Substitusi Ceramah Taraweh dengan Main Basket :D (Buka Puasa Bareng Masa Depan Basketball)

Image024

Ada ketentuan berbusana untuk acara berbuka ini, “baju koko-hip hop”. Demikian tertulis pada poster acara buka akbar bersama Masa Depan Basketball hari Sabtu, 12 September kemarin. Kecuali gw yang sering tidak mematuhi ketentuan berbusana, anak-anak Masa Depan Basketball Bandung (yang punya hajat), Masa Depan Basketball Jakarta, Ballstar Indonesia, 8 PM, Double G, dan Future Basketball, semuanya berbusana atasan baju koko. Tetapi jangan harapkan bawahan atau celana padanan yang rapih, bawahan tetap berbau basket, dan tentunya sneakers atau sepatu basket. Sejenak gw berpikir, “it’s a cool style.

Gw skeptis, ngapain sih buka puasa dibarengi dengan main basket? Bukankah sebaiknya mendengarkan ceramah agama? Lebih bermanfaat?

Ketika gw sampai di Lapangan Basket Saparua sekitar pukul 5 sore, gw disambut ramah oleh anak-anak Masa Depan. “Halo bang, makasih bisa datang.” Gw lalu diberikan sebuah kartu pengenal dan pin lalu dipersilahkan menempati tempat yang telah mereka sediakan.

Anak-anak Masa Depan Basketball Bandung mengatur semua acara buka puasa ini. Mulai dari sebelum hari-H hingga kegiatan siap-siap di lokasi yang membuat mereka terlihat sangat sibuk. Para tetamu dan undangan yang sebagian besar adalah anak-anak basket juga mulai berdatangan dan disambut dengan sangat ramah oleh anak-anak Masa Depan. Mereka bahkan menyediakan satu kain putih sepanjang sekitar tiga meter untuk ditulisi apapun; tanda tangan, ucapan selamat, pesan moral, dll.

Saat adzan Maghrib berkumandang, semua yang datang disuguhi sup buah dan kolak pisang. Shalat Maghrib didirikan di Masjid Kologdam di Jalan Aceh yang berjarak sekitar 100 meter dari Lapangan Saparua. Usai Shalat Maghrib, nasi kotak menunggu :D

3

Acara dilanjutkan dengan three point contest dan pertandingan persahabatan antara Masa Depan Basketball Bandung melawan Masa Depan Basketball Jakarta. Postur Jakarta lebih besar, namun semangat gw rasa tak ada yang berbeda. Disaksikan lebih dari 100 penonton, pertandingan yang bersamaan dengan waktu Shalat Taraweh ini berjalan seru. Jakarta menang (skornya gw lupa..hehe).

Gw kembali membayangkan skeptisisme gw di awal tadi, bukankah ceramah taraweh lebih baik daripada main basket? Hmm, mungkin ada benarnya. Tetapi kemudian gw membayangkan lagi, jika dalam sebuah ceramah taraweh dalam waktu bersamaan gw mendapatkan sebuah petuah mengenai pentingnya rasa kekeluargaan, gotong-royong, mempererat silaturahmi, toleransi, pentingnya menjaga kesehatan jasmani dan rohani, memperkuat rasa persahabatan, atau mungkin patuh kepada orang tua, atau bahkan memberi makan orang yang berpuasa, maka apa yang dilakukan oleh yang hadir saat itu sudah bukan lagi berada dalam tataran mendengarkan ceramah atau petuah. Mereka sedang mengaplikasikannya :D Alhamdulillah, wallahu’alam (hanya Allah yang mampu memberi penialaian terbaik).

Usai pertandingan persahabatan antara Masa Depan Basketball Bandung melawan Jakarta, masih ada pertandingan antara Future Basketball melawan Masa Depan All-Star. Saat itu gw agak dongkol a.k.a. sebal, fasilitas publik tempat menyatukan anak muda kreatif seperti lapangan dan GOR Saparua tidak punya toilet yang layak. Ada sih sebenarnya, dulu mungkin layak, tapi saat itu tidak terlintas untuk pipis di situ. Gw kebelet, pamit, dan pulang.

“Dalam satu kata, bagaimana acara ini menurut lu bro?” tanya Richard Insane.

Great.” :D

11 pemikiran pada “Substitusi Ceramah Taraweh dengan Main Basket :D (Buka Puasa Bareng Masa Depan Basketball)

  1. Cool…. kegiatan ini mencakup berbagai macam aspek, baik dari segi silaturahmi, kebersamaan, puasa, sportivitas and tentu aja hoops game. Ini bisa dijadikan suatu cara untuk terus “menggilakan” olahraga basket/streetball di tanah air.
    Untuk kedepannya ane harap, acara semacam ini udah bisa di adakan di beberapa kota, itung – itung acara “Masa Depan Basketball Ramadhan Tour”… selain bagus buat mempererat tali persaudaraan antara sesama ballers/pecinta basket, juga bisa memperluas jaringan serta makin memasyarakatkan basket.
    Well I hope someday M.D.B bakal mampir dan ada Lombok. Maju terus basket Indonesia.
    PEACE.

  2. Halo Farooq, wah dari Lombok bro? Ada satu tim kebanggaan gw di Lombok, nama klubnya Hoi-Hoi dan bermarkas di Lawata. Gw dulu main untuk Hoi-Hoi. Lawan bebuyutan kita adalah Hero dan Rajawali :D Salam untuk Lombok (Mataram)!

  3. wahh gila acara di bandung kemaren,gw kira acaranya bakal biasa aja,pas baru sampe saparua my man insane langsung manggil L.O buat anak masadepan jakarta,(gila pake ada L.O nya segala kayak artis hehehe)..masuk di lapangan gw liat banyak banner masadepan n sponsor lainnya,ditambah lagu masadepan anthem song di puter keras2,gw jadi tambah excited n semangat.

    one word….GOOKILLLLLL

    insane n masadepan bandung OK bgt persiapannya..thx a lot guys

    OBVIOUS#24

  4. satu kata buat acara ini…GOKIL.
    gw pikir ni acara bakal biasa aja,ternyata baru sampe saparua langsung ketemu insane yang lagi bayar TIKI hehehe..trus langsung panggil L.O (gila kayak artis aja sane) masuk lapangan gw liat banyak banner sponsor n masadepan basketball di tambah anthem song MASADEPAN..gilaaaa gw tambah excited…

    yang dateng banyk gila…susah bgt hari gini bikin event outdoor n bisa bikin orang stay 5jam lebih…

    thx insane n masadepan bandung..kalian gokil

    respect

    OBVIOUS #24

  5. Halo bro…salam knal semuanya..gw anak kalimantan selatan mau ikut gabung n ngasih comment nih…boleh kan…
    gw salut ama future basketball..masa depan basketball…(beda ya???)..gw harap,dtempat gw bisa ada komunitas/sekolah kaya gini n terus melebarkan sayapnya ke seluruh nusantara…
    omong omong…kalo bisa anak2 masa depan n future jalan2 donk ke kalimantan, kalsel banjarbaru khususnya..biar bisa memotivasi anak2 kalsel dengan adanya kreatifitas kalian…okheee…

Tinggalkan Balasan

