Bangga! DBL Indonesia All-Star Kalahkan Australia Barat

Bayangkan kembali momen di saat kalian begitu bahagia setelah berhasil meraih sesuatu. Entah itu kegembiraan karena naik kelas, mendapat nilai yang bagus, mendapat pujian dari cowok kecengan, ditelepon oleh cewek yang ditaksir, keberhasilan memanjat puncak pohon pinang di acara 17 Agustusan, atau yang lebih besar lagi kadar bahagianya misalnya memenangkan sebuah lomba yang prestisius, atau berhasil memecahkan sebuah misteri yang bikin otak mumet setelah sekian waktu. Nah, kalau kalian sudah bisa membayangkan perasaan bahagia tersebut, kalikan seribu!!

Barangkali itulah yang dirasakan oleh Indonesia DBL All Star saat mengalahkan tim Australia di Perth dua hari yang lalu! Gw pun merinding! Yay!!

DBL Indonesia All-Star PERTH

Menang Tegang di Perth, Tim DBL Indonesia All-Star Kalahkan Tim Australia Barat

PERTH – Kemenangan bersejarah diraih tim putra DetEksi Basketball League (DBL) Indonesia All-Star 2009 dalam laga internasional melawan tim muda Western Australia tadi malam (24/10). Bertempat di Perry Lakes Stadium, Randika Aprilian dkk meraihnya lewat perjuangan keras dan ketangguhan mental, 68-66.

Sejak tip off, pertandingan berlangsung sangat ketat. Mengandalkan speed dan umpan-umpan pendek, tim DBL Indonesia All-Star dan tim muda Western Australia bergantian memimpin. Okky Arista, center asal SMA Theresiana 1 Semarang, mencetak poin pertama dalam pertandingan kemarin. Di akhir kuarter pertama, tim DBL Indonesia All-Star unggul sangat tipis, setengah bola, 17-16.

Masuk kuarter kedua, student athlete pilihan peserta Honda DBL 2009 di 15 provinsi tersebut makin panas. Akurasi tembakan tiga angka makin menajam. Alvin, guard asal SMA Trinitas Bandung dan Arif Hidayat, guard asal SMAN 2 Jember, membawa tim menjauh 36-31 saat jeda turun minum.

Tim muda Western Australia tidak mau kalah. Di kuarter ketiga, meski sempat tertinggal sepuluh poin, 37-47, Nate Illodis dkk terus tampil menekan. Pada akhir kuarter tersebut, tim DBL Indonesia All-Star masih berhasil mempertahankan keunggulan. Skor 58-55.
Di kuarter keempat, tim DBL Indonesia All-Star melanjutkan pertandingan dengan sedikit ”pincang”. Herdanu Yudistira, center asal SMKN 1 Balikpapan, terkena foul trouble (empat kali foul, satu lagi keluar dari pertandingan) di akhir kuarter ketiga. Lantas berlanjut dengan foul trouble Arif Hidayat di awal kuarter keempat.

DBL Indonesia All-Star PERTH

Akan tetapi, pertandingan terus berjalan seimbang. Meski pilar utama tim DBL Indonesia All-Star Arif Hidayat sempat cedera ketika pertandingan menyisakan 1 menit dan 20 detik, tim Indonesia terus mampu mempertahankan keunggulan. Ketika waktu tinggal empat detik, Indonesia sudah unggul 68-66. Namun, bola di tangan tim Western Australia. Berkat ketenangan, kedudukan itu tetap bertahan sampai akhir.

Bintang tim DBL Indonesia All-Star pada pertandingan kemarin adalah Arif Hidayat dan Alvin. Kemarin, masing-masing mengoleksi 15 poin.

”Yes! Yes! Kita menang! Tadi teman-teman sukses bermain pakai hati. Instruksi pelatih untuk play hard and play with your heart dijalankan teman-teman dengan baik. We love Indonesia!” seru Alvin.

Arif Hidayat menambahkan, kesabaran tim DBL Indonesia All-Star benar-benar teruji kemarin. ”Mas (Wahyu) Budi (pelatih, Red) terus mengingatkan. Jangan menembak kalau shot clock belum sisa sepuluh detik. Tujuannya, kalau shoot gagal, lawan hanya punya sedikit waktu menyerang. Yes, menang!” ucapnya.

Sementara di laga putri, tim DBL Indonesia All-Star harus mengakui keunggulan tim muda Western Australia. Bermain di hadapan para pelajar Indonesia yang datang mengisi tribun Perry Lakes Stadium, Amelia Herawati dkk kalah 32-72.

”Pertandingan yang cukup sulit. Kami harus bekerja keras. (DBL) Indonesia banyak melakukan dribble dan shooting, permainan yang menarik. Sayang, pressure yang diberikan lawan belum stabil. Di akhir, kami bisa lepas dan sedikit demi sedikit menjauh,” ujar Craig Mansfield, head coach putri tim muda Western Australia.

Tim muda Western Australia lantas memberi beberapa masukan pada tim putri DBL Indonesia All-Star. ”Kami menang di dekat ring. Tapi, tinggi badan kami yang unggul seharusnya bisa diimbangi dengan meningkatkan jump power. Saya ingin bertemu lagi dengan mereka yang sudah lebih kuat tahun depan,” papar Amy Kidner, guard sekaligus kapten putri tim muda Western Australia.
Sesuai standar laga internasional, kemarin pertandingan dibuka dengan dikumandangkannya lagu kebangsaaan kedua negara, Indonesia Raya dan Advance Australia Fair. Presiden Basketball Western Australia Elizabeth Woods datang langsung menyaksikan laga yang sudah kali kedua digelar itu (tahun 2008 pertama kali digelar).

DBL Indonesia All-Star PERTH

”Program ini memberi banyak pengalaman baru, tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga kami. Pola permainan di sini dan di Indonesia sangat berbeda. Semoga masing-masing tim bisa melihat apa yang lebih dan apa yang kurang,” ujar Elizabeth.

Azrul Ananda, commissioner DBL, mengaku sangat bangga dengan kemenangan ini. “Kemenangan di Australia ini menunjukkan betapa pentingnya program yang konsisten dan konsekuen. Tapi ini hanyalah awal. Langkah Indonesia masih jauh. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terus memberikan dukungan, sehingga DBL bisa berkembang dan sekarang bisa mengirimkan tim yang mampu menang di Australia,” ucapnya.

Kepada tim putri, Azrul memberikan ucapan penyemangat. “Tugas mereka bukanlah menang di Perth. Tugas mereka adalah memberi inspirasi kepada yang lain untuk mengikuti langkah yang telah dijalani. Masa depan masih panjang,” tandasnya.

—–

(Thank you Diatmana Parayuda)

7 pemikiran pada “Bangga! DBL Indonesia All-Star Kalahkan Australia Barat

  1. waaaa!!! edann!!!
    ayo taun 2011 kalahin Filipina! Juara ASEAN! trus abis itu Juara Asia!! YEEAHH!! kita bisa!

    eh daftar pemain all-star bisa diliat dimana? sekalian info2nya gtu (tinggi,ppg,spg,dll.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s