Inilah Dua Bukti Bahwa IBL Bukan Sekadar Basket

Pertama,

Pada awal musim kompetisi IBL tahun 2009 lalu, Satria Muda BritAma Jakarta tampil dengan sebuah jersey baru. Sebenarnya, warna jersey SM masih sama dengan yang selalu mereka kenakan pada musim-musim sebelumnya. Hanya ada satu hal yang berbeda. Pada bagian belakang jersey, tepat di atas nomor punggung setiap pemain terdapat sebuah tulisan “Peace for Gaza”

Saat itu tentara-tentara Israel tengah membombardir Jalur Gaza, Palestina. Ribuan nyawa melayang. Palestina tak punya kemampuan yang imbang untuk melawan balik. Dunia tak banyak berbuat.

Kalimat singkat “Peace for Gaza” barangkali hanya sekadar pesan damai biasa untuk banyak orang. Tetapi buat gw, ini adalah sebuah pernyataan politik. Kalimat “Peace for Gaza” mewakili posisi politik yang jelas menentang aksi tentara-tentara Israel saat itu. Lha? Bukankah semua orang menginginkan perdamaian. Pada kasus itu, tidak juga. Banyak negara mendukung apa yang dilakukan oleh Israel.

Jadi, kalimat “Peace for Gaza” seolah menegaskan secara politik bahwa “gw ada di sini!” dan “kamu ada di sana.”

Kedua,

Beberapa hari lalu, gempa dahsyat mengguncang Sumatera, dan Kota Padang mengalami kerusakan yang sangat parah. Tak perlu ditanyakan lagi tingkat solidaritas masyarakat Indonesia yang sangat tinggi. Semua orang berlomba-lomba mengulurkan tangan, berbondong-bondong membantu.

Nuvo CLS Knights Surabaya melakukan hal keren. Mereka mengadakan pertandingan eksebisi yang sangat unik. Mereka bertanding melawan salah satu tim lokal Surabaya (Pasific Caesar). Skor yang berhasil dibukukan oleh CLS Knights dikalikan Rp.100.000,-. CLS Knights akhirnya menang 93-75.

Tidak berhenti di situ, CLS Knights mengeluarkan sebuah program yang sangat kreatif untuk membantu korban gempa di Padang. CLS Knights menyatakan bahwa bagi siapa saja yang menjadi fan CLS Knights di fanpage mereka di facebook sebelum tanggal 11 Oktober 2009 pukul 23:59 dianggap menyumbang Rp.1.000,-. Artinya, total fans pada tanggal 11 Oktober 2009 pukul 23:59 akan dikalikan Rp.1.000,- dan hasilnya disumbangkan.

Pada situs yang lain, twitter, CLS Knights mengundang para penggiat twitter untuk mengikuti (follow) mereka. Setiap follower sebelum tanggal 11 Oktober 2009 pukul 23:59 pun dianggap menyumbang Rp.1.000,-. Sama seperti di atas, artinya, total followers pada tanggal 11 Oktober 2009 pukul 23:59 akan dikalikan Rp.1.000,- dan hasilnya disumbangkan kepada korban gempa di Padang.

Apakah hal yang dilakukan oleh CLS Knights berkaitan dengan main basket? Sedikit. Lebih banyaknya tentang kehidupan sosial. Gw rasa teman-teman sepakat.

—–

Jadilah fan CLS Knights sebelum 11 Oktober 2009 pukul 23:59 dan menyumbang Rp.1.000,- lewat sini.

Follow @clsknights di twitter sebelum 11 Oktober 2009 pukul 23:59 dan menyumbang Rp.1.000,- lewat sini.

7ed07bbfbf5d6844dca4e14c0a3a6565b25457f0_m

Iklan

2 pemikiran pada “Inilah Dua Bukti Bahwa IBL Bukan Sekadar Basket

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s