4 Tim Besar yang Akan Melaju di Turnamen IBL 2009 (Prediksi Gw)

Atas beberapa alasan di bawah ini, gw menjagokan empat tim yang akan melangkah ke semi final Turnamen Indonesian Basketball League 2009.

Garuda Flexi Bandung

Sang juara bertahan Turnamen IBL yang mengalahkan Satria Muda BritAma di final Turnamen IBL 2008. Selain sebagai juara bertahan, Garuda adalah tim yang tengah sakit hati atas kegagalan mereka pada kompetisi 2009 lalu (Turnamen ini akan menjadi ajang balas dendam mereka). Hengkangnya Kelly Purwanto tidak terlalu berpengaruh pada tim ini karena Andre Tiara dikabarkan telah kembali ke performa terbaiknya.

Aspac Jakarta

Tim yang puas sebagai runner-up pada kompetisi lalu ini berhasil memupuk dengan baik para pemain mudanya. Xaverius dan Pringgo menjelma menjadi dua orang pemain yang sangat ditakuti di liga. Jangan lupa pertahanan mereka sangat kokoh selama Isman Thoyib masih menjadi “satpam” di bawah ring. Walau sempat kalah dari Pelita Jaya Esia Jakarta pada ajang Mennegpora Cup di Palembang beberapa hari lalu, bukan berarti mereka sudah habis.

Pelita Jaya Esia Jakarta

“Kembalinya si anak hilang” Kelly Purwanto entah bagaimana menambah kepercayaan diri tim yang sangat berbenah menghadapi musim kompetisi 2010 nanti. Si “bayi ajaib” Andi batam pun semakin ajaib performanya. Suntikan pemain baru, Koming yang baru dibeli dari Bima Sakti Nikko Steel Malang juga menyuntikkan energi ekstra bagi tim kebanggaan keluarga Bakrie ini. Sejujurnya, Pelita Jaya Esia Jakarta saat ini lebih menakutkan daripada Satria Muda BritAma Jakarta.

Nuvo CLS Knights Surabaya

Selama beberapa tahun ke belakang, belum ada tim lain di IBL yang mampu menggusur predikat “kuda hitam” dari Nuvo CLS Knights Surabaya. Tahun lalu, Pelita Jaya Esia Jakarta merasakan ketenangan membunuh CLS Knights di babak play-off. Saat itu, CLS Knights melaju ke babak empat besar bersama Garuda, Satria Muda, dan Aspac. Tim asal Kota Pahlawan ini juga baru menuntaskan latih tanding mereka ke China. Walau selalu kalah pada setiap pertandingan persahabatan di China, CLS Knights mengaku membawa “kejutan” berupa pelajaran berharga yang siap digunakan untuk membungkam tim-tim IBL yang lain.

———

Tak ada Satria Muda BritAma Jakarta?

Mereka lebih memfokuskan diri pada liga ABL (ASEAN Basketball League). Gw rasa pemain yang turun di Turnamen IBL lebih banyak pemain lapis kedua. Teknik bermain lapis kedua boleh dibilang sejajar di antara pemain SM yang lain, namun mental dan pengalaman bertanding sangat-sangat diragukan.

Iklan

5 pemikiran pada “4 Tim Besar yang Akan Melaju di Turnamen IBL 2009 (Prediksi Gw)

  1. CLS sedang berada di jalur yg tepat. Kalo CLS bisa mempertahankan, mereka bakal menguasai kompetisi bola basket Indonesia.

    Menurutku, tanpa Kelly, Garuda masih bisa bersaing, mungkin malah lebih baik.

    Pelita Jaya, pembelian Koming sangat bagus, di Indonesia big man masih sangat langka. Tapi kemampuan Pelita Jaya bermain sebagai kesatuan tim belum teruji. Semoga saja amunisi baru mereka cepat saling beradaptasi, supaya lekas bisa meramaikan kompetisi.

    Dan mimpi kompetisi bola basket Indonesia yg seru bakal terwujud.

  2. masa cuma basket atas aja yg baik,,,,ayo buat suasana basket di kota masing…..DBL dah cukup membantu…tapi mari kita tingkatin lagi….biar basket indonesia semakin baik….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s