dan 190 cm. Mereka memiliki power yang sangat baik, bisa kami andalkan untuk permainan dalam,” papar Kee Hian.

Seperti kebanyakan pemain Asia, pemain Filipina selama ini dikenal dengan kegesitannya. Pemain dari negara yang menjadi kiblat basket di Asia Tenggara itu kualitasnya semakin terjamin karena pernah tampil di kompetisi basket terbaik di sana, PBA.

Menarik untuk disaksikan perpaduan permainan flamboyan pemain asal Filipina dan gaya bertenaga pemain Afrika di NBL Selection itu. Kee Hian yakin, timnya mampu mengatasi Darwin Airport Resort All-Star asal Australia serta dua tim Indonesia, CLS Knights dan Garuda Flexi Bandung, di RP7 SIC.

Dalam kejuaraan yang dihelat selama tiga hari tersebut, empat tim akan bersaing dalam babak round robin. Dua tim dengan poin terbanyak berhak melaju ke partai puncak.

Soal lawan-lawan yang akan dihadapi tahun ini, Kee Hian telah mendapatkan informasi bahwa mereka lebih kuat dibandingkan tahun lalu. Benar saja, Garuda yang menggantikan posisi Bhinneka adalah salah satu tim terbaik di tanah air. Tim yang diperkuat Mario Wuysang dan Denny Sumargo tersebut merupakan salah satu kandidat juara Turnamen IBL yang saat ini sedang berlangsung. Sedangkan Darwin Airport Resort All-Star diperkuat banyak pemain dengan tinggi di atas dua meter.

RP7 SIC tidak hanya menyajikan pertandingan basket internasional. Di hari terakhir even tersebut (Minggu, 6 Desember), para pemain akan unjuk kebolehan dalam RP7 Slam Dunk Contest, Flexi Three Point Contest, dan Beat Speed Challenge.

(Dari teman-teman di Jawa Pos – Foto: Michael LeBlanc, pemain Segamat Johor Malaysia tahun lalu ketika tim itu mengikuti Surabaya International Challenge 2008. LeBlanc adalah pemain asal Amerika Serikat yang memegang andil besar atas kemenangan Malaysia di SIC. Pada 2009, Malaysia ingin mempertahankan gelar juaranya di turnamen tersebut.)

5 pemikiran pada “Malaysia Bawa Pemain Afrika di Surabaya International Challenge 2009, Surabaya 4-6 Desember (Garuda dan CLS Knights Wakil Indonesia)

  1. CLS dan Garuda pake pemain asing juga ga ato pemain lokal?
    Wah, lumayan menghibur tuh…kl di Jakarta bisa ntn Asean Basketball League, yg di Surabaya ntn Surabaya International Challenge..jadi pecinta basket bisa terhibur dgn pertandingan basket yang seru & basket Indonesia bisa lebih maju. Yea….
    Btw Michael Le Blanc yang difoto ini kyknya thn ini memperkuat Singapore Slingers deh. Kemarin pas SM- Slingers, sempat liat dia main.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s