Siap-siap, Surabaya International Challenge 2009!

Logo SIC 2009 DBL

Even basket profesional internasional, Surabaya International Challenge (SIC), kembali menyapa Kota Pahlawan. Diikuti empat tim dari tiga negara, even itu akan diselenggarakan di DetEksi Basketball League (DBL) Arena Surabaya pada 4–6 Desember mendatang.

SIC 2009 akan digelar oleh DBL Indonesia bekerja sama dengan RP7 sebagai title partner. Sama halnya dengan tahun lalu, RP7 SIC 2009 akan diikuti dua tim asal Indonesia. Mereka adalah dua tim papan atas di tanah air, Nuvo CLS Knights Surabaya dan Garuda Flexi Bandung. Pada IBL 2009, CLS dan Garuda sukses menembus final four.

SIC 2009 DBL

Dua tim lain berasal dari Malaysia dan Australia. Dari Australia, tim yang akan diturunkan adalah Darwin Airport Resort All-Star. Mereka akan diperkuat dua pemain asal Amerika Serikat yang memiliki tinggi di atas dua meter. ”Kami memiliki dua pemain bertinggi 208 cm dan tiga pemain 201 cm. Kami juga memiliki guard yang gesit, Jarrod, dari tim Darwin Basketball Association U-18 yang pernah bertanding di Surabaya dalam DBL Australia Games Oktober lalu,” papar Don Sheppard, head coach Darwin Airport Resort All-Star.

Don pada Oktober lalu datang ke Surabaya, memimpin tim U-18 Darwin dalam pertandingan melawan DBL Indonesia All-Star. Kunjungan itu membuatnya begitu bersemangat mengikuti SIC. Sebab, saat itu pertandingan timnya di DBL Arena disaksikan ribuan penonton. ”Pemain-pemain kami sangat excited bermain di even yang prestisius ini. Tim kami akan menunjukkan kemampuan terbaik untuk membuat penonton di Surabaya senang dan terhibur,” ujarnya.

Wakil dari Malaysia belum dipastikan. Sebagai gambaran, tahun lalu mereka berhasil menjadi juara melalui Segamat Waki Johor. Salah satu pemain kunci Segamat adalah pemain impor mereka asal Amerika, Michael LeBlanc. Pemain yang suka nge-dunk itu juga berhasil merebut gelar Most Valuable Player.

Tidak mau kalah dengan wakil Australia dan Malaysia, Garuda juga berencana mengimpor pemain asal Amerika. Simon Pasaribu, manajer Garuda, menyatakan baru bisa mengumumkan nama pemain itu pekan depan. ”Dia adalah pemain yang berposisi forward,” kata Simon.

Sementara itu, CLS bersikukuh menggunakan pemain lokal. Mereka tidak takut melawan pemain jangkung di SIC karena sepanjang pekan ini sudah melakoni uji di Tiongkok. Lawan-lawan CLS di sana juga diperkuat pemain dengan tinggi di atas dua meter.
”Lawan yang akan kami hadapi di SIC mungkin lebih berat dibandingkan tahun lalu. Namun, bagi kami, ini adalah ajang belajar bagi para pemain CLS Knights yang masih sangat muda. Meski mungkin kami akan kesulitan dalam menghadapi lawan-lawan, kami yakin para pemain muda kami dapat lebih cepat berkembang setelah mendapatkan pengalaman berharga di SIC,” jelas Christopher Tanuwidjaja, general manager CLS.

Selain adu hebat empat tim tadi, SIC akan dimeriahkan oleh kontes skill individual, three point, dan dunk. Acara ini menjadi bonus yang menarik bagi para penonton. Khususnya dunk, aksi itu sangat jarang bisa disaksikan secara langsung publik basket dalam even basket apa pun di Surabaya dan sekitarnya.

Tahun lalu, penyelenggaraan SIC disambut antusiasme yang tinggi dari penggemar basket di Surabaya. Selama tiga hari, ribuan penonton memenuhi DBL Arena. ”Surabaya International Challenge tahun lalu memberikan keyakinan kepada DBL Indonesia bahwa turnamen basket ini diminati oleh masyarakat dan menghibur. Apalagi, saat ini olahraga basket semakin menyatu dengan masyarakat Surabaya. Kami sangat berterima kasih kepada tim-tim yang bersedia berpartisipasi. Kami berharap, even ini bisa memberi warna baru pada perbasketan di Surabaya dan Indonesia,” ujar Masany Audri, general manager DBL Indonesia. (Panitia SIC)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s